Sesi Berbagi: “Felling Your Career” Untuk Menghadapi Lingkungan Yang Dinamis

March 12, 2021 RUN System
Sesi Berbagi: “Felling Your Career” Untuk Menghadapi Lingkungan Yang Dinamis

Sesi Berbagi dengan tema “Feeling Your Career” yang dilaksanakan di RUN System pada Jumat, 5 Maret 2021 berlangsung seru. Sesi berbagi ini merupakan suatu psikoedukasi yang dibawakan oleh Mahasiswa Psikologi UGM dan didukung oleh departemen Community and Academy RUN System. Acara ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran RUNers terkait dengan perilaku Agile. Sebagai pembicara utama, Astiana Arum yang merupakan Mahasiswa Magister Psikologi Profesi UGM menyampaikan bahwa dalam lingkungan kerja yang dinamis, karyawan dituntut untuk bisa agile yang dicerminkan dengan sikap mudah beradaptasi dengan cepat, proaktif mencari peluang, dan resiliens terhadap keadaan yang menekan. Astiyana Arum juga menekankan bahwa peran karyawan sangat penting untuk kemajuan organisasi.

Lalu, Arum mengatakan bahwa pada era sekarang segalanya serba dinamis terlebih pada karyawan Run System yang bersinggungan langsung dengan teknologi dan digital. Hal ini dikarenakan teknologi yang sangat cepat berubah, sehingga membuat karyawan juga selalu siap dengan adanya perubahan apapun baik secara perusahaan ataupun sifat pekerjaannya. Oleh karena itu perilaku agile yang ada di dalam karyawan itu sangat diperlukan untuk beradaptasi dengan perubahan yang sangat cepat, harus bertahan dalam kondisi apapun bahkan ketika ada kendala karyawan pun aktif mencari solusi. Arum juga mengajak para RUNers untuk mempelajari bagaimana mereka dapat bersikap agile untuk pekerjaan maupun perusahaannya dengan cara memiliki tekad dalam belajar dan mengembangkan diri, mempu menyelesaikan masalah, serta mampu menyesuaikan diri bahkan nyaman dengan berbagai perubahan, ide baru, dan teknologi.

Dari sharing session yang dilakukan, dirasa para RUNers sangat menikmati, merespon dengan baik bahkan ada beberapa RUNers yang tertarik untuk menyampaikan kesan-kesanya selama bekerja di Run Sytem. Agar materi yang disampaikan oleh pembicara diingat oleh karyawan maupun teman-teman magang diminta mengatakan kesan-kesan dan curhatan karyawan yang dikaitkan dengan materi yang disampaikan. Ada beberapa teman-teman magang yang menyampaikan bahwa agility itu sangat penting seperti contohnya kerja di Run System ini membuat mereka beradaptasi dengan hal-hal yang baru, belajar materi-materi baru, lingkungan baru, teman-teman baru, menyelesaikan masalah pekerjaan, dan ujian ujian yang membuat mereka bisa mengerti pekerjaan di Run System.

Sharing session ini dilakukan di kantor Run System dan secara Zoom yang diharapkan dapat menjadi kegiatan rutin para RUNers untuk mendapatkan pengetahuan atau untuk diterapkan dalam pekerjaanya sehari-hari. Selain itu untuk memfasilitasi para RUNers sharing terkait dirinya sehingga, harapannya acara ini dapat memberikan manfaat baik untuk karyawan maupun organisasi.