Customer Oriented: Semua Fokus Tertuju pada Pelanggan

Istilah customer oriented adalah salah satu istilah yang cukup sering muncul dalam banyak pembahasan mengenai bisnis. Tentu saja, istilah ini sering muncul bukan tanpa alasan. Maka dari itu, Anda sebagai pebisnis wajib memahami benar makna di balik istilah ini.

Sebenarnya secara harfiah pengertian konsep ini dapat dipahami dari arti terjemahannya. Customer oriented adalah sebuah bisnis yang berorientasi pada pelanggan, tentang apa yang dibutuhkan, pendekatan yang mudah terhubung dengan pelanggan, dan setiap aspek lain yang berpengaruh pada proses bisnis.

Baca Juga: 5 Manfaat Perusahaan Melakukan Procurement and Logistics

Apakah Hanya Itu Saja?

customer oriented adalah

Sumber: freepik.com

Selain pemahaman singkat di atas, konsep ini juga dibaca sebagai sebuah upaya ketika perusahaan menempatkan pelanggan di bagian awal, tengah, dan akhir proses penjualan yang dilakukan. Tampaknya, pelanggan benar-benar jadi fokus utama bisnis ya?

Perusahaan dengan orientasi seperti memang meletakkan fokus penjualannya pada pelanggan dengan tujuan mengurangi customer pain point. Setelah hal ini dapat dieliminir, kepuasan pelanggan dalam menggunakan produk dapat meningkat, seiring dengan loyalitasnya.

Repeat purchase akan dapat terjadi dan pelanggan tersebut perlahan berubah menjadi pelanggan setia yang akan memberikan banyak pemasukan bagi perusahaan, baik dari segi feedback produk dan layanan, dan dari segi penjualan.

Sudahkah Bisnis Anda Menggunakan Konsep Ini?

customer oriented adalah

Sumber: freepik.com

Ada beberapa indikator yang dapat diamati ketika sebuah bisnis menggunakan pendekatan ini dalam prosesnya. Artinya ketika Anda merasa telah memenuhi beberapa kriteria berikut, Anda sudah berada di jalur yang tepat.

Beberapa karakter yang paling mencolok dari bisnis yang menggunakan pendekatan customer oriented adalah sebagai berikut.

1. Mengutamakan Pelanggan

Karakter pertama adalah bahwa bisnis selalu menempatkan pelanggan sebagai prioritas. Perusahaan dengan karakter ini akan berusaha membuat pelanggan puas dengan pelayanan dan produk yang diberikan, karena ada kesadaran bahwa pelanggan menjadi pilar utama yang menopang operasional bisnis.

2. Memiliki Empati Tinggi

Saat Anda berhasil menemukan hubungan yang berkualitas dengan pelanggan dan dapat memahami apa yang mereka butuhkan, maka artinya bisnis telah memiliki empati yang cukup tinggi. Pemahaman ini akan menuntut Anda pada pengembangan produk tepat sesuai kebutuhan yang dimiliki pelanggan, sehingga kepuasan yang mereka rasakan dapat terjaga.

3. Follow Up yang Baik

Ketika pelanggan memberikan feedback, bisnis akan dapat meresponnya dengan baik. Selalu berfokus pada kepuasan yang dirasakan pelanggan, setiap keluhan dengan cepat akan diatasi dan bisnis berupaya menjadi pihak yang solutif. Interaksi ini tercipta dengan komitmen yang kuat pada kepuasan yang dirasakan pelanggan, sehingga dapat terlihat dari sikap staf CS atau sales yang berhadapan langsung dengan pelanggan.

4. Kemudahan untuk Pelanggan

Kemudahan akses pada produk atau layanan yang dimiliki bisnis jelas jadi hal utama, agar pelanggan semakin cepat mendapatkan solusi atas masalahnya. Namun demikian kemudahan ini tak berhenti di situ saja.

Bisnis juga mengupayakan kemudahan dalam penyampaian keluhan melalui customer service yang terintegrasi di berbagai platform, kemudian kemudahan dalam melakukan konsultasi, kemudahan akses data dan informasi, dan lain sebagainya.

Saat perusahaan Anda memenuhi setidaknya empat karakteristik yang disebutkan di atas, maka dapat dikatakan Anda telah menjadi bisnis yang memiliki pendekatan customer oriented. Jika Anda masih merasa asing dengan poin-poin di atas, maka mungkin saja Anda perlu melakukan perubahan pendekatan.

Strategi Penerapan Pendekatan Ini pada Bisnis yang Anda Miliki

customer oriented adalah

Sumber: freepik.com

Setelah memahami definisi dan karakter bisnis dengan pendekatan tersebut, kini saatnya Anda mengetahui beberapa tips dan strategi agar bisnis dapat memiliki pendekatan customer oriented yang optimal.

Cermati poin berikut.

  • Growth strategy, hal ini penting untuk ditentukan sejak awal karena pendekatan yang digunakan akan bergantung pada target yang Anda miliki. Penerapan pendekatan berorientasi pada pelanggan yang memiliki target pengembangan pasar jelas akan berbeda dengan strategi yang digunakan untuk tujuan menguasai market share.
  • Pastikan setiap anggota tim memahami informasi mengenai pelanggan. Hal ini dapat membantu tim mempelajari pelanggan, dan memiliki kedekatan secara emosional. ‘pengenalan’ ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, dengan menggunakan user persona yang berdasarkan data valid, atau beberapa cara lainnya.
  • Semua wajib memiliki kemampuan melayani pelanggan. Hal ini berlaku untuk karyawan yang bertugas di belakang meja atau karyawan yang terjun langsung menghadapi pelanggan. Anda perlu membuat SOP yang jelas agar terdapat alur yang sama pada setiap proses komunikasi yang dijalankan dari bisnis ke pelanggan, atau sebaliknya.
  • Fokus pada customer retention. Menjadi bagian yang penting, customer retention akan memberikan bisnis keuntungan jangka panjang dengan mempertahankan pelanggan setia yang telah dimiliki. Anda perlu menerapkan strategi lead management yang baik, agar pelanggan tetap loyal dan terus membeli produk Anda.
  • Kerja sama dengan mitra bisnis. Tidak perlu ragu untuk menjalin kerjasama dengan pihak luar dan menjadikannya mitra bisnis, selama hal ini dapat mengoptimalkan pelayanan pada pelanggan yang Anda miliki.

Baca Juga: Lebih Jauh tentang Market Research, Ini 5 Metode Dasarnya! 

Transisi bisnis menjadi sebuah unit usaha yang memiliki pendekatan customer oriented adalah proses yang tidak sebentar. Perlahan tetapi pasti, Anda dapat menggunakan pendekatan ini untuk memahami pelanggan Anda, dan menjadikan mereka sumber pemasukan yang dapat diandalkan untuk jangka panjang. Tentu saja, RUN System memiliki modul yang tepat untuk urusan ini, yakni Sales & Distribution Management. Modul ini dapat membantu mengelola seluruh proses pemasaran hingga pada konversi leads menjadi sales nyata, sehingga dapat membantu Anda mengenal pelanggan lebih dalam.maksimalkan semua fiturnya sekarang juga, dan rasakan manfaat ERP dari RUN System untuk setiap aspek bisnis Anda!

Bagaimana kami dapat membantu Anda?

Beri tahu kami apa yang Anda butuhkan, kami siap memberikan solusi yang tepat untuk bisnis Anda