Tren Pemasaran Digital yang Tidak Boleh Dilewatkan di Tahun 2021

January 4, 2021 RUN System

Beberapa tahun terakhir ini, pemasaran digital menjadi tren dan vital dalam mencapai kesuksesan bisnis. Tidak hanya biayanya yang lebih hemat dan terukur, pemasaran digital dapat menjangkau konsumen yang lebih luas dibandingkan dengan pemasaran tradisional.

Ilustrasi iklan

Namun dengan segala kelebihannya, pemasaran digital cukup menantang karena perkembangannya yang sangat cepat. Melihat kembali ke tahun 2020 yang penuh dengan kejutan, kini penting bagi kita untuk terus melihat ke depan apa yang akan menjadi tren pemasaran digital selama setahun ke depan.

Media sosial

Media sosial tidak boleh dilewatkan dalam strategi pemasaran. Menurut SmartInsights, lebih dari separuh dunia menggunakan media sosial pada tahun 2020. Jika dilakukan dengan baik, sosial dapat meningkatkan perkembangan dan brand awareness secara signifikan dengan biaya yang hemat.

E-commerce

Semenjak adanya pandemi, kebutuhan belanja online meningkat drastis. Keberadaan e-commerce menjadi sebuah kebutuhan. Dilansir dari Statista, e-commerce retail secara global memecahkan rekor mencapai 22 miliar kunjungan bulanan pada Juni 2020. Permintaan yang paling tinggi adalah barang-barang yang digunakan sehari-hari seperti makanan dan pakaian, sampai ke barang-barang elektronik.

E-commerce banyak diminati oleh konsumen karena kemudahannya dalam mencari berbagai macam barang dan melakukan pembelian tanpa harus berpindah-pindah platform.

Penelusuran suara (voice search)

Penelusuran suara akan menjadi tren pemasaran digital pada tahun 2021. Pasalnya pengguna fitur ini terus meningkat. Google melaporkan bahwa 27% dari populasi global online menggunakan penelusuran suara melalui ponsel. Asisten virtual seperti Siri, Google Assistant, dan Alexa dapat ditemukan diberbagai macam perangkat, mulai dari smartphone sampai smart speaker. Hal ini berpengaruh pada peningkatan penggunaan penelusuran suara dalam melakukan pencarian.

Konten video

Menurut Wyzowl State of Video Marketing, pada tahun 2017, 97 persen bisnis yang menggunakan video untuk menjelaskan tentang produk mereka mendapatkan respons positif dari konsumen, dan 73 persen konsumen mengatakan bahwa mereka membeli produk setelah menonton video tersebut.

Video yang menarik dan demonstratif dapat membantu konsumen untuk memahami sebuah produk dibandingkan jika hanya berbentuk tulisan, terlebih jika produk tersebut dijual secara online atau berbentuk software.

Micro influencer

Banyak marketer yang menggunakan influencer untuk meningkatkan brand awareness. Ada beberapa jenis influencer berdasarkan banyaknya pengikut mereka di media sosial. Mulai dari mega-influencer yaitu influencer dengan pengikut lebih dari satu juta, sampai nano influencer, yang memiliki pengikut di bawah 10.000.

Semakin besarnya jumlah pengikut, semakin besar pula biaya yang harus dikeluarkan. Namun ternyata bekerja sama dengan micro-influencer lebih efektif. Hal tersebut dikarenakan oleh interaksi micro-influencer dengan pengikut yang cenderung lebih tinggi. Melansir dari Adweek, kampanye yang dilakukan oleh micro influencer 6,7 kali lebih efektif dibandingkan dengan influencer yang lebih populer.

Itulah beberapa jenis pemasaran digital yang diprediksikan akan menjadi tren di tahun 2021. Walaupun perkembangan tren di dunia pemasaran semakin cepat, marketer harus selalu mempersiapkan apa yang diminati oleh konsumen.

Selain trik pemasaran, Anda juga harus berfokus pada pengelolaan internal perusahaan. RUN System adalah software Enterprise Resource Planning yang akan membantu Anda mengelola mengelola perusahaan Anda secara finansial, operasi, manufacturing, dan lain-lain. Di samping kelengkapannya, modul-modul RUN System dikemas secara sederhana sehingga mudah dioperasikan.

Bergabunglah bersama kami demi kelancaran bisnis Anda. Cari tahu lebih lanjut mengenai RUN System di website kami!