Corporate Social Responsibility atau CSR adalah berbagai macam upaya yang dilakukan perusahaan untuk memberikan manfaat jangka panjang kepada masyarakat. Dampak panjang dari CSR perusahaan juga akan dirasakan oleh pemangku kepentingan perusahaan nantinya. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa kegiatan ini akan bermanfaat besar bagi keberlangsungan bisnis.
CSR hadir dalam berbagai macam bentuk. Mulai dari pemberian penyuluhan, pemberian bantuan sarana dan prasarana masyarakat, hingga berupa jasa konsultasi untuk masyarakat. Namun yang pasti, semua kegiatan ini harus mengedepankan akuntabilitas dan transparansi agar tidak ada pihak yang dirugikan. Kelompok masyarakat yang menjadi sasaran pun beragam sesuai dengan target yang diharapkan. Biasanya masyarakat pada ring 1 atau paling dekat dengan perusahaan dengan radius tertentu yang akan diutamakan.
Sesuai dengan artinya, perusahaan juga memiliki tanggung jawab yang besar terhadap lingkungan sosial. Tak terkecuali lingkungan hidup disekitarnya. Banyak sekali jenis dan pendekatan kegiatan CSR perusahaan yang bisa dipilih. Mulai dari konsep kegiatan hingga tema yang diangkat. Namun sebelumnya Anda harus mengetahui manfaatnya agar pelaksanaan lebih maksimal. Berikut ini adalah beberapa manfaat besar dari melaksanakan CSR perusahaan bagi bisnis.
1. Sebagai Bentuk Brand Awareness
Brand awareness dapat dilakukan dengan banyak strategi pemasaran. Namun Anda juga harus menyadari bahwa kegiatan CSR juga salah satu hal yang dapat meningkatkannya. Melalui kegiatan ini, keberadaan perusahaan akan semakin dikenal. Bahkan kepada pelanggan yang mungkin tidak masuk dalam target pasar. Karena secara tidak langsung, peserta kegiatan CSR akan ikut melakukan war of mouth atau pemasaran dari mulut ke mulut.
2. Langkah Utama Membangun Citra Perusahaan
Membangun citra perusahaan tidak hanya fokus pada kualitas produk dan pelayanan saja. Bagaimana perusahaan menjalankan tanggung jawab sosialnya kepada masyarakat juga akan sangat dibutuhkan. Dengan adanya kegiatan CSR, bisnis dapat mengenalkan citranya kepada khalayak umum. Berawal dari citra yang baik ini, perusahaan akan mendapatkan kepercayaan pelanggan seiring berjalannya waktu. Investasi kepercayaan pelanggan ini akan sangat dibutuhkan bisnis dalam jangka panjang.
3. Menjadi Pemeran Penting dalam Peningkatan Kesejahteraan
Kegiatan CSR memang sangat beragam. Namun hampir semua kegiatan ini berhubungan langsung dengan masyarakat. Baik itu untuk memberikan edukasi maupun bantuan dalam berbagai bidang. Termasuk kegiatan yang berkaitan dengan membantu melestarikan lingkungan hidup dan sosial. Semua bentuk kegiatan tersebut berperan penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Dalam jangka panjang, perusahaan dapat menjalin hubungan baik dengan pemerintah sebagai pembuat kebijakan. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa hubungan yang baik dengan pemerintah akan mendatangkan dampak positif bagi keberlangsungan bisnis.
4. Menjadi Nilai Tambah Dibanding Kompetitor
Melalui kegiatan CSR perusahaan dapat memberikan nilai lebih dibanding kompetitor. Sudah banyak produk atau layanan yang memiliki lebih banyak pelanggan karena kegiatan CSR yang lebih gencar dilakukan. Beberapa jenis pelanggan rela mendapatkan produk dengan harga yang lebih tinggi dibanding kompetitor. Namun perusahaan memastikan produk tersebut ramah lingkungan, misalnya. Atau keuntungan dari setiap produk akan membantu memberi makan 1 anak di panti asuhan.
5. Membuka Lebih Banyak Pintu Kerja Sama
Dalam menjalankan kegiatan CSR perusahaan pasti membutuhkan kerja sama dengan banyak pihak. Seperti yang sudah sempat dijelaskan di atas, misalnya pemerintah atau perusahaan lain dengan nilai atau visi yang sama. Hal ini akan membantu perusahaan membuka lebih banyak kesempatan bekerja sama dengan berbagai macam latar belakang. Kolaborasi ini bahkan tidak hanya terjadi dalam kegiatan CSR saja. Namun bisa juga merambah pada inovasi produk dan/atau layanan.
Banyak perusahaan yang menganggap CSR sebagai salah satu cara untuk menjalankan strategi marketing bisnis yang fokus pada profit. Meskipun hal itu tidak salah, namun hal ini juga harus dilihat sebagai kegiatan yang bertujuan sosial. Dalam Elkington (1998:79)*, CSR harus dilihat sebagai satu kesatuan yang menjadi kepedulian perusahaan tiga prinsip dasar, yaitu profit, people, dan planet.
Profit berarti perusahaan yang menjalankan CSR dengan orientasi keuntungan ekonomi. Lalu people berarti perusahaan tetap memiliki prinsip peduli terhadap kesejahteraan manusia. Kemudian terakhir adalah planet, yaitu kepedulian perusahaan dengan lingkungan hidup dan kelangsungan keragaman hayati.
Itu tadi adalah manfaat detail dari CSR perusahaan yang harus Anda ketahui. Jika Anda berpikir bahwa pelaksanaan kegiatan ini mengeluarkan banyak biaya, maka Anda harus melihatnya dari sudut pandang yang berbeda. Selain itu, kegiatan CSR juga tidak melulu harus membutuhkan biaya yang besar. Dengan pemanfaatan sumber daya lain selain keuangan, perusahaan juga mampu menghadirkan kegiatan CSR yang berkualitas dan berdampak panjang.
Untuk mempermudah Anda merencanakan dan menerapkan CSR perusahaan, jangan ragu untuk menggunakan teknologi milik Run System. Melalui Human Capital Management System pada Run System, Anda dapat melakukan kontrol terhadap sumber daya manusia yang mengelola berbagai macam program di perusahaan. Termasuk kinerja yang dituangkan dalam kegiatan CSR perusahaan. Ketahui lebih lanjut tentang Run System dan fitur lengkap lainnya di sini.
*Elkington, John. 1998. Canibals With Forks: The Triple Bottom Line in 21st Century Business. Gabriola Island, BC: New Society Publishers.