Taman Wisata Candi Berkolaborasi Dengan RUN System Dalam Akselerasi Transformasi Digital di Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

October 12, 2021 RUN System
Taman Mini Indonesia Indah - Travelink Magazine
Taman Mini Indonesia Indah (foto:travelinkmagz.com)

Jakarta, 11 Oktober 2021 – Dalam rangka mengoptimalkan daya guna dan hasil guna pengelolaan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sebagai Kawasan pelestarian dan pengembangan budaya bangsa serta sarana wisata edukasi bermatra budaya nusantara, PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) Persero, sebagai pengelola baru kawasan tersebut, sejak 1 Juli 2021, telah melakukan langkah strategis. Salah satunya adalah mentransformasi sistem informasi melalui digitalisasi untuk memenuhi prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG).

TWC sebelumnya sudah bekerjasama dengan RUN System untuk melakukan transformasi digitalisasi sejak 2019. Hal ini menjadi alasan diimplemantasikannya RUN System dalam rangka digitalisasi di Kawasan TMII, dimana ERP (Enterprise Resources Planning) yang dimiliki RUN System merupakan salah satu alat untuk mempercepat akselerasi tranformasi digital di kawasan tersebut.

Sony Rachmadi Purnomo, Direktur Utama PT Global Sukses Solusi Tbk sebagai principle RUN System menjelaskan bahwa success story yang pernah terbukti pada kerjasama sebelumnya dengan pihak TWC menjadikan RUN System kembali dipilih sebagai partner dalam implementasi system yang dalam hal ini mencakup modul Financial & Cost Control  (FICO), Inventory Material Management (IMM) dan Procurement Management System.

Training Financial & Cost Control  (FICO)

Proses implementasi modul-modul tersebut dilakukan secara bertahap. Proses awal dari kerjasama ditandai dengan telah dilakukannya training di pertengahan Agustus lalu. Dan di awal Oktober 2021, TMII telah resmi menggunakan RUN System untuk pencatatan transaksi keuangan dan sumber laporan keuangan yang disiapkan untuk keperluan laporan terkait audit akhir tahun.

Direncanakan dalam waktu dekat akan dilakukan pelatihan untuk modul IMM dan Procurement sebelum dilakukan pengimplementasian kedua modul tersebut. Selanjutnya, akan ada proses integrasi dengan ticketing di berbagai wahana TMII, pencatatan proses pengadaan menggunakan modul procurement dan pencatatan pendapatan aneka usaha yang semuanya diintegrasikan dengan sistem back-end dari RUN System. Dengan kolaborasi ini, diharapkan tata kelola TMII akan menjadi lebih transparan dan akuntabel.