Human Capital adalah Hal Berbeda dari Human Resources, Ini Penjelasannya!

Sedikit membahas elemen manusia di dalam perusahaan, penggunaan istilah human capital dan human resources terkadang membuat beberapa pihak merasa bingung. Ada yang mengatakan keduanya hal yang sama, namun ada pula yang beranggapan keduanya hal berbeda. Lalu sebenarnya, apakah human resources dan human capital adalah hal yang sama?

 

Secara prinsip dasar fungsi kedua istilah ini digunakan sebagai salah satu divisi atau bagian atau satuan kerja, yang mengurus elemen manusia yang ada di perusahaan. Mulai dari rekrutmen, pengembangan, pengelolaan, hingga pemecatan.

 

Namun demikian terdapat perbedaan yang cukup besar secara filosofis pada dua istilah ini. Untuk memetakannya, mari simak bagian selanjutnya dari artikel ini.

Perbedaan Human Resources dan Human Capital adalah

human capital adalah

Sumber : freepik.com

Untuk melihat perbedaannya, Anda bisa mengacu pada definisinya terlebih dahulu.

 

Human resources adalah departemen yang mengelola manusia sebagai sumber daya perusahaan untuk mendukung target yang ingin dicapai perusahaan. Human capital, di sisi lain, adalah departemen yang mengelola manusia sebagai modal berharga milik perusahaan yang perlu ditingkatkan nilainya sehingga dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan.

 

Jelas dari definisi tersebut, perbedaan mendasar terletak pada cara pandang perusahaan terhadap talent atau tenaga kerja yang dimilikinya. Human resources melihat tenaga kerja sebagai sumber daya, sedangkan human capital melihatnya sebagai aset.

Tapi apa kemudian perbedaan ini menjadikan gap besar antara keduanya?

Manusia sebagai Sumber Daya

Ketika manusia dianggap sebagai sumber daya, maka manusia yang ada di perusahaan ini akan habis, berkurang nilainya, dan menurun produktivitasnya seiring berjalannya waktu. Perusahaan, dalam rangka mendapatkan laba maksimal, harus memaksimalkan sumber daya yang dimiliki ini.

 

Semua biaya yang dikeluarkan dalam proses rekrutmen dan selama bekerja di perusahaan harus bisa memberikan keuntungan maksimal bagi perusahaan pula. Karyawan akan dinilai dari hasil pekerjaan, sehingga semakin baik kinerja karyawan akan semakin baik pula reward yang diberikan pada karyawan tersebut.

Menusia sebagai Aset

Di sisi lain, ketika manusia di dalam perusahaan dianggap sebagai aset maka perspektifnya akan berbeda. Tenaga kerja merupakan investasi yang dimiliki perusahaan, yang sudah dimulai sejak tahap pencarian tenaga kerja.

 

Mulai dari proses talent acquisition, kemudian pelatihan, kemudian pengembangan, pembayaran gaji dan kompensasi, semua adalah bentuk investasi perusahaan pada karyawan sehingga seiring berjalannya waktu talent bisa terus meningkat nilainya.

 

Idealnya dengan peningkatan value dari talent ini juga akan membawa keuntungan yang progresif untuk perusahaan secara umum.

Perbedaan Fungsi Keduanya

human capital adalah

Sumber: freepik.com

Pada sisi fungsi, keduanya juga kemudian memiliki poin dan penekanan yang berbeda. Dengan dasar perspektif yang tak sama, maka fungsi dari keduanya bisa dilihat di bawah ini.

Fungsi Human Resources adalah

Fungsi HR secara umum adalah untuk mengelola, melatih, dan mengevaluasi dan memberikan kompensasi pada talent yang dimiliki perusahaan. Hal-hal termasuk hubungan kerja, keamanan kerja, dan kesejahteraan karyawan akan jadi tanggung jawab bagian ini.

 

HR juga wajib menyusun strategi untuk membuat talent yang dimiliki perusahaan dapat mendatangkan keuntungan yang besar bagi perusahaan selama masa kerja yang dimilikinya. Secara garis besar, HR akan berfokus pada hal-hal teknis terkait pekerjaan talent dan target perusahaan.

Fungsi Human Capital adalah

Human capital di sisi lain, memiliki fungsi untuk merancang strategi yang bertujuan membangun engagement, meningkatkan loyalitas karyawan, dan menurunkan tingkat turnover. Jelas bagian ini akan menjalankan fungsi demikian, sebab akan jadi kerugian besar jika aset dan investasi yang telah ditanam perusahaan tak bisa berkembang dan pergi meninggalkan perusahaan.

 

Nantinya talent akan dinilai dari pertumbuhannya, kontribusi yang diberikan, serta peningkatan keahlian yang secara langsung dapat membuat perubahan dan mendorong perkembangan organisasi. Cara garis besar, HC akan berfokus pada pengembangan talent yang dimiliki, demi kebaikan perusahaan.

Praktek HRM dan HCM pada Perusahaan

Human resources dan human capital akan digunakan sebagai sebuah prinsip dalam mengelola talent di dalam perusahaan. Maka kemudian secara singkat, kegiatan pengelolaan keduanya, diwujudkan dalam dua konsep besar, human resources management dan human capital management. Berikut perbedaannya secara singkat.

human capital

Human Resources Management

  1. Tenaga kerja sebagai sumber daya milik perusahaan
  2. Fungsi tenaga kerja sebagai pendukung kegiatan industri untuk mencapai keuntungan
  3. Tenaga kerja akan berkurang nilainya seiring waktu
  4. Perusahaan terus mengoptimalkan kinerja karyawan yang dimiliki
  5. Anggaran untuk tenaga kerja masuk dalam kategori biaya
  6. Tenaga kerja akan diukur kinerjanya

Human Capital Management

  1. Tenaga kerja adalah aset milik perusahaan
  2. Fungsi tenaga kerja adalah kunci dari perkembangan organisasi
  3. Tenaga kerja akan semakin meningkat nilainya dengan treatment yang tepat
  4. Perusahaan secara kontinu menambah nilai tenaga kerja
  5. Anggaran untuk tenaga kerja adalah bentuk investasi
  6. Tenaga kerja akan dinilai dari pengembangan value yang dimilikinya

Jelas sudah dalam penjelasan singkat di atas bahwa human resources dan human capital adalah dua hal yang berbeda secara prinsip. Tentu, konsep mana yang akan Anda gunakan tergantung dengan keputusan yang dibuat perusahaan, dengan pertimbangan berbagai hal.

RUN System dengan Human Capital Management System

Untuk bisnis model kekinian, tentu human capital adalah opsi yang lebih masuk akal. Dalam mengoptimalkan penerapannya, Anda bisa memanfaatkan fitur Human Capital Management System milik RUN System. Data yang terintegrasi, pengaturan yang mudah, serta penggunaan yang sangat adaptif, menjadikan RUN System penyedia layanan ERP terbaik saat ini. Segera integrasikan bisnis Anda dengan RUN System, dan maksimalkan setiap fitur yang ditawarkannya!

Bagaimana kami dapat membantu Anda?

Beri tahu kami apa yang Anda butuhkan, kami siap memberikan solusi yang tepat untuk bisnis Anda