Manajemen SDM: Pengertian, Tujuan, Fungsi, dan Manfaat

Secara umum, setiap perusahaan biasanya memiliki divisi human resources (HR). Tugasnya adalah mengelola berbagai kebutuhan yang dialami sumber daya manusia (SDM). Maka dari itu, divisi ini lebih tepatnya berfungsi untuk manajemen SDM. Hal ini perlu dilakukan agar nantinya tidak ada masalah dalam pekerjaan. 

Untuk memahami hal tersebut maka setiap perusahaan semestinya mengetahui pengertian manajemen SDM. Tidak hanya itu saja melainkan juga mengetahui tujuan, fungsi, dan manfaat dari manajemen SDM.

Pengertian Manajemen SDM

Manajemen SDM merupakan salah satu fungsi di dalam perusahaan yang mengelola kebutuhan karyawan. Manajemen ini berfokus untuk melakukan rekrutmen hingga mengarahkan orang-orang sesuai tujuan perusahaan.

Maka dari itu, di berbagai perusahaan pasti memiliki divisi yang dinamakan Human Resources (HR). Dari divisi ini akan memberikan pengarahan berupa pelatihan, pembinaan, administrasi, saran hukum hingga manajemen talenta. 

Sebenarnya, tidak hanya itu saja tugasnya melainkan juga mengembangkan perusahaan. Selain itu, juga menjaga nilai dan budaya perusahaan. Oleh karena itu, divisi HR memiliki peran yang vital dalam menjaga iklim perusahaan. 

Tujuan Manajemen SDM

Ada beberapa tujuan manajemen SDM yang perlu Anda ketahui yaitu:

  1. Memberikan iklim organisasi yang baik dan produktif.
  2. Menyiapkan sistem kerja yang efektif sehingga karyawan merasa nyaman dalam bekerja. 
  3. Meningkatkan kesejahteraan SDM baik itu secara jasmani maupun rohani.
  4. Kesempatan yang adil di antara seluruh SDM.
  5. Peningkatan kualitas dan kompetensi sumber daya manusia dengan cara melakukan pelatihan kerja. 
  6. Mempertahankan SDM yang terampil, bermotivasi, dan dapat dipercaya oleh organisasi.
  7. Memberi pendekatan humanis kepada setiap SDM atas dasar keadilan dan transparansi. 
  8. Pengelolaan SDM dengan cara melihat berbagai perbedaan kebutuhan dari setiap SDM. 

Fungsi Manajemen SDM

manajemen sdm

Setelah memahami tujuan, Anda perlu mengetahui apa saja fungsi dari manajemen SDM yaitu:

  • Pengelolaan Staf

Yang dimaksud dari pengelolaan staf adalah bagaimana SDM melakukan tiga hal yaitu: perencanaan, penataan, dan seleksi. Maka dari itu, divisi HR sangat berperan penting dalam mencari dan menentukan karyawan layak bagi perusahaan. 

  • Evaluasi Performa

Evaluasi cukup penting dilakukan oleh bagian SDM. Dengan evaluasi yang secara menyeluruh, perusahaan dapat menemukan mana performa karyawan yang perlu diperbaiki dan mana yang tidak. 

  • Kompensasi

Selain melakukan evaluasi, semestinya hadir kompensasi bagi SDM. Kompensasi yang dimaksud adalah gaji atau upah bagi karyawan. Nah, SDM juga harus memberi kepastian kepada karyawan bahwa gaji tidak akan telat. Sebab, apabila mengalami keterlambatan akan mempengaruhi psikis karyawan. 

  • Pelatihan dan Pengembangan

Hal yang cukup penting dan harus dilakukan oleh perusahaan adalah mengadakan pelatihan. Mengapa demikian? Sebab, perbaikan dan peningkatan kompetensi karyawan. Apalagi jika nantinya harus ada regenerasi karyawan. Maka dari itu, pelatihan dan pengembangan juga melihat nantinya apakah ada sarana promosi bagi karyawan atau tidak. 

  • Hubungan Antar Karyawan

Salah satu hal yang perlu dikelola oleh perusahaan khususnya divisi HR adalah menjaga relasi antar karyawan. Bagaimana tidak menghadirkan toxic relationship antarkaryawan. Cara paling sederhana adalah membangun relasi dengan pendekatan humanis. Tidak hanya antar karyawan melainkan juga kepada perusahaan. Dengan demikian, iklim kerja cenderung kondusif.

  • Keamanan dan Kesehatan

Jika perusahaan ingin membuat karyawan menjadi aman, berilah rasa nyaman kepada karyawan. Ciptakan suasana yang kondusif. Selain itu, berilah rasa aman dengan memberikan jaminan kesehatan untuk setiap karyawan. Itulah yang membuat karyawan menjadi betah dan mau terus bekerja di perusahaan Anda. 

  • Bimbingan Konseling

Tidak bisa dimungkiri bahwa setiap karyawan pasti memiliki masalah. Entah itu masalah yang tercipta dari ruang kerja ataupun keluarga. Nah, agar tidak menjalar ke kinerjanya, dan mempengaruhi kinerja seluruh karyawan, divisi HR perlu menjadi garda terdepan. Ajak bicara kemudian memetakan masalahnya. Sehingga, tercipta solusi bagi karyawan. 

Manfaat Manajemen SDM

Jika telah mengetahui apa saja dari pengertian, tujuan, dan fungsi, selanjutnya adalah manfaat. Sebenarnya, jika melihat perusahaan secara utuh, pengelolaan SDM tidak serta merta dibebankan kepada divisi HR melainkan juga kepada manajer. Mengapa demikian?

Sebab, setiap manajer pasti memiliki tim yang mengarahkan dan mengelola karyawannya. Jika ada masalah dalam tim, semestinya orang pertama yang akan melihat adalah manajer. Jika masalah belum bisa diselesaikan, nah divisi HR baru mengambil peran. 

Oleh karena itu, baik manajer maupun divisi HR harus memiliki satu kesatuan visi dan misi. Sebab, keduanya akan saling berkolaborasi untuk mengelola karyawan agar sesuai dengan tujuan perusahaan. 

Run System Menyediakan Layanan ERP Software

Sebagai penyedia layanan ERP software terbaik di Indonesia, RUN System menyediakan kemudahan bagi Anda. RUN System mampu memastikan bahwa proses produksi akan berlangsung lancar dan aman. Sehingga, mampu meningkatkan produktivitas dan biaya produksi dapat terkendali dengan baik. Daftar dan kelola sistem bisnis Anda dari sini

Bagaimana kami dapat membantu Anda?

Beri tahu kami apa yang Anda butuhkan, kami siap memberikan solusi yang tepat untuk bisnis Anda