3 Manfaat Remarketing yang Wajib Diketahui Perusahaan

Salah satu strategi pemasaran online yang patut dicoba dan diterapkan dalam bisnis adalah remarketing. Jika mengacu pada pengertian dari Google Ads Help, remarketing adalah strategi untuk tetap menjalin hubungan dengan pengguna yang pernah mengakses media sosial, aplikasi, maupun e-commerce sebelumnya. 

Ketika melihat pada penjelasan di atas maka perusahaan, yang biasanya diwakili oleh marketer, akan membuat iklan khusus agar pengguna beralih status menjadi konsumen. Cara seperti ini sebenarnya lumrah digunakan namun sering kali marketer tidak menyadari akan hal tersebut. 

Untuk mengetahui lebih lengkap, artikel di bawah ini akan membantu Anda memahami pengertian, manfaat, dan tips melakukan remarketing

Pengertian Remarketing

Secara umum, remarketing adalah strategi untuk menarik minat pengguna yang sebelumnya telah berinteraksi via aplikasi, media sosial atau sejenisnya. Sebagai contoh, seorang pengguna media sosial pernah melakukan klik pada suatu produk hanya untuk mengetahui. Kemudian, produk tersebut atau sejenisnya akan muncul di media sosialnya dalam bentuk iklan. 

Strategi ini dilakukan untuk mendorong minat pengguna menjadi tertarik. Selain itu, mampu menghadirkan brand awareness bagi para pengguna baru. Strategi remarketing bisa menggunakan alat seperti Google AdWords untuk website, Facebook Ads untuk Facebook dan Instagram Ads untuk Instagram.

Secara khusus, Cyber Click membagi proses remarketing menjadi tiga tahap yaitu:

  1. Pengguna mengunjungi website atau menggunakan aplikasi.
  2. Pengguna akan diberikan tagged cookie sehingga masuk ke dalam list remarketing.
  3. Pebisnis melakukan strategi iklan kepada mereka yang telah termasuk ke dalam list

Manfaat Remarketing

remarketing

Sumber: freepik.com

Setelah memahami remarketing, ada beberapa manfaatnya yang perlu Anda ketahui yang di antaranya:

  • Meningkatkan Jangkauan Konsumen

Ada pendapat yang mengatakan bahwa pertama kali pengguna mengakses website atau mengunduh aplikasi maka mereka hanya ingin memuaskan rasa penasaran. Maka inilah pentingnya remarketing. Anda bisa mempengaruhi mereka dengan cara memberikan tagged cookie. Hal ini dimaksudkan agar mereka masuk ke dalam list atau target pasar. Dengan cara ini, Anda bisa menjangkau konsumen lebih banyak dan memperoleh kesempatan untuk berinteraksi dengan calon konsumen.

  • Menjaga Hubungan Baik dengan Konsumen

Merawat hubungan baik dengan konsumen adalah rutinitas yang perlu dilakukan dalam dunia bisnis. Relasi yang harmonis mampu menciptakan customer experience yang baik pula. Ketika konsumen sedang membuka website atau aplikasi tertentu, Anda bisa menyisipkan pesan kepada mereka. Saat mereka menangkap pesan tersebut, cobalah untuk memberikan iklan agar mereka tertarik. Kehadiran iklan akan membantu konsumen untuk selalu mengingat brand atau produk Anda. 

  • Meningkatkan Relevansi Iklan

Anda tidak bisa memprediksi apakah konsumen akan bertransaksi bisnis setelah melihat produk Anda. Namun, Anda bisa mengetahui jejak digital konsumen dengan cara melihat seberapa sering konsumen melakukan penelusuran website atau media sosial melalui Ads. Maka dari itu, Anda bisa terus berusaha dengan memasukkan iklan secara berkala sehingga suatu saat ketertarikan menjadi sebuah transaksi bisnis. 

Tips Memaksimalkan Remarketing

remarketing

Sumber: freepik.com

Setelah mengetahui manfaat remarketing, Anda harus memahami tips untuk memaksimalkannya secara tepat dan akurat yaitu:

  • Membatasi Frekuensi Iklan

Iklan adalah sarana yang cukup ampuh untuk mengenalkan brand kepada konsumen. Namun, patut diingat bahwa kemunculan iklan di website, media sosial, atau aplikasi harus diatur penggunaannya. Kemunculannya secara berlebihan justru membuat konsumen ragu untuk melanjutkan transaksi. Bahkan, tidak jarang konsumen yang menganggapnya sebagai spam yang mengganggu. 

  • Melakukan Analisis

Analisis adalah hal penting dan harus dilaksanakan oleh setiap pebisnis. Untuk melakukan analisis, pebisnis dapat terbantu dengan berbagai macam alat yang tersedia seperti Google Analytic atau Ahrefs untuk mengetahui performa website. Ketika mampu mendeteksi dan membuat analisis dengan baik maka pebisnis dapat menerapkan strategi yang tepat untuk melakukan promosi penjualan. Selain itu juga mampu untuk meningkatkan brand awareness. 

Persamaan dan Perbedaan antara Remarketing dan Retargeting

Ketika melakukan remarketing, acap kali pebisnis agak bingung memposisikan diri. Apakah dirinya benar dalam melakukan strategi tersebut atau justru sedang melakukan retargeting? Inilah persamaan dan perbedaan yang perlu diketahui.

Persamaan Remarketing dan Retargeting

  • Target pasar adalah mereka yang telah mengenal dan familiar dengan brand Anda.
  • Mampu memahami mana target pasar yang akan melakukan transaksi.
  • Mampu membangun brand awareness

Perbedaan Remarketing dan Retargeting 

Jika retargeting menggunakan iklan untuk menarik kembali pengguna Anda, remarketing hanya fokus kepada calon konsumen dengan iklan yang sesuai. 

Itulah berbagai hal tentang pengertian, manfaat, dan tips memaksimalkan remarketing yang sebaiknya perusahaan jalankan. Agar bisnis dapat berkembang, gunakan ERP software untuk pengelolaan keuangan yang lebih baik. 

Run System sebagai Penyedia Layanan ERP Software

Sebagai penyedia layanan ERP software di Indonesia, RUN System memberikan kemudahan bisnis bagi Anda. RUN System mampu memastikan bahwa proses produksi akan berlangsung lancar dan aman. Sehingga, mampu meningkatkan produktivitas dan biaya produksi dapat terkendali dengan baik. Daftar dan kelola sistem bisnis Anda dari sini.

Bagaimana kami dapat membantu Anda?

Beri tahu kami apa yang Anda butuhkan, kami siap memberikan solusi yang tepat untuk bisnis Anda