Smart Village Nusantara untuk Digitalisasi dan Perkembangan Ekonomi Desa

December 16, 2020 RUN System
Ganjar Pranowo, Dr. H. Moeldoko, dan Budi Arie Setiadi pada peresmian desa pilot Smart Village Nusantara

Smart Village merupakan sebuah program pengembangan potensi desa dengan membangun ekosistem desa digital melalui optimalisasi infrastruktur jaringan dan solusi ICT yang digagas oleh PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Pada 1 Oktober 2020, smart village diterapkan pada Desa Kemuning di Jawa Tengah dan Desa Pangandaran di Jawa Barat yang juga menjadi desa pilot dalam pengembangan smart village ini. Bertempat di Desa Kemuning. Wakil Menteri Desa PDTT Budi Arie Setiadi bersama Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Dr. H. Moeldoko, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo hadir untuk meresmikan desa percontohan Smart Village Nusantara.

Fokus utama pelaksanaan piloting Smart Village Nusantara ini yaitu pemerintah, ekonomi, dan sosial yang ditargetkan pelaksanaannya kepada desa-desa lain dengan potensi yang berbeda. Langkah Telkom dalam program pengembangan desa ini diapresiasi oleh Wakil Menteri Desa PDTT Budi Arie Setiadi. “Desa adalah masa depan Indonesia. Tiga sektor utama Indonesia yang tidak terkalahkan dari negara lain, yakni pertanian, perikanan, dan pariwisata. Tentunya desa yang memiliki ketiga keunggulan tersebut harus dimaksimalkan, dibangun dan dibesarkan bersama. Semoga Desa Kemuning ini menjadi contoh bagi desa-desa di seluruh Indonesia,” ujar Budi Arie Setiadi. Hal serupa dikatakan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Beliau menambahkan harapannya agar melalui Telkom, entrepreneurship warga dapat terus didorong.

Desa Kemuning sebagai desa percontohan di Jawa Tengah memiliki beberapa fasilitas penunjang guna pengembangan menjadi desa digital. Fasilitas tersebut di antaranya berbentuk pemanfaatan ICT untuk mendorong tercapainya digitalisasi desa, seperti aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Desa (Simpedelsa), E-Money, ePuskesmas, Biokop Desa, dan lain sebagainya. iKas, sebuah platform kasir digital, turut serta menjadi platform pendukung pengembangan Smart Village Nusantara oleh Telkom tersebut. iKas dapat menjadi solusi pendukung bisnis yang tepat bagi para pelaku usaha di desa dengan menyediakan solusi komprehensif dan mudah digunakan.