Pernahkah Anda mendengar konsep sales management dalam sebuah bisnis? Idealnya istilah ini menjadi salah satu istilah yang sering didengar oleh pebisnis, sebab perannya besar untuk sebuah perusahaan.
Dalam rantai pemasaran, bagian ini akan menjalankan peran besar dalam rangka menghemat biaya operasional secara umum. Di waktu yang sama, perannya juga akan setara pada sektor peningkatan pendapatan, karena praktis menjadi perangkat yang dimiliki perusahaan untuk memperoleh pendapatan dari penjualan.
Baca Juga: 3 Fungsi Utama Point of Sales untuk Bisnis Anda
Namun Apa Arti dari Sales Management Sebenarnya?
Sales management dapat dipahami sebagai sebuah proses perencanaan, penyusunan strategi dan target, hingga pada penerapan, pengawasan, dan evaluasi penjualan guna mencapai target yang telah ditentukan sebelumnya.
Pada definisi lain, konsep ini juga dapat dipahami sebagai suatu upaya membuat sebuah tim penjualan, mengkoordinasikan operasi penjualan, dan mengimplementasikan teknik penjualan agar perusahaan dapat mencapai target dan melampaui target penjualan yang ditentukan.
Pada dasarnya, hal ini akan berfokus pada perumusan strategi penjualan yang dapat dilakukan oleh perusahaan agar dapat memenuhi target yang telah ditetapkan, menggunakan berbagai tools dan sarana pendukung yang tersedia.
Tiga Aspek Besar dalam Sales Management
Terdapat tiga aspek besar yang paling penting di dalam sales management ini. Pertama disebut dengan operasional penjualan, kemudian strategi, dan analisis penjualan. Ketiganya dapat Anda pahami dalam poin singkat di bawah ini.
1. Sales Operation
Aspek pertama adalah adalah sales operation atau operasional penjualan. Bagian ini akan mengelola tim penjualan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Titik berat peran akan dijalankan oleh bagian manajer, guna mengetahui kapasitas stafnya, dan mengoptimalkannya di setiap sisi penjualan.
Selain memberikan tugas untuk setiap staf penjualan, manajer juga akan bertanggungjawab untuk membangun tim yang solid. Pelatihan dan pengembangan skill wajib dilakukan, agar performa yang diberikan terus meningkat dari waktu ke waktu.
2. Sales Strategy
Aspek kedua adalah sales strategy, yang seperti namanya, bertugas untuk menyusun dan mengoptimalkan strategi penjualan yang telah dibuat. Strategi penjualan ini nantinya ditampilkan dalam bentuk sales funnel, sehingga setiap anggota tim dan pihak yang berkepentingan dapat memiliki gambaran yang jelas.
Sales funnel akan berisi tentang proses penjualan secara keseluruhan, mulai dari pengumpulan leads hingga pada perubahannya menjadi konversi penjualan. Sales funnel dibuat sebagai acuan untuk tim penjualan guna memantau dan mengendalikan performa penjualan yang dimiliki setiap orang.
3. Sales Analysis
Aspek ketiga adalah sales analysis. Bagian ini bekerja untuk mengetahui keberhasilan strategi penjualan yang telah diterapkan, dengan cara menganalisis pencapaian apa saja yang telah diraih. Analisis yang mendalam diperlukan sehingga dapat terlihat efisiensi kinerja yang diberikan.
Manajer penjualan wajib memiliki ukuran yang jelas atau KPI sebagai acuan utama analisis dari tim penjualan. Ketika terdapat matriks yang jelas, maka analisis juga dapat dilakukan dengan baik dan memberikan output rekomendasi yang tepat untuk strategi penjualan di masa yang akan datang.
Optimalkan dengan Sarana Pendukung yang Baik
Ketiga aspek penting di atas jelas harus memberikan performa yang impresif dari waktu ke waktu agar perusahaan dapat memperoleh catatan penjualan yang baik dan sesuai target. Dalam menjalankan tugasnya, sales management kemudian membutuhkan sarana pendukung sehingga effort yang diberikan dapat menjadi maksimal.
Pertama, Customer Relationship Management
Sarana pendukung yang pertama awam disebut dengan CRM atau customer relationship management. CRM ini akan digunakan dalam rangka membantu koordinasi yang diperlukan antara tim sales dan bagian manajer, sehingga setiap informasi yang dimiliki dapat segera disampaikan, didiskusikan, dan dimanfaatkan untuk kemajuan penjualan bisnis.
Nantinya fitur yang tersedia di CRM akan disesuaikan dengan kebutuhan dari tim dan manajer terkait. Umumnya informasi yang ada di dalam sarana ini berupa progres kinerja, daftar sales, penjadwalan, target, laporan dalam bentuk grafik, dan lain sebagainya.
Anda dapat memberikan CRM ini dalam bentuk perangkat lunak khusus atau menggunakan modul yang telah terintegrasi dalam sistem ERP terpadu, untuk memudahkan koordinasi dengan bagian lain di dalam perusahaan.
Kedua, Email Marketing
Sarana pendukung kedua adalah email marketing. Sarana ini memang terbilang cukup kuno, namun berhasil membuktikan dirinya sebagai salah satu perangkat modern yang efektif dan masih relevan di tengah serbuan berbagai metode pemasaran lainnya.
Email marketing digunakan dalam mengirimkan penawaran dengan calon pelanggan secara online. Memberikan kesan lebih personal namun profesional, email marketing masih terus dioptimalkan oleh banyak jenis perusahaan saat ini.
Untuk tim sales sendiri, metode ini juga terus digunakan sebab dapat menyampaikan pesan langsung pada calon pelanggan yang memiliki profil sesuai dengan kriteria.
Baca Juga: Mengenal Sales Funnel, Tahapan, dan 4 Strategi Membangunnya
Dalam mengoptimalkan kerja sales management, maka kemampuan koordinasi yang baik menjadi hal mutlak. Kerjasama antara tim dan manajer yang bertanggungjawab menjadi penting untuk dipastikan kelancarannya sehingga tidak ada hambatan komunikasi dari awal perencanaan hingga nanti di tahap evaluasi.
Semua hal ini, dapat dibantu dengan menggunakan modul handal yang disediakan oleh RUN System, yakni Sales & Distribution Management.
Sales & Distribution Management dari RUN System
Modul ini dapat membantu perusahaan Anda dalam menangani semua proses pemasaran dan area aplikasi, segmentasi pasar, hingga pada konversi ke pendapatan penjualan. Anda dapat mengoptimalkan fitur Sales Management untuk mendukung urusan tersebut, sehingga output yang didapatkan benar-benar sesuai dengan target atau bahkan melebihinya. Hubungi layanan pelanggan kami sekarang untuk mendapatkan informasi lengkap terkait produk RUN System ini, dan maksimalkan setiap modul yang ada di dalamnya!