Apa Itu ISO 9001 dan 4 Fungsinya untuk Perusahaan Anda

Sebagai pebisnis yang sudah menggeluti dunia tersebut sejak lama, sudah sewajarnya Anda memahami apa itu ISO 9001. Label atau kata-kata ini selalu muncul pada berbagai produk yang beredar di pasar, khususnya pada produk yang telah dipasarkan secara internasional.

Tapi sebenarnya apa itu ISO 9001? Apa fungsinya sehingga banyak sekali produk yang menggunakan kode atau label ini di dalam kemasan atau aktivitas pemasarannya?

Pada artikel singkat kali ini, akan coba dipaparkan sedikit penjelasan mengenai apa itu ISO 9001 beserta dengan fungsi utamanya. Idealnya, sedikit pemahaman bisa didapatkan setelah artikel ini dibaca hingga selesai.

Mari masuk ke bagian pertama, terkait pengertian ISO 9001 yang banyak muncul di berbagai produk yang beredar.

Mengenali Apa Itu ISO 9001

iso 90001

Sumber: freepik.com

ISO sendiri merupakan singkatan dari International Standardization Organization, yang merupakan organisasi internasional yang berwenang dalam menciptakan ketentuan atau standar untuk diberlakukan di seluruh dunia.

ISO beranggotakan berbagai warga negara yang ada di dunia, sehingga standar yang diberikan bisa benar-benar adil dan mewakili setiap belahan dunia. Perlu diketahui, bahwa ISO bisa membuat ketentuan standarisasi untuk bidang apapun.

Sedangkan angka 9001 sendiri merupakan salah satu produk hasil standarisasi yang dilakukan oleh ISO. ISO 9001 dapat dipahami sebagai ketentuan standar yang diakui secara internasional untuk sertifikasi Sistem Manajemen Mutu atau biasa dikenal SMM.

Lalu apa itu SMM?

Sistem Manajemen Mutu merupakan kemampuan yang dimiliki perusahaan dalam menjaga kualitas dari produk yang dimilikinya. Dalam hal perusahaan sudah memiliki sertifikasi ISO 9001, maka secara umum produk yang dijual atau diproduksi sudah memiliki QA yang terjamin dengan standar jelas.

ISO 9001 akan berkaitan langsung dengan kemampuan perusahaan dalam menjaga kualitas produk yang dimilikinya.

Lalu Apa Fungsinya secara Praktis?

iso 9001

Sumber: freepik.com

Dengan memiliki sertifikasi ISO 9001, perusahaan dapat membuktikan diri untuk menjaga kualitas produknya sesuai dengan derajat tertentu yang sudah ditetapkan secara internasional. Setidaknya, ini bisa jadi tolak ukur utama kualitas produk yang dimiliki perusahaan tersebut.

Jelas, beberapa fungsi dimiliki dari sertifikat ISO ini sendiri, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Citra yang Baik di Kalangan Bisnis

Memiliki citra yang baik di kalangan bisnis bisa membantu perusahaan menjalin kerjasama dengan lebih mudah. Di samping itu, dengan bermodalkan citra baik maka perusahaan bisa melakukan negosiasi yang lebih efektif demi keuntungan perusahaan.

Citra baik ini juga akan muncul di kalangan pelanggan Anda, karena Anda secara percaya diri bisa menyatakan bahwa standar kerja yang dimiliki benar-benar terverifikasi resmi dengan ISO 9001 ini. Pelanggan yang memahami hal tersebut akan meningkat loyalitasnya, sehingga jadi pelanggan setia dan terus melakukan pembelian berulang.

2. Menekan Tingkat Kesalahan pada Produksi

Karena sudah berlandaskan dengan standar yang sesuai dengan ISO 9001, maka secara teknis tentu pelaksanaan produksi juga sudah lebih baik. Kesalahan dalam proses produksi bisa diminimalisir hingga titik terendah, sehingga kerugian akibat kesalahan teknis bisa dikurangi secara drastis.

Tentu saja hal ini juga akan berpengaruh baik pada produk yang Anda hasilkan. Proses produksi yang optimal akan menghasilkan produk yang berkualitas pula. Dengan demikian kemampuan bersaing di pasar akan terus menguat.

3. Kualitas Produk Setara Standar Internasional

Jelas disebutkan pada bagian awal tadi bahwa ISO merupakan lembaga standarisasi internasional yang berhak menentukan standar atas apapun. Ketika perusahaan Anda berhasil meraih sertifikat ISO 9001, maka dapat dipastikan produk yang Anda miliki memenuhi kualifikasi untuk dipasarkan secara internasional.

Efeknya?

Jelas pada kualitas produk yang Anda hasilkan. Semakin baik kualitas produk maka semakin puas pula pelanggan saat menggunakannya. Lebih lanjut, produk bisa dipasarkan ke area yang lebih luas, karena secara internasional sudah memenuhi standar yang ditetapkan ISO ini.

4. Standar Kerja Perusahaan

Tak hanya dari segi output berupa produk yang kualitasnya meningkat, ISO 9001 juga bisa membantu meningkatkan standar kinerja perusahaan. Tentu, tak ada perusahaan yang bisa menghasilkan produk berkualitas tanpa sistem kerja yang handal.

Perusahaan Anda secara langsung akan merasakan peningkatan standar kinerja yang dimiliki, sehingga setiap bagian bisa memberikan performa terbaik untuk kemajuan perusahaan. Perlahan namun pasti, perusahaan akan memiliki standar yang lebih tinggi untuk banyak hal. Ini akan jadi pertanda baik sebab artinya perusahaan terus berkembang dan tumbuh ke arah positif.

Tentunya mendapatkan sertifikat ISO 9001 tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada poin jelas yang wajib dipenuhi sehingga bisa masuk dalam kualifikasinya. Untuk itu, Anda perlu melakukan perbaikan dan pembenahan sistem kerja secara menyeluruh, untuk mendapatkan sertifikasi internasional ini.

RUN System dengan Quality Management System

Dengan fitur andalan Quality Management System, perusahaan Anda bisa memaksimalkan urusan QA dan peningkatan standar kerja. Tentu, sistem terintegrasi yang disediakan oleh RUN System akan membantu Anda dalam memperoleh sertifikasi ISO 9001, sehingga perusahaan semakin maju dan berkembang. Gunakan layanan RUN System sekarang juga, dan maksimalkan setiap fitur yang dimilikinya!

Bagaimana kami dapat membantu Anda?

Beri tahu kami apa yang Anda butuhkan, kami siap memberikan solusi yang tepat untuk bisnis Anda