Pernahkah Anda berpikir seberapa besar peran sales management di dalam aktivitas pemasaran sebuah perusahaan? Nyatanya, peran strategis sales management cukup krusial, sehingga tak heran jika pekerjaan atau posisi ini diisi oleh orang-orang yang memiliki kemampuan manajerial dan pemasaran yang baik.
Sales management sendiri dapat dipahami sebagai sebuah proses penyusunan dan pengelolaan tim sales, agar dapat bekerja dengan optimal meraih target yang telah ditentukan. Banyak strategi kemudian diterapkan agar setiap staf yang ada di bagian sales dapat memberikan kinerja terbaiknya.
Baca Juga: 9 Manfaat Cost Analysis yang Penting Diketahui Perusahaan
Fungsi Keberadaan Sales Management dalam Perusahaan
Setidaknya terdapat empat fungsi utama yang akan dijalankan oleh sales management di dalam aktivitas perusahaan. Keempat poin tersebut adalah penetapan target, planning, implementasi, dan evaluasi. Penjelasan masing-masing poin tersebut adalah sebagai berikut.
1. Penetapan Target Pemasaran
Sales management berfungsi untuk melakukan penetapan tujuan dan target pemasaran dalam periode waktu yang sudah diatur sebelumnya. Penetapan ini dilakukan secara strategis dan mempertimbangkan keadaan bisnis, sehingga tetap memenuhi prinsip penetapan yang realistis.
Banyak data yang diperlukan dalam rangka penetapan target pemasaran. Mulai dari capaian di periode sebelumnya, target keuntungan dan awareness pasar pada produk, hingga target-target lain yang ingin dicapai bisnis Anda dalam periode waktu ini.
2. Melakukan Perencanaan
Setelah ditetapkan tujuan dan target pemasaran pada periode ini, selanjutnya fungsi dari bagian tersebut adalah untuk melakukan perencanaan, penganggaran, dan pengaturan secara bersamaan seluruh aktivitas untuk mencapai target tersebut.
Akan dipaparkan beberapa jenis strategi yang dapat digunakan dengan berbagai media dan pesan yang ingin disampaikan. Kemudian perusahaan harus mempertimbangkan usulan ini, dan memberikan rekomendasi untuk penentuan strategi mana yang akan digunakan.
Pada proses ini peran strategis sales management adalah untuk memastikan aspek mendasar seperti penggunaan sumber daya, saluran distribusi, serta program yang dijalankan dapat dipetakan dan dirinci dengan detail. Hal ini agar perusahaan memiliki roadmap yang jelas tentang aktivitas pemasaran untuk menuju target yang dimiliki.
3. Penerapan Strategi Pemasaran
Fungsi ketiga dari manajemen pemasaran adalah membantu memastikan setiap strategi yang telah dipilih berjalan dengan baik dan sesuai dengan rencana awal. Tentu saja, implementasi ini akan berarti luas, tidak sekedar pada teknis pemasaran saja.
Upaya implementasi strategi juga dapat dilakukan dengan rekrutmen talent baru yang dibutuhkan, memberikan materi dan pelatihan, serta memberikan reward pada capaian milestone yang berhasil didapatkan oleh tim pemasaran.
Bersamaan dengan proses implementasi bagian ini juga akan melaksanakan fungsi keempat, yakni fungsi kontrol dan evaluasi.
4. Fungsi Kontrol dan Evaluasi
Terakhir, manajemen pemasaran juga akan membantu banyak manajer lain di dalam bisnis untuk mengelola dan melakukan evaluasi program yang sedang berjalan. Cara mudah melakukannya adalah dengan membandingkan capaian tim saat ini dengan rencana yang telah dibuat di awal periode.
Ketika masing-masing staf dan bagian telah menjalankan tugasnya dengan baik, idealnya target capaian akan diperoleh. Sebaliknya ketika target capaian periodik tidak dapat diraih maka akan diadakan evaluasi untuk mencari letak permasalahan, dan segera memperbaikinya agar kinerja tim pemasaran dapat kembali optimal.
Peran Strategis Sales Management dalam Bisnis
Berbicara mengenai peran strategisnya di dalam perusahaan, tentu tidak akan jauh dari beberapa fungsi yang disebutkan di atas. Aktivitas manajemen pemasaran ini harus dilakukan oleh orang yang paham benar bagaimana timnya bekerja, sehingga dapat memaksimalkan semua potensi yang dimiliki untuk mencapai target perusahaan.
Jika dijabarkan, akan muncul setidaknya tujuh peran strategis seorang sales manager dalam aktivitas ini.
1. Membangun Komunikasi yang Jelas
Sales management yang dilaksanakan oleh seorang manajer pemasaran harus dapat membangun sebuah pola komunikasi yang efektif, sehingga setiap arahan dan rencana yang dimiliki dapat dipahami setiap staf yang ada di divisi ini. Dengan demikian muncul sebuah prosedur kerja yang jelas, akurat, dan dapat diikuti tanpa berisiko adanya ambiguitas.
2. Membagi Tanggung Jawab dan Tugas
Setiap bagian memiliki tugas dan tanggung jawabnya masing-masing, dan menjadi peran seorang marketing manager untuk dapat membagikannya dengan jelas. Berikan tugas secara spesifik untuk masing-masing staf, dan berikan target yang tampak oleh mereka. Pastikan setiap orang melaksanakan tugas sesuai dengan arahan, dan lihat bagaimana tim Anda bekerja dengan optimal.
3. Jelas, Melaksanakan Pekerjaannya
Melaksanakan tugas sebagai seorang manajer pemasaran jelas tetap menjadi yang utama. Menjalankan peran sebagai pemimpin tim hendaknya dilakukan dengan memberikan contoh, dan berani bertanggung jawab atas apa yang dilakukan oleh timnya. Di waktu yang bersamaan Anda juga tetap harus melaksanakan pekerjaan dan fungsi lain sebagai bagian dari tim pemasaran ini.
4. Memiliki Visi Jangka Panjang
Peran strategis marketing management dalam perusahaan adalah untuk melakukan perkiraan pada target yang akan datang. Forecasting ini dilakukan dengan menggunakan data yang telah dimiliki, dan proyeksi pada target dan capaian di periode berikutnya. Tentu, kemampuan analisis yang handal diperlukan agar dapat membuat perkiraan yang akurat dan mendekati kondisi riilnya.
5. Menjadi Mentor Tim Pemasaran
Karena pada dasarnya tim adalah sebuah unit kerja terpadu, maka Anda juga wajib menjalankan peran sebagai mentor untuk dapat melatih anggota tim dalam memperoleh kemampuan dan meningkatkan skill yang dimilikinya. Jangan salah, peningkatan kualitas staf pemasaran akan berdampak positif pada kapabilitas kerja tim ini, sehingga idealnya terus dilakukan dari waktu ke waktu.
6. Menanggung Beban Berat sebagai Pimpinan
Peran strategis selanjutnya adalah untuk menanggung beban tanggung jawab sebagai pimpinan tim, yang harus berani mengambil risiko serta memasang badan untuk anggota tim ketika terjadi permasalahan terkait strategi pemasaran. Bekerja di bawah tekanan menjadi hal yang mutlak untuk seorang pimpinan, karena tensi kerja yang dapat dipastikan selalu tinggi dan intens.
Baca Juga: Memahami Material Requirement Planning, Cermati di Sini!
Optimasi setiap peran strategis sales management ini tentu dapat dimaksimalkan dengan penggunaan modul pemasaran handal, yang dimiliki oleh RUN System. Dengan Sales & Distribution Management, fungsi kerja manajer pemasaran dapat ditingkatkan, dan membantu kinerja bagian pemasaran akan semakin baik dari waktu ke waktu. Segera gunakan RUN System di perusahaan Anda, dan maksimalkan setiap fitur dan modul yang ada di dalamnya!