3 Fokus Competitive Advantage sebagai Kunci Kerberlanjutan Bisnis

December 30, 2020 Lintang Febri

Ketika membicarakan bisnis, competitive advantage atau keunggulan kompetitif merupakan salah satu kunci yang berperan penting dalam keberlanjutan bisnis. Perusahaan yang memiliki competitive advantage berarti perusahaan tersebut mampu untuk memberikan pelayanan yang lebih baik atau setara kepada pelanggannya, atau layanan yang ditawarkan memiliki harga yang lebih rendah daripada pesaing. Maka, menjadikan perusahaan tersebut lebih unggul di antara pilihan lain pelanggannya.

Competitive Advantage
Ilustrasi unggul di antara kompetitor

Perusahaan besar seperti Apple, Facebook, dan Google telah memiliki keunggulan untuk pelanggannya. Meski demikian, beberapa perusahaan masih belum bisa menciptakan keunggulan yang beda untuk ditawarkan. Banyak di antaranya yang membidik pelanggan yang sama dengan produk maupun jasa yang sama pula dengan pesaing. Yang menjadi pembeda hanyalah perspektif jika mereka dapat melakukannya dengan cara yang lebih baik.

Untuk menciptakan competitive advantage pada level yang lebih tinggi, Anda perlu memperhatikan tiga hal:

Target pasar, where to play and not play

Menganalisa pasar sangat vital untuk menentukan keunggulan kompetitif. Dalam berbisnis, bukan berarti membuat produk untuk menyenangkan semua orang. Meski sebenarnya, sangat masuk akal, bukan? Namun, penting bagi pelaku bisnis untuk memahami pelanggan ideal dan mengerucut. 

Pandangan banyak produk membawa banyak pelanggan yang berarti banyak pemasukan perlu diluruskan. Terutama untuk perusahaan start-up, semakin mengerucut fokus Anda, semakin besar keunggulan yang diciptakan. Sementara, jika dilakukan sebaliknya, akan melemahkkan sumber daya yang menghasilkan ketidakefisienan. Ujungnya, akan berimbas pada penghasilan dan posisi keunggulan.

Tim Anda perlu menentukan target pasar untuk mendefinisikan where to play dan sebagian besar untuk where not to play. Seperti di mana Anda sebaiknya tidak masuk dalam hal pasar, produk, dan demografi?  Pelatihan melalui workshop akan membantu tim untuk menentukan hal tersebut. Setidaknya, where not to play menjawab pertanyaan, apakah Anda hanya berpartisipasi atau berkompetisi untuk memperoleh keunggulan?

Model kompetensi

Kompetensi adalah keahlian, perangkat keterampilan, atau aktifitas yang terfokus yang menjadi kekuatan Anda. Model kompetensi digunakan untuk mendapatkan insights keterampilan di perusahaan baik secara individu maupun kolektif (tim) yang sejalan dengan tujuan perusahaan. 

Memang, perusahaan Anda memiliki suatu sistem aktifitas atau model. Namun, dapatkah Anda mendefinisikan secara jelas model tersebut? Anda juga perlu melakukan penilaian secara berkala terhadap model kompetensi perusahaan. Meskipun setiap kompetensi memiliki kesamaan dengan pesaing, tetapi model kompetensi secara keseluruhan harus berbeda karena tujuannya pun berbeda.

Model kompetensi yang baik juga dapat menjawab pertanyaan mengenai keahlian yang dibutuhkan untuk memenangkan pasar, potensi keahlian yang dapat dikembangkan, dan cara menerapkan keahlian. Selain itu, Anda perlu mengetahui celah perbedaan keahlian antara sekarang dan selanjutnya, serta perlukah Anda untuk berinvestasi pada perkembangan tersebut.

Bench strength, kultur perusahaan

Setiap CEO memiliki tujuan untuk menciptakan iklim perusahaan yang sehat, tim yang kolaboratif, dan mentalitas kerja yang tinggi. Karena,untuk menjadi perusahaan yang terbaik diperlukan bench strength yang jelas pula. Anda mungkin memerlukan alat untuk menganalisis bench strength atau performa karyawan dari posisi atas hingga bawah.

Assessment lain untuk meningkatkan kultur kerja perusahaan juga diperlukan. Salah satunya dengan cara membandingkan feedback atau deskripsi kultur perusahaan dari karyawan dengan kultur perusahaan yang diharapkan oleh CEO. Maka, kultur perusahaan yang lebih baik dapat lebih mudah dicapai melalui perbaikan dari celah-celah tersebut.

Untuk itu, Anda perlu berinvestasi pada alat bisnis yang tepat bagi perusahaan Anda. RUN System adalah software ERP terintegrasi yang dapat membantu Anda menyederhanakan manajemen operasi pada setiap proses bisnis yang Anda lakukan. Berbagai modul dalam RUN System bertindak sebagai instrumen untuk mengendalikan pelaksanaan kegiatan strategis pada bisnis Anda.

Cari tahu lebih lanjut mengenai RUN System dan bergabunglah bersama kami!