Memahami Manajemen Sumber Daya Manusia: Pengertian, Fungsi, Tujuan, dan Manfaat

Mengelola sumber daya manusia yang dimiliki perusahaan selalu jadi tantangan, bagi siapa saja yang memiliki perusahaan. Tak sekedar melakukan upgrade seperti pada perangkat keras dan bahan mentah, elemen manusia perlu dikelola secara fleksibel, unik, namun tetap pada acuan target yang jelas. Manajemen sumber daya manusia masuk dan mengambil peranan ini.

Tentu saja, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai serba-serbi manajemen sumber daya manusia. Mulai dari pengertiannya, fungsi secara umum, tujuan, hingga manfaat kegiatan ini dalam perusahaan.

Mari kita mulai dengan bahasan pertama, pengertian manajemen perusahaan.

Apa yang Dimaksud dengan Manajemen Sumber Daya Manusia

manajemen sumber daya manusia

Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Manajemen sumber daya manusia adalah upaya perusahaan untuk mengelola sumber daya manusia yang dimiliki, dalam rangka mencapai tujuan perusahaan yang telah ditetapkan. Target perusahaan, jadi tujuan utama semua pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan.

Meski demikian, manajemen SDM kekinian tak lagi hanya berfokus pada pemenuhan target perusahaan saja, namun juga memikirkan bagaimana perkembangan dari setiap talent yang dimiliki perusahaan. Hal ini bergeser karena talent kini tak hanya berperan sebagai ‘mesin’ saja, tapi juga sebagai aset yang dimiliki perusahaan.

Orientasi pragmatis kemudian diubah jadi orientasi proses. Harapannya, semakin baik perkembangan individu talent yang dimiliki, maka semakin baik pula kinerja yang diberikan untuk perusahaan. Akhirnya, performa perusahaan bisa meningkat dari waktu ke waktu.

Bagian Kedua, Fungsi dari Manajemen SDM

manajemen sumber daya manusia

Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Ada beberapa fungsi yang bisa jadi acuan kerja manajemen sumber daya manusia secara umum.

1. Perencanaan

Fungsi ini dilakukan dalam rangka mengkaji, menelaah, dan mengamati kebutuhan SDM secara sistematis untuk memastikan jumlah karyawan dan bidang keahlian yang dibutuhkan. Analisa jabatan, pemilihan calon karyawan, pembagian kerja, masuk ke dalam fungsi ini.

2. Rekrutmen hingga Pemberhentian

Manajemen SDM juga bertanggung jawab atas proses rekrutmen hingga pada pemberhentian karyawan secara baik. Perencanaan rekrutmen, pemilihan kandidat, onboarding, hingga pada saatnya nanti kerjasama harus diakhiri, semua wajib dengan proses yang sesuai dengan ketentuan hukum.

3. Fungsi Pengupahan

Perencanaan, penghitungan, pembayaran, dan komplain terkait pengupahan, jadi fungsi selanjutnya yang dimiliki manajemen SDM. Semua juga wajib diberikan sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati dalam kontrak atau kesepakatan kerja, terkait lembur, potongan, tunjangan, hingga ke tambahan atau insentif tertentu.

4. Penilaian Kinerja dan Pengembangan Karier

Melakukan penilaian kinerja secara berkala berguna untuk mengetahui sejauh mana kemampuan karyawan sudah berkembang. Di waktu yang sama, disediakan pula kesempatan jenjang karir untuk karyawan yang sudah memenuhi kualifikasi, sehingga karyawan bisa memiliki motivasi dalam meningkatkan kemampuannya.

5. Pelatihan dan Pengembangan Kemampuan

Manajemen sumber daya manusia juga berfungsi dalam rangka memberikan pelatihan serta pengembangan kemampuan dari talent yang dimiliki. Talent adalah aset, mindset seperti ini akan membuat talent sebagai investasi hidup yang dapat memberikan ROI yang diharapkan ketika diberikan cukup effort dalam pengembangannya.

6. Keselamatan Kerja

Tak hanya menyoal kesejahteraan dan peningkatan performa, manajemen SDM juga wajib berfokus pada keselamatan dan kesehatan kerja dalam rangka menjaga hajat hidup setiap talent yang ada. Perancangan manajemen resiko, program motivasi, strategi konflik, serta memperhatikan keselamatan kerja di dalam atau di luar perusahaan.

7. Pengelolaan Hubungan Kerja

Mengelola hubungan kerja dengan setiap elemen yang ada di perusahaan, menghormati hak antar talent atau pegawai, menetapkan prosedur keluhan dan masukan dapat disampaikan, hingga penelitian pada manajemen SDM yang baik. Fungsi ini dijalankan dengan sebaik-baiknya dengan mempertimbangkan hak talent yang dimiliki perusahaan.

Dengan Semua Fungsi Ini, Apa Tujuannya?

manajemen sumber daya manusia

Dengan ketujuh fungsi yang disebutkan di atas, tujuan dari manajemen SDM ini sebenarnya sudah cukup jelas.

  • Mengembangkan sistem kerja yang dimiliki perusahaan hingga ke titik paling optimal
  • Mengembangkan praktek manajemen berkomitmen, yang memandang talent sebagai stakeholder dalam perusahaan
  • Memastikan ketersediaan kesempatan yang setara untuk semua orang
  • Memastikan hak talent selalu dihargai dan didapatkan sesuai dengan prosedur
  • Menciptakan iklim kerja yang efisien, produktif untuk semua orang, dan mendukung perkembangan individu setiap talent

Tujuan ini bisa dicapai selama praktek manajemen sumber daya manusia yang dilakukan bisa efisien dan efektif, sesuai dengan keperluan perusahaan dengan mempertimbangkan hak-hak dan kesempatan bagi talent yang dimilikinya.

Manfaat Penerapan Manajemen SDM secara Praktis

manajemen sumber daya manusia

Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Dengan penerapan secara cermat, tak hanya perusahaan yang mendapat manfaat dari manajemen SDM, namun juga karyawan secara langsung. Manfaat yang bisa didapatkan, dilihat dari kedua sisi, bisa Anda simak dalam poin singkat ini :

  • Optimalisasi SDM yang dimiliki
  • Peningkatan produktivitas dan disertai kepuasan kerja
  • Memetakan kebutuhan talent di setiap bagian yang sudah dan akan dimiliki
  • Data lengkap terkait informasi ketenagakerjaan
  • Penelitian untuk perencanaan di masa yang akan datang

Manajemen sumber daya manusia memang bersifat krusial, karena mengelola elemen hidup dari perusahaan atau bisnis secara langsung. Tanpanya, perusahaan bisa menghabiskan banyak sekali anggaran hanya untuk menemukan dan memanfaatkan talenta yang diperlukan.

RUN System, Membantu Upaya Manajemen SDM

Menjadi salah satu fitur dalam sistem ERP yang ditawarkan RUN System, Human Capital Management System adalah jawaban atas kebutuhan perusahaan Anda atas integrasi informasi. Mulai tahap perencanaan hingga evaluasi, semua bisa dilakukan lebih mudah, cepat, dan praktis dengan layanan dari RUN System.

Bagaimana kami dapat membantu Anda?

Beri tahu kami apa yang Anda butuhkan, kami siap memberikan solusi yang tepat untuk bisnis Anda