5 Tahap Pembuatan Anggaran Perusahaan dan Manfaatnya bagi Bisnis

Memastikan kesehatan keuangan perusahaan adalah satu dari sekian banyaknya pekerjaan penting dalam menjalankan bisnis. Keuangan yang sehat memang dapat dilihat secara umum dari jumlah profit yang didapatkan. Namun lebih dari itu, memastikan akan ada proses produksi berikutnya juga harus direncanakan dengan baik. Oleh karena itu, penyusunan anggaran perusahaan menjadi proses yang harus dilalui.

Anggaran perusahaan adalah perencanaan kerja dalam jangka waktu tertentu yang dituangkan dalam laporan khusus. Dalam membuat anggaran, perlu adanya standar dengan satuan moneter yang sudah ditentukan sebelumnya. Dengan begitu, perusahaan akan mengetahui sebesar apa biaya operasional dan biaya investasi yang perlu dikeluarkan.

Laporan untuk anggaran perusahaan tidak hanya berupa laporan keuangan, dan seringkali dibedakan berdasarkan jenis dan fungsinya. Mulai dari anggaran keuangan, anggaran produksi, anggaran bahan baku, anggaran kas, anggaran penjualan, hingga anggaran pengeluaran modal, dan masih banyak lagi jenisnya. Meskipun begitu, laporan ini memiliki manfaat yang secara garis besar sama. Simak manfaat dan tahapan pembuatan anggaran perusahaan berikut ini.

Baca Juga: Manajemen Logistik adalah Aktivitas Pengendalian Produk, Ini Penjelasannya

anggaran perusahaan

Sumber: Pixabay

Manfaat Anggaran Perusahaan

1. Merencanakan Pengeluaran secara Terarah

Meskipun sumber daya finansial perusahaan besar, namun penggunaannya harus tetap dikelola dengan baik untuk memastikan semua tim dalam perusahaan mendapatkan haknya. Untuk itu, membuat anggaran perusahaan adalah kunci untuk menjalankan fungsi perencanaan. Selain itu, perusahaan juga akan mencegah terjadinya belanja berlebih sehingga pengeluaran lebih efisien.

2. Mengarahkan Kegiatan dan Koordinasi Kerja

Dari anggaran yang telah dibuat, tentu akan berisi juga rencana kegiatan untuk satu atau beberapa periode kerja ke depan. Secara tidak langsung hal ini akan membantu semua tim mengarahkan kegiatan mereka. Termasuk dalam mengkoordinasikannya dengan tim lain. Hal ini juga akan membuat produktivitas perusahaan meningkat.

3. Mengawasi Program Kerja

Bagi perusahaan dengan program kerja yang banyak, memastikan tidak ada program yang terlupakan bisa jadi pekerjaan sulit jika waktu pelaksanaannya kerap bersamaan. Untuk mencegah hal ini terjadi, anggaran perusahaan juga dapat sangat berperan. Antar tim akan saling mengingatkan dan mengawasi berjalannya suatu program.

4. Memudahkan Proses Evaluasi

Pada akhir periode tahun kerja, anggaran perusahaan menjadi pedoman untuk melakukan evaluasi. Baik itu dari segi pembiayaan, efektivitas dan efisiensi bahan baku, maupun dari segi hasil dan target yang dicapai. Nantinya, hasil evaluasi menyeluruh ini akan ikut menentukan penyusunan anggaran perusahaan periode berikutnya.

anggaran perusahaan

Sumber: Pixabay

Tahap Pembuatannya

1. Menganalisis Pedoman Anggaran

Ketika suatu periode kerja selesai, jangan sampai menghilangkan anggaran perusahaan dari laporan tersebut. Laporan anggaran perusahaan periode sebelumnya dapat menjadi pedoman untuk anggaran berikutnya. Tentu saja ada pedoman lain yang biasanya akan dibutuhkan, seperti analisis pasar, analisis trend pemasaran, dan sebagainya. Bahkan jika perlu, Anda selaku manajemen tinggi perusahaan dapat membentuk tim khusus untuk menangani hal ini.

2. Merencanakan Kegiatan dan Program Kerja

Kemudian langkah berikutnya adalah merencanakan kegiatan dan/atau program kerja. Apabila perusahaan memiliki tim perencanaan, hal ini akan menjadi tugas mereka dengan segala analisis bisnis yang dilakukan. Namun jika tidak ada tim perencanaan, tim khusus dapat menghimpunnya dari semua tim yang bertanggung jawab dalam bidangnya masing-masing. Meskipun terkesan bekerja sendiri, komunikasi dan koordinasi antar tim harus dilakukan semaksimal mungkin.

3. Menentukan Anggaran

Pada tahap ini, setiap tim harus mendiskusikan anggaran yang dibutuhkan dengan pengambil keputusan dalam perusahaan. Artinya, jangan sampai anggaran kurang dari jumlah minimal suatu biaya program. Berikutnya adalah menganalisis komponen dari setiap kegiatan untuk memastikan semuanya merupakan komponen wajib dan penunjang program.

anggaran perusahaan

4. Menelaah Anggaran dan Mengesahkannya

Proses penelaahan rancangan anggaran yang rinci akan membuat anggaran perusahaan semakin valid meskipun memakan waktu paling banyak. Anggaran yang telah disepakati bersama akan disahkan oleh pimpinan perusahaan setelah diadakan pengkajian. Salinannya juga perlu didistribusikan kepada semua tim agar dapat dikontrol bersama.

5. Mengimplementasikan Anggaran

Tahap terakhir tentu saja mengimplementasikan atau melaksanakan anggaran yang telah sah tersebut. Dalam proses pelaksanaannya, tim perencanaan atau tim khusus akan melakukan monitoring dan evaluasi singkat untuk kemudian dilaporkan kepada pimpinan perusahaan secara berkala. Jika ditemukan anggaran terpaksa berlebih karena faktor eksternal yang tidak dapat dihindari, maka diskusi dan penentuan solusi harus segera dilakukan.

Baca Juga: Mengenal Jenis-Jenis Kontrak Pengadaan, Simak 7 Poin Ini!

Membuat anggaran perusahaan memang bukan pekerjaan yang ringan. Namun manfaatnya yang besar dan berpengaruh pada kelangsungna bisnis secara jangka panjang mengharuskan Anda mengerjakannya dengan serius. Jika perlu, gunakan bantuan teknologi yang akan membantu Anda mengelola data keuangan, penjualan, pengadaan, dan sebagainya. Run System melalui fitur Budget Management mampu membantu Anda dalam banyak tugas. Diantaranya adalah membuat alokasi, melacak anggaran, hingga pelaporannya. Bahkan Run System juga mampu mengingatkan perusahaan jika transaksi akan melebihi batas anggaran bulanan atau tahunan. Ketahui lebih banyak soal Run System dan semua fiturnya dengan mengikuti tautan ini.

Bagaimana kami dapat membantu Anda?

Beri tahu kami apa yang Anda butuhkan, kami siap memberikan solusi yang tepat untuk bisnis Anda