Memilih software penjualan yang tepat akan memberikan bisnis Anda banyak keuntungan. Sama halnya dengan memilih layanan tepat untuk pelanggan, software ini akan melengkapi SOP kerja karyawan dan sistem pelayanan saat pelanggan melakukan transaksi.
Lalu apa saja kira-kira tips untuk mendapatkan software penjualan yang tepat dan sesuai dengan model bisnis Anda?
Akan coba kami petakan beberapa pertimbangan dalam memilih perangkat lunak yang dapat mendukung penjualan bisnis Anda secara online dan offline, sehingga dua lini utama ini dapat dioptimalkan untuk melayani pelanggan dengan maksimal.
Baca Juga: Credit Limit dalam Penjualan, Berikut Penjelasan Detailnya
Tips Memilih Software Penjualan yang Tepat
1. Selalu Riset
Riset menjadi hal yang paling mendasar ketika Anda ingin menambahkan fitur atau aplikasi dan software guna mendukung bisnis yang dimiliki. Dengan riset bahkan dalam bentuk paling sederhana, Anda akan memperoleh beberapa opsi yang ada di pasar, dan dapat membuat pertimbangan yang baik.
Jika Anda memiliki kolega atau rekan bisnis Anda juga dapat menanyakan secara langsung mengenai pengalaman yang didapatnya menggunakan software penjualan saat ini. Atau Anda dapat secara langsung menghubungi layanan pelanggan dari vendor perangkat lunak untuk menanyakan detailnya.
Sedikit meluangkan waktu untuk riset akan menghemat banyak waktu di kemudian hari karena Anda akan terhindar dari opsi yang tidak sesuai.
2. Bandingkan Fitur yang Ditawarkan
Satu dan lain produk selalu menawarkan ragam fitur unggulan yang dimiliki. Tentu penilaian yang dibuat harus benar-benar objektif, dan dibandingkan dengan kebutuhan yang dimiliki oleh bisnis Anda saat ini dan di masa yang akan datang.
Dengan fitur yang sesuai dengan kebutuhan, kinerja dan output yang dihasilkan akan benar-benar optimal. Waspada pada penawaran dan promo marketing yang diberikan, dan cermati fitur-fitur yang dimiliki software penjualan tersebut.
Software terbaik bukan software yang memiliki harga paling mahal, namun fitur dan pengembangan yang paling sesuai dengan bisnis yang Anda miliki.
3. Software Penjualan yang Praktis
Tidak terlalu rumit, tidak terlalu megah, namun fungsional dan dapat menjadi jawaban atas kebutuhan Anda. Pastikan software yang Anda pilih nantinya adalah produk yang praktis dan dapat digunakan dengan mudah oleh user-nya.
Modul seperti ini pada dasarnya memiliki tujuan untuk memudahkan pekerjaan atau transaksi yang dilakukan. Jadi tetap pegang nilai utama ini ketika memilih produk yang diperlukan, dan maksimalkan semua fitur yang ditawarkan pada software yang ada.
4. Terkait dengan Anggaran
Selanjutnya hal yang tidak bisa dikesampingkan, adalah terkait dengan harga atau biaya yang harus dikeluarkan untuk menggunakan layanan tersebut. Anda dapat mempertimbangkan berbagai jenis pembayaran yang ada pada produk software penjualan.
Model pembelian program dapat menjadi solusi yang menarik jika Anda ingin kontrol penuh pada sistem yang digunakan. Namun model berlangganan akan lebih masuk akal karena biayanya terbilang jauh lebih terjangkau, dan bantuan akan diberikan ketika diperlukan.
Petakan kebutuhan Anda, temukan produk yang tepat, dan cocokkan dengan rencana anggaran yang Anda alokasikan untuk software seperti ini.
5. Pastikan Layanan Pelanggan yang Solid
Memang diharapkan ketika menggunakan software ini tidak ada gangguan yang muncul. Namun demikian untuk memastikan semua berjalan lancar, pastikan juga terdapat layanan pelanggan yang solid dan berdedikasi pada user dari software yang diberikan ini.
Layanan pelanggan yang baik akan memberikan bantuan kapan saja dibutuhkan, dan penyelesaian masalah pada hal-hal yang mungkin muncul dalam sistem, baik dari sistem itu sendiri atau kesalahan user. Dengan demikian alur penjualan tidak akan terganggu dan dapat tetap melayani setiap transaksi yang ada.
Jangan ragu menanyakan ini saat berkomunikasi dengan vendor yang akan Anda gunakan produknya, karena hal ini sifatnya mendasar.
6. Jaminan Keamanan Data
Secara langsung data penjualan akan tercatat pada perangkat lunak yang Anda gunakan ini. Maka dari itu, pastikan terdapat metode perlindungan data yang jelas dan terjamin, agar data-data penting Anda tidak bocor dan disalahgunakan pihak lain.
Fitur ini sebenarnya menjadi salah satu hal yang mendasar untuk setiap jenis layanan online atau software. Tanpa adanya jaminan dan komitmen dari penyedia layanan atau vendor, maka sebaiknya tidak memilih vendor tersebut.
7. Terintegrasi dengan Sistem dalam Perusahaan
Sebagai tambahan yang sangat menguntungkan, sebisa mungkin gunakan perangkat lunak penjualan yang terintegrasi dengan sistem dalam perusahaan. Integrasi ini dapat memudahkan banyak proses, seperti pengecekan barang, tracking pengiriman, retur, hingga pembayaran dan klaim garansi.
Adakah Rekomendasinya?
Tidak lain dan tidak bukan adalah RUN System, yang siap menyediakan software penjualan solid di dalam modul yang dimilikinya. RUN System sendiri merupakan sebuah produk ERP yang dapat mendukung kerja setiap divisi di dalam perusahaan, termasuk pada urusan penjualan.
Dengan modul Sales & Distribution Management, RUN System dapat menyediakan software penjualan yang solid untuk bisnis Anda. Cakupannya meliputi transaksi di toko dan transaksi online yang tersistem dengan baik, sehingga setiap transaksi yang dibuat oleh user akan dilayani dengan alur yang solid dan akurat.
Baca Juga: Berikut 7 Langkah Menyusun Marketing Budget Plan yang Ideal
Ketika keperluan software penjualan muncul, RUN System dapat membantu Anda menyediakannya. Integrasi dengan banyak modul lain jadi jawaban atas kesederhanaan berbagai proses penjualan dan distribusi, sehingga banyak waktu Anda yang berharga dapat dialokasikan untuk urusan strategis lainnya. Segera gunakan RUN System untuk perusahaan Anda, dan maksimalkan output dari setiap divisi yang Anda miliki!