5 Tips Sukses Menjalankan Bisnis

December 18, 2020 RUN System

Bisnis yang berjalan dengan baik memang dicapai dengan cara yang tidak mudah. Ada banyak individu dengan pemikiran yang berbeda, berbagai masalah unik, dan solusi yang unik pula. Setiap orang dan setiap bisnis harus terbuka terhadap perubahan. Bahkan, beberapa harus melakukan hal yang berbeda agar tetap dapat bertahan.

Strategi yang Anda lakukan saat ini mungkin dapat berubah. Akan tetapi, ada beberapa hal yang menjadi fundamental para pebisnis sukses: kegigihan, komitmen, dan kemampuan dasar dalam berbisnis. Tips berikut ini juga akan membantu Anda untuk memastikan bisnis Anda berhasil.

1. Memiliki rencana tertulis

Tanpa rencana tertulis, memiliki bisnis yang berhasil tentu hanya sebuah mimpi. Dalam rancangan bisnis, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya merancang objek yang spesifik, strategi, keuangan, rencana penjualan dan promosi, dan jumlah modal yang dikeluarkan. Selain itu, memiliki rencana harian tertulis akan memudahkan dalam mengorganisir setiap detil kegiatan.

2. Berani beradaptasi

Terkadang, terjadi situasi yang tidak dapat diprediksi maupun tidak sesuai rencana yang mengharuskan Anda untuk beradaptasi. Contoh yang paling tepat adalah situasi saat ini, di tengah pandemi Covid-19. Banyak usaha yang tumbang karena mereka tidak menyiapkan diri untuk beradaptasi. Beberapa perusahaan beradaptasi dengan mengalihkan penjualan online sebagai salah satu bentuk adaptasi. Karena, beradaptasi tidak hanya diperuntukkan untuk sesuatu yang bisa diprediksi, misalnya ramalan bisnis. Beradaptasi artinya siap dengan situasi bagaimanapun. Seorang jenderal pun harus membuang rencananya jika peluru sudah ditembakkan. Adjust, confront, and conquer.

3. Kesampingkan ego dan dengarkan masukan

Saran dan masukan sangat penting bagi kelangsungan bisnis karena akan membantu Anda untuk menyalurkan ide, memeriksa apa yang Anda lakukan, dan mendorong Anda untuk mencapai prestasi yang lebih. Jangan masukkan ke hati saat orang lain memberi masukan, ini bukan tentang Anda, tetapi tentang bisnis yang dijalankan.

4. Percaya pada karyawan

Anda pasti ingin memiliki karyawan yang memiliki performa yang baik dan loyal kepada perusahaan, bukan? Kuncinya, percayakan pada karyawan Anda dan hentikan sifat selalu mengatur. Ini akan menciptakan suasana kerja yang nyaman bagi karyawan. Melimpahkan tugas pada karyawan dan selalu periksa perkembangan mereka. Agendakan latihan tertulis dan rencana orientasi yang sesuai dengan keadaan sebenarnya.  Terlebih, jika Anda memberikan penghargaan kepada karyawan berupa insentif. 

5. Lakukan perbaikan

Berpikir kreatif untuk selalu menciptakan keunggulan pada bisnis Anda akan membantu Anda lebih unggul dari kompetitor. Misalnya melalui perbaikan pelayanan, tidak selalu dengan memberikan diskon. Beberapa perusahaan berkompetisi memberikan diskon besar untuk memenangkan pelanggan. Fokuskan untuk berinvestasi skala jangka panjang dengan meningkatkan nilai kepada pelanggan.

Untuk berhasil dalam persaingan bisnis yang lebih kompetitif saat ini, yang tidak kalah penting adalah memiliki alat manajemen bisnis yang tepat. Setiap perusahaan dijalankan dengan cara yang berbeda, tetapi mereka memiliki satu kesamaan tantangan, yaitu memiliki alat yang dapat diandalkan dan efisien untuk menyimpan dan mengakses informasi. Inilah saat yang tepat bagi Anda untuk menggunakan RUN System sebagai alat bisnis Anda. 

RUN System adalah software ERP terintegrasi yang akan membantu Anda untuk menyederhanakan manajemen operasi pada setiap proses bisnis. RUN System merupakan instrumen pengendalian yang tepat atas pelaksanaan kegiatan strategis dalam setiap proses bisnis Anda. Dengan keunggulan yang dimiliki, RUN System akan membantu Anda mengakses informasi bisnis agar karyawan menjadi lebih produktif serta memiliki visibilitas yang baik akan kerja mereka.

Cari tahu lebih lanjut mengenai produk RUN System di website kami dan jadilah partner kami untuk kemudahan bisnis Anda!