Industri 4.0: Definisi dan 5 Strategi Merespons agar Bisnis Lebih Adaptif

Sejak internet semakin berkembang, segala bisnis apa pun menjadi lebih mudah, terutama bisnis online. Pebisnis dan konsumen tidak perlu bertatap muka untuk menyelesaikan satu transaksi, melainkan hanya melalui aplikasi dan bisa menghasilkan ratusan transaksi. Inilah yang kemudian orang-orang menyebutnya sebagai fase industri 4.0.

Secara umum, industri 4.0 lebih kepada cyber physical system, fenomena yang menghasilkan kolaborasi antara sistem otomatisasi dengan teknologi siber. Hadirnya industri 4.0 juga membuat perubahan yang cukup besar seperti tenaga manusia yang dikurangi dan digantikan dengan sistem teknologi.

Untuk mengenal lebih lanjut, simak artikel di bawah ini tentang pengertian industri 4.0, cara meresponsnya, dan mengapa ERP software penting bagi industri masa kini.

Pengertian Industri 4.0

industri 4.0

Seperti yang telah dijelaskan di atas, industri 4.0 adalah industri yang menghasilkan kolaborasi antara teknologi siber dengan teknologi otomatisasi. Industri ini lebih fokus kepada bagaimana sistem teknologi yang bekerja lebih banyak daripada tenaga manusia.

Beberapa pendapat ahli mengatakan bahwa industri 4.0 merupakan transformasi dari perubahan sistem yang semula hanya di industri konvensional ke industri otomatis. Kehadiran industri ini pun juga mengubah cara pandang hidup, sistem kerja, hingga transformasi bisnis.

Jika melihat pengertian industri 4.0 di atas, bagaimana cara pebisnis memberikan respons terhadap perubahan ini?

Cara Merespons Industri 4.0

industri 4.0

     1. Meningkatkan Kualitas SDM

Industri 4.0 lekat dengan sistem teknologi yang cepat. Semua kebutuhan manusia mudah terpenuhi karena teknologi yang dinamakan dengan internet. Dengan internet pun pebisnis mampu menjangkau wilayah pelanggan yang sebelumnya tidak terdeteksi.

Ketika mampu melakukan hal tersebut, penjualan bisnis pasti akan lebih meningkat sebelumnya. Dampaknya, pebisnis pun harus meningkatkan pelayanan SDM karena arus keluar masuk dana menjadi lebih sering.

     2. Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Produk

Sejak kehadiran internet, konsumen dapat bertransaksi dengan mudah. Mereka pun akan mencari mana pelayanan yang bisa memberikan harga murah dan pengiriman produk cepat sampai. Pebisnis harus tanggap akan hal tersebut dengan cara meningkatkan kualitas pelayanan.

Selain pelayanan, hal lain yang perlu ditingkatkan adalah kualitas produk. Konsumen dapat menilai mana produk berkualitas atau tidak hanya dari review konsumen sehingga perhatikan kualitas produk. Jika kualitasnya baik, tidak perlu ragu bagi pebisnis untuk meningkatkan kuantitas.

     3. Menerapkan Internet sebagai Daya Dukung Pelayanan

Salah satu hal yang membuat produk bisnis mudah dicari oleh konsumen adalah penggunaan internet sebagai daya dukung pelayanan. Dengan pemanfaatan internet yang tepat, pebisnis mampu melihat dan menguasai target pasar lebih baik. Pebisnis pun mampu menjangkau pelanggan yang sebelumnya tidak masuk target pasar.

Dari internet pula, arus keluar masuk dana menjadi lebih sering karena lalu lintas transaksi akan lebih mudah. Konsumen cukup mengakses internet dari rumah kemudian memilih produk dan membayar sejumlah dana dari metode pembayaran online. Inilah yang membuat bisnis akan lebih cepat maju.

     4. Perbarui Kebijakan yang Adaptif Teknologi

Hadirnya sejumlah teknologi baru membuat bisnis semestinya lebih baik. Untuk menunjang hal tersebut, pebisnis perlu mengubah atau memperbarui kebijakan yang lebih baik. Salah satunya menghadirkan metode pembayaran online.

Jika sebelumnya konsumen hanya dapat bertransaksi melalui tatap muka, dengan hadirnya teknologi baru, pembayaran pun bisa melalui laptop atau ponsel. Ada pilihan internet banking atau mobile banking yang membantu konsumen dalam bertransaksi. Pebisnis pun juga cukup memantau dari ponsel mengenai dana yang telah menjadi kesepakatan transaksi.

     5. Memperluas Jaringan

Untuk merespons keberadaan industri 4.0 yang lebih baik, pebisnis pun perlu melakukan upgrade terhadap jaringan bisnisnya. Jika sebelumnya jaringan pebisnis hanya bisa menjangkau orang-orang di sekitarnya, sekarang pebisnis harus berani melebarkan sayapnya ke pelanggan yang jauh.

Ini dapat dilakukan dengan cara memberikan harga khusus bagi pelanggan yang berada di luar areanya. Selain harga khusus, tentu saja diskon menjadi strategi ampuh untuk menarik minat konsumen. Ketika hal tersebut mampu dilakukan secara konsisten, pebisnis pun cukup mengelola pelanggan dengan tepat agar jaringan tersebut tetap terjaga.

Inilah lima strategi dalam merespons keberadaan industri 4.0. Industri yang mensyaratkan internet cepat, pelayanan tepat dan segala sesuatunya dapat dilakukan melalui online. Jika hal tersebut mampu pebisnis pahami dengan baik, tidak perlu ragu untuk meningkatkan kualitas pelayanan bisnis. Agar bisnis makin lancar, fungsikan ERP software sebagai daya dukung bisnis.

Run System sebagai Penyedia Layanan ERP Software

Sebagai penyedia layanan ERP software terbaik di Indonesia, RUN System menyediakan kemudahan bagi Anda. RUN System mampu memastikan bahwa proses produksi akan berlangsung lancar dan aman. Sehingga, mampu meningkatkan produktivitas dan biaya produksi dapat terkendali dengan baik. Daftar dan kelola sistem bisnis Anda dari sini.

Bagaimana kami dapat membantu Anda?

Beri tahu kami apa yang Anda butuhkan, kami siap memberikan solusi yang tepat untuk bisnis Anda