Telemarketing Masih Efektif Tidak? Cek 5 Strategi Suksesnya

Pada prinsipnya, telemarketing adalah salah satu upaya marketing yang dinilai masih efektif selain menggunakan iklan pada media umum. Meskipun saat ini sudah serba digital, telemarketing dianggap menjadi strategi yang masih ampuh digunakan dalam pemasaran.

Lantas sejauh mana telemarketing bermanfaat untuk perusahaan? Apa saja strategi suksesnya? Mari kita simak ulasan di bawah ini.

Manfaat Telemarketing

telemarketing adalah

sumber: Pixabay

Telemarketing adalah salah satu bagian dari strategi pemasaran produk yang dilakukan perusahaan. Penerapan strategi ini tentu memiliki manfaat yang bisa dirasakan baik oleh perusahaan maupun calon pelanggan potensial.

Manfaat-manfaat tersebut bisa Anda lihat di penjelasan berikut:

1. Membantu pelanggan untuk mengenal produk

Telemarketing dapat dijadikan sebagai strategi untuk meningkatkan brand awareness produk dari sebuah perusahaan. Sebab, seorang telemarketer akan menjelaskan produk berdasarkan detail dan SOP (Standard Operational Procedure) tertentu. Hal ini memungkinkan calon pelanggan untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk yang ditawarkan.

2. Meningkatkan Penjualan

Sebagaimana seorang marketer, telemarketer dengan strategi telemarketing-nya bertujuan membantu perusahaan untuk meningkatkan penjualan produk. Hal ini sejalan dan seirama dengan adanya peningkatan brand awareness sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya.

3. Meningkatkan Hubungan Baik dengan Calon Pelanggan

Dengan melakukan telemarketing, pelanggan dapat merasa ‘diistimewakan’ karena penjelasan yang diberikan secara 1-to-1. Artinya, satu telemarketer melayani satu calon pelanggan dalam satu waktu.

Hal inilah yang memberikan nilai plus strategi pemasaran telemarketing: pelanggan potensial bisa menerima penjelasan lengkap mengenai produk langsung dari si telemarketer, melakukan tanya-jawab produk dengan orang yang sama, dan melakukan ‘deal’ pembelian produk barang/jasa dengan orang yang sama pula.

4. Meningkatkan Peluang untuk Follow up Pelanggan

Meski pemasaran produk sudah dilakukan dengan bersungguh-sungguh, tidak jarang calon pelanggan tidak melakukan pembelian.

Dua penyebab yang paling umum adalah keraguan akan produk yang ditawarkan atau kondisi finansial yang kurang mendukung untuk melakukan pembelian.

Nah, dengan adanya telemarketing, follow up terhadap calon pelanggan tersebut dapat dilakukan dengan lebih mudah. Follow up yang dimaksud adalah usaha untuk meyakinkan kembali calon pelanggan tertentu untuk membeli produk yang ditawarkan.

Strategi Telemarketing

telemarketing

Sumber: Pexels

Umumnya, strategi marketing dengan menggunakan telemarketing adalah halyang lumrah dan sering dimanfaatkan oleh beberapa perusahaan besar untuk menawarkan atau mensosialisasikan produk atau jasanya.  Banyak ahli pemasaran menganggap bahwa penawaran dengan cara telemarketing ini cenderung lebih mudah untuk diterima calon pelanggan karena sifatnya yang memang berbicara secara langsung pada calon pelanggan.

Meskipun begitu, aktivitas telemarketing ini juga bisa berdampak negatif jika target pasar atas suatu produk yang ditawarkan bukan calon pelanggan potensial, atau sumber daya telemarketing tersebut melakukan penawarannya secara memaksa pada calon pelanggan. Agar bisa menghindari hal tersebut, dibawah ini kami akan memberikan 5 strategi sukses dalam menjalankan telemarketing.

  1. Pahami Produk Dengan Sempurna

Sebelum Anda mulai meyakinkan orang lain atas produk yang  akan Anda tawarkan, maka Anda harus meyakinkan pada diri sendiri terlebih dahulu atas produk Anda dengan mengetahui setiap detail manfaat produk tersebut. Dengan begitu, Anda akan mampu meyakinkan calon pelanggan Anda atas produk yang akan Anda tawarkan.

  1. Melakukan Riset Terkait Calon Pelanggan

Banyak orang diluar sana yang merasa terganggu ataupun risih dengan adanya kegiatan telemarketing karena mereka merasa tidak terlalu membutuhkan produk yang ditawarkan atau merasa asing saat telemarketer menghubunginya. Oleh karena itu, disarankan agar Anda melakukan riset terlebih dahulu terkait calon pelanggan yang akan Anda hubungi.

Contohnya, jika Anda menawarkan produk susu suplemen tertentu, maka Anda harus mengetahui berapa usia ideal untuk mereka yang mengonsumsinya, namanya, serta rasa susu kesukaan pelanggan atau apakah mereka memiliki alergi tertentu. Dengan begitu, Anda bisa memberikan penawaran yang sesuai untuk mereka dan calon pelanggan pun akan merasa dekat dengan Anda.

  1. Bersikaplah Secara Ramah dan Wajar

Setiap telemarketing harus paham bahwa ketika mereka menghubungi calon pelanggan, berarti mereka mengajak orang lain untuk berbicara. Jadi, karena Anda lawan bicara tidak bisa melihat ekspresi wajah Anda karena berbicara via telepon, maka disarankan Anda memiliki intonasi suara yang ramah dan bersahabat.

Anda harus menanyakan beberapa hal dengan bahasa yang bersahabat dan tidak harus sama seperti script karena anda hanya harus mengambil poin pentingnya saja.

  1. Berikanlah Pertanyaan Secara Efisien

Anda harus sadar bahwa tidak selamanya calon pelanggan Anda tidak memiliki waktu luang. Jadi, Anda harus memiliki daftar pertanyaan yang efisien agar mendapatkan jawaban yang tepat, gunakanlah pertanyaan standar dengan metode why, what, when, where, who dan how untuk mendapatkan informasi calon pelanggan Anda secara langsung.

  1. Tidak Selamanya Harus Berjualan

Anda memang harus mencapai target penjualan, namun sesekali Anda juga harus menelepon calon pelanggan hanya untuk mengucapkan selamat ulang tahun, selamat hari raya, atau menanyakan kabarnya saka. Dengan begitu, Anda akan menciptakan hubungan yang baik dengan calon pelanggan Anda.

Meraih Penjualan Tepat Telemarketing Bersama RUN System

Telemarketing adalah salah satu saluran pemasaran yang masih menjanjikan. Setiap tahapan Telemarketing membutuhkan data analisis yang tepat tentang calon konsumen tertarget yang akan menjadi sasaran telemarketing. Untuk memperoleh kemudahan analisis tersebut, Anda membutuhkan RUN System.

Dalam modul Sales and Distribution Management RUN System Anda dapat menemukan banyak fungsi yang memastikan peluang penjualan dapat dicapai.

RUN System tidak hanya akan membantu mengidentifikasi, tapi juga melakukan aktivitas penjualan dengan didukung oleh program promosi dan pemasaran yang tepat. Anda juga  tetap dapat melacak dan mengontrol margin kontribusi penjualan Anda sampai pada proses pengumpulan untuk memastikan arus kas.

Segera kunjungi  RUN System sekarang juga, dan ketahui banyak benefits lainnya. 

Bagaimana kami dapat membantu Anda?

Beri tahu kami apa yang Anda butuhkan, kami siap memberikan solusi yang tepat untuk bisnis Anda