Serba-Serbi Penting Tentang Laporan Keuangan Konsolidasi

Mungkin banyak dari Anda merasa sedikit asing dengan istilah laporan keuangan konsolidasi. Padahal laporan keuangan tersebut memiliki peran yang cukup penting dalam perusahaan. Laporan ini berguna dalam evaluasi kerja hingga keuangan.

Laporan keuangan konsolidasi umumnya dibuat jika suatu perusahaan mengajukan dana kepada investor sebagai bukti kredibilitas dari perusahaan. Tidak hanya itu, ada lebih banyak lagi informasi mengenai laporan ini yang wajib Anda ketahui. Berikut ini adalah informasi selengkapnya:

Apa Itu Konsolidasi?

Konsolidasi merupakan penyatuan dari beberapa item yang memiliki jumlah besar menjadi satu nomor yang lebih kecil. Bisa diartikan juga bahwa konsolidasi ini adalah penggabungan dari item apapun menjadi satu untuk tujuan tertentu.

Penggabungan ini dilakukan berdasarkan keinginan untuk memperoleh sebuah efisiensi operasional baik secara horizontal maupun secara vertikal. Penggabungan horizontal yang dimaksud merupakan penggabungan perusahaan-perusahaan dalam satu pasar yang sama.

Sedangkan penggabungan vertikal merupakan penggabungan dua bisnis atau lebih yang memiliki pengoperasian berbeda secara berturut-turut mulai dari jenis bisnis, tahap produksi, distribusi dan lain sebagainya.

Selain itu, ada juga penggabungan konglomerasi, yang dimana penggabungan ini merupakan penggabungan antar perusahaan dengan produk atau jasa yang bahkan tidak saling memiliki hubungan.

Alasan Dilakukan Konsolidasi

laporan keuangan

Sumber: Pixabay

1. Mengurangi Risiko

Membeli atau menggabungkan sebuah bisnis dapat meminimalisir resiko dibandingkan dengan membuat serta memasarkan produk baru. Begitu juga dengan laporan keuangan. Dengan adanya konsolidasi, hal ini juga dapat meminimalisir adanya akun-akun keuangan ganda pada induk dan anak perusahaan.

2. Menghemat Biaya

Dalam kombinasi bisnis, biaya pengeluaran dapat lebih dikurangi sehingga dapat menghemat biaya perusahaan. Tentu saja hal ini juga sama dengan konsolidasi keuangan yang tujuannya adalah untuk menghemat pembuatan laporan keuangan .

3. Mengurangi Penundaan Pengoperasian Perusahaan

Ini merupakan salah satu alasan yang cukup relevan untuk konsolidasi bisnis. Hal ini dikarenakan menggabungkan atau membeli bisnis yang sudah memiliki fasilitas dan memenuhi segala peraturan pemerintah jauh lebih cepat beroperasi, dibandingkan dengan mendirikan dan mengembangkan perusahaan baru.

4. Dapat Memperoleh Aset Tidak Berwujud

Alasan dari melakukan konsolidasi bisnis adalah untuk memperoleh aset tidak berwujud yang telah dimiliki oleh perusahaan lain yang digabungkan. Hal ini sama saja dengan laporan keuangan konsolidasi yang dimana semua aset dari setiap perusahaan dapat digabung menjadi satu laporan.

5. Menghindari Pengambilalihan dari Perusahaan Lain

Dengan adanya konsolidasi bisnis perusahaan Anda dapat terhindar dari pengambilan alih perusahaan lain. Hal ini dikarenakan dalam segi keuangan dan aset yang Anda punya bisa menjadi lebih stabil dan tidak harus terpaksa diambil alih oleh perusahaan lain.

6. Alasan-Alasan Lain

Dalam konsolidasi bisnis, terdapat kebanggan lain yang bisa didapat oleh sebuah perusahaan ketika mereka berhasil bergabung dengan perusahaan besar lainnya.

Baca Juga: Contoh Rencana Anggaran Biaya Usaha dan 6 Tips Membuatnya

Apa itu Laporan Keuangan Konsolidasi?

laporan keuangan konsolidasi

Sumber: Pixabay

Dari pengertian konsolidasi di atas, dapat disimpulkan bahwa laporan keuangan konsolidasi merupakan laporan yang menyusun semua informasi mengenai keuangan pada induk dan anak perusahaan.

Di dalam financial report ini terdapat laporan mengenai penghasilan, beban, aset, liabilitas, arus kas entitas induk dan anak yang disajikan sebagai bentuk entitas ekonomi tunggal. Laporan keuangan konsolidasi ini wajib dibuat oleh induk perusahaan sebagai pengendali tertinggi dalam suatu perusahaan.

Fungsi dari Laporan Keuangan Konsolidasi

Secara umum financial report memiliki fungsi untuk mengevaluasi kinerja dari perusahaan serta dapat digunakan sebagai bahan acuan untuk investor menilai kredibilitas suatu perusahaan.

Akan tetapi, pada laporan keuangan konsolidasi memiliki fungsi lain yang membedakannya dari laporan biasa atau mandiri. Berikut ini adalah fungsi atau manfaat lain dari laporan ini dibandingkan dengan laporan keuangan mandiri:

1. Lebih Efisien

Karena financial report ini menggabungkan laporan keuangan antara induk dan anak perusahaan, bisa dikatakan bahwa laporan keuangan konsolidasi memiliki tingkat efisien yang lebih tinggi dibandingkan dengan laporan keuangan mandiri.

Hal ini tentu saja karena laporan keuangan tersebut disajikan dalam satu bentuk dan tidak harus membacanya satu persatu antara induk dan anak perusahaan.

2. Dapat Digunakan untuk Membuat Keputusan Jangka Panjang

Sesuai dengan fungsi financial  secara umum yang menjelaskan  fungsi untuk mengevaluasi kinerja dari perusahaan, laporan keuangan jenis konsolidasi juga memiliki fungsi tersebut.

Akan tetapi, dalam laporan keuangan ini juga berfungsi untuk meninjau kinerja dan perkembangan dari anak perusahaan yang dapat mempengaruhi perkembangan dari induk perusahaan dalam jangka waktu yang cukup panjang ke depannya.

3. Memberikan Informasi Secara Total

Dalam laporan keuangan konsolidasi terdapat gambaran finan secara total yang berasal dari gabungan seluruh sumber daya perusahaan di bawah kendali induk perusahaan kepada para kreditor, pemegang saham serta penyedia dana lainnya.

4. Memberikan Informasi Update

Laporan konsolidasi ini juga dapat memberikan informasi secara update bagi manajemen induk perusahaan mengenai laporan keuangan dari anak perusahaan lainnya.

Cara Membuat Laporan Keuangan Konsolidasi

cara membuat laporan keuangan

sumber: pixabay

Sama seperti membuat laporan keuangan mandiri, unsur-unsur untuk membuat laporan konsolidasi juga sama. Berikut ini adalah unsur-unsur yang digunakan untuk membuat laporan keuangan jenis ini:

  • Laporan laba rugi konsolidasi.
  • Laporan neraca konsolidasi.
  • Laporan laba ditahan konsolidasi.
  • Laporan arus kas konsolidasi.

Keempat laporan tersebut dibuat dengan cara yang sama seperti laporan mandiri, hanya saja pada belakang namanya ditambahkan dengan kata konsolidasi.

Agar pembuatan laporan keuangan konsolidasi terasa mudah, Anda juga dapat membuat laporan keuangan perusahaan secara otomatis dan cepat melalui Fitur Financial  and Cost Control Management dari RUN System. Membuat laporan keuangan perusahaan melalui modul akuntansi RUN System akan membantu perusahaan  untuk mempersingkat waktu pengerjaan laporan keuangan, menghindari human error untuk input data dan tersimpan di cloud sehingga terjamin keamanannya.

Temukan lebih banyak fitur menarik dari RUN System dan dapatkan seluruh manfaatnya sekarang juga.

Bagaimana kami dapat membantu Anda?

Beri tahu kami apa yang Anda butuhkan, kami siap memberikan solusi yang tepat untuk bisnis Anda