Menjaga kualitas dan layanan yang diberikan secara maksimal adalah kunci memberikan kepuasan pada setiap pelanggan yang Anda miliki. Tentu, kepuasan pelanggan harus jadi tujuan utama dari sebuah bisnis, agar tercipta pasar yang loyal dan terus melakukan pembelian berulang.
Tapi sebenarnya apa yang dimaksud konsep ini? Mengapa kemudian begitu penting untuk sebuah bisnis dapat memberikan kepuasan pada orang yang membeli dan menggunakan produk yang dimiliki bisnis tersebut?
Pertanyaan mendasar ini bisa Anda temukan jawabannya di bagian berikut dari artikel singkat ini. Bersamaan dengan itu, juga akan dibahas faktor apa saja yang mendukung terciptanya kepuasan serta indikator yang bisa jadi tolak ukur kepuasan pelanggan yang Anda miliki.
Pertama, Pengertian Kepuasan Pelanggan secara Umum
Secara umum, hal ini dapat diartikan sebagai tingkatan perasaan pelanggan yang Anda miliki setelah mendapatkan produk dan menggunakannya. Perasaan ini secara langsung timbul setelah pelanggan membandungkan harapan dan kenyataan yang didapatkan pada produk.
Satu tantangan dalam memenuhi ekspektasi pelanggan dan membawa kepuasan adalah bahwa hal ini sifatnya subjektif untuk setiap orang. Namun demikian setiap segmen pasar selalu memiliki karakter tertentu, sehingga Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk menyusun strategi yang tepat agar bisa meraih kecenderungan kepuasan pada setiap pelanggan yang membeli produk Anda.
Faktor Apa Saja yang Mendukung Tercapainya Kepuasan Pelanggan?
Jika dilihat dari perspektif pelanggan, ada beberapa hal yang dapat mendukung tercapainya kepuasan. Meski seperti yang disebutkan di poin sebelumnya, kepuasan adalah subjektif, namun ada beberapa faktor yang menjadi kecenderungan umum dari pelanggan dalam mencapai titik ini.
Beberapa faktor tersebut antara lain:
1. Kualitas Produk yang Dimiliki
Jelas yang pertama adalah kualitas produk yang didapatkan oleh pelanggan. Kualitas produk akan jadi faktor fundamental, karena ini yang akan jadi bukti otentik dari pengalaman yang diperoleh pelanggan Anda saat menggunakan atau menikmati produk Anda.
2. Kualitas Layanan Pelanggan
Setelah kualitas produk, hal berikutnya yang mendukung tercapainya kepuasan pelanggan adalah terkait dengan layanan pelanggan. Semakin baik pelayanan pelanggan yang diterima oleh pelanggan Anda, maka semakin baik juga citra perusahaan dan produk. Ingat, layanan pelanggan akan jadi representasi bisnis Anda selain produk, jadi pastikan lini ini memiliki staf yang berkualitas dan kredibel dalam hal pelayanan pelanggan.
3. Aksesibilitas Produk
Di pasaran, tak sedikit produk yang sulit didapatkan tapi tetap memiliki value tinggi. Namun ini dicapai dengan proses yang panjang. Untuk menunjang kepuasan pelanggan, Anda wajib memastikan aksesibilitas produk mudah, sehingga effort yang dilakukan pelanggan bisa lebih kecil, dalam hal kemudahan menemukan produk.
4. Komunikasi yang Baik di Segala Lini
Mulai dari komunikasi pemasaran yang dilakukan, komunikasi secara langsung oleh layanan pelanggan baik ketika pembelian atau purna jual, atau komunikasi di setiap lini yang berhubungan dengan pelanggan, wajib dipastikan selalu efektif, berkualitas, dan membuat pelanggan nyaman. Anda, sebagai bisnis dan sebuah brand, harus jadi pihak yang solutif untuk masalah yang dihadapi pelanggan terkait produk atau layanan yang mereka dapatkan.
5. Harga Produk
Well sebenarnya harga produk ini bukan faktor yang sangat besar, namun tetap signifikan pada keseluruhan konsep kepuasan pelanggan. Harga yang dimaksud bukan harga yang murah, namun harga yang sepadan dengan kualitas produk, namun tetap menggoda pelanggan untuk terus melakukan pembelian. Strategi penetapan harga ini harus dilakukan dengan cermat, sehingga bisa memberikan keuntungan untuk perusahaan, dan pelanggan.
Terakhir, Terkait Indikator Kepuasan Pelanggan
Banyak sekali dibahas mengenai indikator kepuasan pelanggan yang bisa jadi tolak ukur bagaimana performa produk di pasaran. Namun beberapa yang mungkin paling relevan, adalah sebagai berikut.
Melakukan survey, memang memerlukan effort yang cukup besar, namun survey dan kuesioner bisa jadi salah satu cara mengukur kepuasan pelanggan secara langsung terkait produk yang Anda miliki.
Pembelian berulang, melakukan pembelian berulang bisa jadi salah satu indikator kuat bahwa pelanggan puas dengan apa yang mereka dapatkan dari produk atau layanan Anda.
Tanggapan pelanggan secara langsung, kini dengan kecanggihan teknologi, produk Anda juga bisa dijual secara online. Di sana bisa dilihat tanggapan dan rating yang diberikan pelanggan. Semakin tinggi tanggapan positif dan rating-nya, maka idealnya menjadi tanda pelanggan merasa puas atas produk yang diperoleh.
Loyalitas pelanggan, pelanggan yang loyal bukan hanya selalu membeli produk yang Anda luncurkan, namun memberikan masukan agar produk dapat diperbaiki. Masukan dan saran serta kritik ini juga bisa jadi tanda bahwa pelanggan sebenarnya puas, namun memiliki tuntutan lain yang ingin diperoleh dari produk. Artinya, ada ekspektasi yang tinggi pada produk yang digunakannya.
Membahas kepuasan pelanggan memang bukan hal yang mudah. Begitu kompleks dan faktor subjektivitas dalam konsep ini akan jadi tantangan tersendiri bagi perusahaan, untuk dapat merumuskan strategi jitu dalam memberikan kepuasan dan di waktu yang sama juga mendapatkan keuntungan.
RUN System dengan Quality Management System yang Dimilikinya
Tentu saja, RUN System menawarkan solusi guna meningkatkan kepuasan pelanggan ini, khususnya dari sisi kontrol kualitas produk. Dengan fitur Quality Management System yang dimiliki, RUN System dapat membantu Anda melakukan QC mulai dari material masuk, diproses, hingga selesai distribusi. Ini memastikan kualitas barang pada titik yang diinginkan, hingga sampai ke tangan pelanggan setia Anda. Segera gunakan layanan RUN System, dan dapatkan banyak kemudahan dari setiap fiturnya!