
Procurement management, menjadi salah satu fitur andalan beberapa layanan Enterprise Resource Planning atau ERP yang muncul di Indonesia. Fitur ini dimasukkan karena tingginya aktivitas rantai pasok yang dilakukan perusahaan dalam rangka aktivitas, serta perkembangan usahanya.
Tapi sebenarnya apa itu procurement management? Mengapa kemudian fitur ini banyak disediakan oleh layanan ERP, dan menjadi ‘primadona’ yang diincar oleh banyak perusahaan?
Artikel singkat ini, kemudian akan membahas mengenai definisi procurement management secara umum, fitur-fitur yang ditawarkan di dalamnya, serta kelebihan penggunaan fitur ini. Maka tanpa banyak kata pengantar lagi, mari masuk ke pembahasan pertama.
Mengenal Apa Itu Procurement Management

Sumber : freepik.com
Fitur procurement management merupakan fitur yang dapat membantu urusan penyediaan barang, mulai dari perencanaan, hingga sampai tahap akhir pembayaran dan kontrol kualitas atau kuantitas barang. Semua ini terintegrasi dalam satu modul yang praktis, dan kolaboratif, sehingga divisi atau bagian terkait yang masuk dalam proses ini bisa bekerja sama secara berkesinambungan dan meningkatkan efisiensi kerja.
Seperti yang pasti Anda pahami, urusan pengadaan barang tidak pernah menjadi urusan yang sederhana. Melibatkan banyak bagian dan staf kompeten, urusan ini memakan banyak waktu dan tenaga.
Namun dengan kehadiran modul ini dalam ERP yang digunakan perusahaan Anda, maka Anda bisa mengucapkan selamat tinggal pada proses yang lama, berbelit-belit, dan tidak efektif. Semata, semuanya disediakan untuk meningkatkan produktivitas perusahaan Anda.
Baca Juga: Apa Itu Supply Chain? Bagaimana Implementasinya dalam Bisnis?
Fitur yang Disediakan dalam Modul Ini

Sumber: freepik.com
Pada layanan-layanan ERP terbaik yang ada di Indonesia, akan menawarkan beberapa fitur unggulan untuk membantu kegiatan pengadaaan barang. Karena modul ini disebut dengan procurement management, maka secara garis besar fungsinya adalah untuk mengelola pengadaan barang, dari awal hingga akhir pencatatan dan pembayaran.
Beberapa fitur yang wajib dipastikan ada, antara lain adalah sebagai berikut.
- Mempertahankan penawaran vendor dan kontrak
- Terintegrasi dengan divisi, bagian, atau departemen terkait, seperti cash flow budget management
- Membantu proses pemesanan dan pembelian
- Pesanan/kontrak pembelian maklon
- Manajemen persetujuan permintaan material
- Memudahkan dan mengontrol proses faktur
- Mencegah adanya barang yang terduplikasi
- Mampu membantu pembelian luar negeri dengan Kode HS terbaru
Fitur-fitur ini, adalah fitur lengkap yang bisa menandakan bahwa layanan ERP yang Anda gunakan benar-benar berkualitas. Mengapa? Karena fitur ini dapat memudahkan proses pengadaan barang, hingga ke tahap pembayaran dan pencatatan transaksi.
Dengan lengkapnya fitur dalam modul tersebut, serta kemampuan integrasi dengan bagian lain, proses kerja yang dilakukan akan jauh lebih mudah dan akurat. Anda tak lagi perlu membuang banyak waktu dan tenaga untuk urusan ini, karena semua bisa diselesaikan pada satu modul yang bisa diakses bersama untuk pihak yang berkepentingan.
Ini 4 Kelebihan dari Modul Procurement Management

Sumber: freepik.com
Dengan penggunaan modul ini dalam perusahaan Anda, maka setidaknya ada 4 kelebihan utama yang bisa dirasakan perusahaan.
1. Mengontrol Kinerja Vendor
Fungsi monitoring yang dijalankan bisa membantu perusahaan mengontrol kinerja vendor atau supplier yang digunakan. Dalam artian, terkait dengan kualitas barang pesanan, pengiriman, dan ketepatan pada aturan yang sudah disepakati.
2. Menjaga Tingkat Persediaan
Modul ini juga membantu perusahaan untuk mengontrol tingkat persediaan barang yang diperlukan. Ketika barang sudah menipis jumlahnya, data akan terlihat pada modul tersebut dan memberikan tanda untuk melakukan pengadaan kembali.
3. Memastikan Kontrol Cash Flow Budget
Jelas, dengan data dan transaksi yang dikelola dengan baik makan cash flow budget akan terkontrol dengan baik juga. Kesehatan keuangan perusahaan akan meningkat, dan pengembangan perusahaan bisa dilakukan lebih fokus.
4. Meminimalisir Peluang Penipuan
Karena semua sudah terdigitalisasi, maka urusan pengadaan barang atau procurement bisa dilakukan dengan lebih aman. Manipulasi data yang terjadi bisa benar-benar ditekan hingga titik minimal, dan bisa benar-benar dihilangkan. Tentu saja, ini akan berdampak baik untuk kesehatan perusahaan dan kredibilitasnya.
Berbekal empat kelebihan ini, produktivitas perusahaan bisa ditingkatkan secara signifikan. Tentunya, dengan modul-modul lain yang ada pada layanan ERP pilihan terbaik, setiap sektor di perusahaan bisa meningkat performanya secara bertahap.
Baca Juga: Procurement Adalah Kunci dari Tata Kelola Bisnis, Ketahui Prosesnya!
RUN System, Menghadirkan Procurement Management
RUN System sebagai salah satu layanan ERP terbaik di Indonesia juga memiliki fitur Procurement Management untuk membantu perusahaan Anda berkembang. Mengurus pengadaan barang, mulai dari bahan baku produksi hingga keperluan kantor, semua bisa diurus dengan mudah dengan modul ini.
Pada kenyataannya, setiap fitur dan kelebihan yang tercantum di atas tadi adalah apa yang ditawarkan oleh modul milik RUN System ini. Dengan fitur lengkap dan kelebihan yang benar-benar bermanfaat, RUN System ingin menghadirkan solusi pengelolaan pengadaan barang yang praktis, akurat, namun tetap adaptif dan kolaboratif.
Dengan integrasi berbagai departemen, divisi, atau bagian di dalam perusahaan Anda, modul Procurement Management bisa membantu arus informasi menjadi lebih lancar. Tidak ada lagi kesempatan terjadinya kesalahan dalam setiap proses, sehingga transaksi yang dilakukan perusahaan bisa semakin lancar, mudah, dan akurat. Gunakan RUN System sekarang juga, dan maksimalkan semua modulnya!