Konsinyasi adalah Strategi Penjualan dengan Kelebihan dan Kekurangan, Ini 4 Tips Menjalankannya!

Sistem konsinyasi adalah suatu perjanjian antara dua pihak dimana salah satu pihak sebagai pemilik barang menyerahkan barangnya kepada pihak tertentu untuk menjualnya dan akan mendapatkan komisis tertentu yang sudah disepakati. Terdapat sebutan tersendiri untuk kedua nelah pihak yang melakukan konsinyasi. Pemilik barang disebut consignor, sedangkan pihak yang dititipi atau penjual barang disebut dengan consignee.

Sistem kerjasama konsinyasi produk ini seringkali dijadikan metode hemat bagi pengecer untuk mengisi toko mereka. Pemasok pun akan mendapatkan keuntungan dari barang yang terjual, sekaligus mendapatkan eksposur tanpa harus melakukan proses pemasaran.

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Konsinyasi adalah

kelebihan konsinyasi

Sumber: Unsplash.com

Kelebihan dan kekurangan melakukan penjualan secara konsinyasi terbagi menjadi dua sisi, yaitu dari sisi consignor dan dari sisi consignee. Berikut daftar singkat kelebihan dan kekurangannya agar dapat membantu Anda untuk memutuskan apakah Anda akan mencoba konsinyasi atau tetap menggunakan metode yang lebih tradisional.

1. Bagi Pengirim (Pemasok/Pemilik Produk)

Kelebihan:

  • Tidak perlu membeli atau menyewa toko ritel maupun mempekerjakan karyawan untuk menjalankan toko Anda.
  • Dapat meningkatkan brand awareness dan produk Anda kepada pelanggan baru.
  • Sebelum membeli produk Anda, pelanggan dapat melihat dan mencoba produk fisik.
  • Meski Anda baru mendirikannya atau sebagai bisnis kecil, namun memiliki peluang yang lebih besar untuk masuk ke pasar yang lebih luas dan lebih kompetitif.
  • Membangun reputasi Anda.
  • Tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk keperluan penyimpanan inventaris.
  • Mudah untuk  mengetahui mana yang laku dan tidak pada saat menguji produk baru.
  • Produk Anda akan menonjol karena berbeda dari apa yang sudah pengecer tawarkan.
  • Berpotensi menjalin hubungan jangka panjang dengan pengecer Anda.

Kekurangan:

  • Tidak akan menerima pembayaran atau memperoleh keuntungan sampai pengecer menjual produk Anda ke pelanggan.
  • Jika produk Anda tidak laku di toko, Maka Anda harus mengambil kembali dan mencari cara untuk menjualnya di tempat lain (atau tidak sama sekali).
  • Tidak setiap jenis produk cocok dengan sistem penjualan konsinyasi.
  • Bergantung dan percaya pada orang lain untuk menjual inventaris Anda.
  • Apabila produk rusak atau tidak laku, yang mana hal tersebut di luar kendali Anda, tetapi Anda bisa kehilangan uang.
  • Karena yang menanggung sebagian besar risiko dalam hubungan ini adalah Anda, pengecer mungkin tidak secara aktif menjual atau mempromosikan produk Anda.

2. Bagi Penerima Barang (Pedagang/Pengecer)

Kelebihan:

  • Tidak perlu melakukan pembayaran terhadap barang sampai Anda menjualnya.
  • Jika barang tidak terjual, Anda dapat mengembalikannya ke pemilik produk.
  • Metode ini merupakan investasi memiliki risiko dan biaya yang rendah karena Anda tidak perlu membeli inventaris di muka.
  • Dapat dengan cepat memperluas pilihan produk Anda.
  • Menghindari kehabisan stok.
  • Dengan adanya produk baru dapat menarik pelanggan baru.

Kekurangan:

  • Harus menanggung biaya penyimpanan persediaan (penyimpanan, keamanan, dll.).
  • Harus memberi ruang untuk inventaris baru.
  • Kemungkinan akan dimintai pertanggungjawaban jika produk di toko Anda rusak atau dicuri.
  • Mengelola inventaris konsinyasi secara terpisah dari inventaris reguler Anda.

Tips Terbaik dalam Kerjasama Konsinyasi

konsinyasi kerjasama

Sumber: Unsplash.com

Menjual secara konsinyasi adalah hal yang  bisa menjadi sangat rumit jika tidak dikelola dengan baik. Untuk memastikan kelebihan yang baru saja kami bahas lebih besar daripada kekurangannya, ikuti beberapa tips ini:

1. Buatlah perjanjian yang saling menguntungkan

Tips untuk mencapai keberhasilan dalam hubungan konsinyasi adalah , kedua belah pihak (pengirim dan penerima barang) harus terbuka dan jelas satu sama lain mengenai harapan mereka. Pastikan untuk memikirkan jawaban Anda setiap pertanyaan pada saat mengisi perjanjian kerja sama konsinyasi.

2. Tentukan kecocokan toko dengan produk Anda

Jika Anda seorang pemilik produk, penting untuk memilih pengecer yang cocok untuk produk Anda. Untuk meningkatkan peluang Anda untuk penjualan, cari toko konsinyasi yang menjual barang dagangan umum yang sama dengan yang Anda tawarkan.

Misalnya, jika Anda memproduksi pakaian bergaya barat, toko yang berfokus pada pakaian hip-hop tidak akan menghasilkan penjualan apa pun. Demikian pula, jika Anda menawarkan barang antik, jangan tawarkan barang Anda ke toko perabot rumah kontemporer.

3. Pastikan produk Anda ditampilkan dengan baik

Bahkan di dalam toko, Anda perlu memastikan bahwa produk Anda dilihat oleh banyak pelanggan. Produk Anda memiliki peluang lebih kecil untuk dibeli jika berada di sudut paling jauh dari toko yang hampir tidak pernah dikunjungi pelanggan. Pastikan Anda dapat mengatur penempatan produk dalam etalase toko dalam perjanjian kerjasama.

4. Kenali produk Anda dengan baik

Terakhir, pastikan Anda mengetahui secara mendalam tentang produk Anda. Periksa kualitas barang dagangan Anda, pastikan tidak ada noda atau sobekan jika Anda menjual pakaian atau retakan untuk barang porselen.

Saat Anda menyerahkan barang dagangan Anda kepada pemilik toko, tunjukkan bahwa barang Anda dalam kondisi bersih dan baik. Dengan cara ini, Anda bisa menunjukan profesionalitas Anda dalam membuat sebuah produk dan meminimalisir kesalahan yang terjadi pada barang yang Anda produksi

Sukses Menjalankan Konsinyasi dengan Sales Distribution System dari RUN System

Dengan  menggunakan RUN System Anda akan tidak hanya berpeluang untuk mengetahui  bagaimana meningkatkan penjualan Anda, tetapi juga bagaimana meningkatkan tingkat distribusi Anda, pangsa pasar, margin kontribusi, dan tentu saja bottom line atau keuntungan (EAT).

Dalam RUN System Anda akan menemukan banyak fungsi dan fitur berguna yang terintegrasi dengan modul proses bisnis lainnya.  Dengan menggunakan RUN System maka peluang konsinyasi adalah hal yang muungkin Anda miliki

Menghasilkan penawaran harga, memasukkan pesanan pelanggan, mengatur pengiriman, memperbarui tingkat stok, melaporkan saldo pelanggan saat ini, dan mengelola semua tagihan dan piutang adalah beberapa fungsi umum yang bisa Anda  dapatkan  dalam fitur Sales Distribution System dari RUN System.

Tunggu  apalagi, segeralah bergabung dengan RUN System sekarang juga. 

Bagaimana kami dapat membantu Anda?

Beri tahu kami apa yang Anda butuhkan, kami siap memberikan solusi yang tepat untuk bisnis Anda