Memahami Perbedaan Produk OEM, KW, KW Super, dan Original

Berbagai jenis produk beredar di pasar, dan bisa menjadi opsi yang beragam untuk pelanggan atau konsumen. Selain opsi jenis produk, ada pula opsi kualitas produk yang disediakan. Mulai dari produk asli, original equipment manufacturer atau OEM, hingga produk KW adalah tingkatan kualitas dari produk yang tersedia ini.

Dalam artikel singkat kali ini, akan coba dipaparkan perbedaan mendasar antara tingkat kualitas produk yang ditawarkan. Berbekal pengetahuan ini, diharapkan pelanggan bisa membedakan jenis tersebut dan mendapatkan barang yang sesuai dengan keinginan masing-masing.

Pengertian dan Perbedaan dari OEM, KW Super, Original, dan KW adalah sebagai Berikut

kw adalah

Sumber : freepik.com

Untuk mengetahui perbedaannya, maka terlebih dahulu simak pengertian dari masing-masing tingkatan ini. Dengan memahami poin pertama, nantinya akan dipahami terkait perbedaan mendasar antara empat tingkat tersebut.

1. Original Equipment Manufacturer atau OEM

Istilah OEM sendiri sering muncul pada berbagai produk yang ada di pasar. Seperti namanya, original equipment manufacturer merupakan barang atau produk yang diproduksi suatu perusahaan, kemudian diolah dan dijual kembali oleh perusahaan lain dengan brand berbeda.

Secara singkat produk OEM ini dapat dipahami sebagai bahan baku dari perusahaan besar atau brand besar yang mengolah beberapa komponen menjadi satu produk sendiri. Idealnya, kualitasnya sudah lolos dari tahap quality control dari perusahaan atau brand besar yang membeli barang OEM tersebut.

2. Barang KW adalah

KW sendiri berasal dari kata ‘kualitas’, yang menjadi istilah bahwa barang yang dijual adalah barang tiruan. Secara kasat mata, barang KW akan bisa dinilai bahkan tanpa harus menyentuh atau merabanya.

Hal ini karena produk KW hanya dibuat mirip atau menyerupai produk aslinya, namun secara kualitas berada jauh di bawah standar. Tentu, harga yang ditawarkan jauh lebih rendah daripada produk asli sehingga produk KW adalah termasuk produk palsu.

3. Bagaimana dengan KW Super?

Terdapat Istilah selain KW, yakni KW Super. Untuk produk dengan kategori ini, memiliki tampilan yang benar-benar mirip dengan produk aslinya. Secara visual, produk dengan kategori KW Super merupakan imitasi atau tiruan yang sulit dibedakan jika hanya dengan dilihat.

Meski demikian, penilaian kualitas bisa dilakukan dengan mencoba, menggunakan, atau meraba produk tersebut. Akan terasa perbedaan yang cukup signifikan di sisi kualitas produk dan bahan, sehingga pelanggan atau konsumen bisa mengenalinya.

Terkait harga, barang kategori KW Super tetap akan berada jauh  di bawah harga produk aslinya.

4. Original

Produk kualitas original atau biasa disebut dengan produk ORI memiliki kualitas yang benar-benar terjamin. Barang ini disusun dengan bahan dan proses yang sudah lolos tahap QA, sehingga menjanjikan kualitas yang benar-benar pantas untuk harganya.

Produk ORI secara umum didistribusikan melalui jalur yang resmi atau mitra bisnis dari produsen, sehingga bisa menjadi cara lain untuk mengidentifikasinya. Kualitasnya tinggi, sehingga dapat memberikan nilai sesuai dengan harga yang harus dibayar.

Pastikan Produk yang Dibeli Asli

kw adalah

Sumber : freepik.com

Sebenarnya, pemilihan kualitas produk ini akan kembali pada kebutuhan yang dimiliki oleh pelanggan. Dari sisi perusahaan atau bisnis, jelas produk asli atau ORI akan jadi rekomendasi utama. Bukan tanpa alasan, pelanggan atau konsumen justru bisa benar-benar diuntungkan dengan membeli produk ORI.

Kualitas yang terjamin, jelas karena diproduksi dengan SOP dan kualitas bahan yang berstandar tinggi, maka produk-produk asli akan memiliki kualitas yang terjamin. Apa yang dibayar bisa benar-benar didapatkan secara sepadan.

Pengalaman penggunaan produk, disadari atau tidak, pengalaman penggunaan produk ORI dan imitasi akan berbeda. Pada produk KW, pengalaman adalah hal yang dikesampingkan karena hanya mengutamakan harga yang terjangkau saja. Produk asli akan menitikberatkan baiknya pengalaman pelanggan saat menggunakan produk yang dibeli.

Iklim bisnis yang sehat, alasan ketiga mengapa pelanggan sebaiknya menggunakan produk asli, adalah agar tercipta iklim bisnis yang sehat. Ketika pelanggan memilih produk asli, maka pelanggan juga berkontribusi menjaga kualitas dan produktivitas dari perusahaan atau bisnis yang menjadi produsen produk tersebut. Saat hubungan ini terjaga dengan baik, maka dapat dipastikan pelanggan juga mendapatkan suplai produk yang baik dari waktu ke waktu.

Di samping itu, hal ini juga bisa merangsang berkembangnya brand baru yang menawarkan value berbeda. Jadi alih-alih membeli produk KW, pelanggan bisa memilih produk brand lokal namun asli.

Kebanggaan pribadi, ketika menggunakan produk imitasi, baik itu KW atau KW Super sekalipun, pelanggan tidak akan mendapatkan pengalaman dan kebanggaan yang riil. Dengan menggunakan produk asli, maka ketika produk digunakan di hadapan publik pelanggan juga akan merasa bangga dan lebih percaya diri.

Sebenarnya produk KW adalah salah satu alternatif untuk pelanggan dengan segmen berbeda, namun tetap ingin merasakan pengalaman menggunakan produk aslinya. Meski demikian demi kebaikan bersama, sangat disarankan untuk menggunakan produk asli dengan kualitas yang lebih terjamin.

RUN System dengan Quality Management System

RUN System, dalam hal ini, menghadirkan solusi terbaik untuk perusahaan dalam menjaga kualitas produknya. Dengan fitur Inventory Material Management. semua bahan baku dan proses QA dapat memiliki standar jelas yang sesuai harapan, sehingga membawa kepuasan pelanggan. Maka dari itu, segera gunakan layanan ERP dari RUN System sekarang, dan berikan yang terbaik untuk pelanggan yang Anda milikI!

Bagaimana kami dapat membantu Anda?

Beri tahu kami apa yang Anda butuhkan, kami siap memberikan solusi yang tepat untuk bisnis Anda