7 Macam Promo Akhir Tahun dan Tips Meningkatkan Penjualan

Setiap perusahaan biasanya akan membuat promo yang sensasional menjelang akhir tahun. Promo tersebut bisa bermacam-macam seperti diskon besar-besaran, clearance sale, atau potongan harga yang berlebihan. Promo seperti ini akan diserbu oleh konsumen, baik itu konsumen lama maupun baru. Maka dari itu, penting bagi perusahaan untuk menerapkan promo akhir tahun sebagai salah satu strategi menarik minat konsumen. 

Promo akhir tahun biasanya diberlakukan menjelang bulan Desember. Namun, untuk menjangkau konsumen lebih banyak dan luas, perusahaan bisa saja menerapkan promo tersebut pada pertengahan November. Apalagi dengan persaingan bisnis yang ketat, promosi pun harus lebih gencar. 

Untuk mengenal lebih dalam tentang promo akhir tahun, berikut ini adalah artikel mengenai macam-macam, dan tips melakukan promo akhir tahun untuk meningkatkan penjualan.

Macam-Macam Promo Akhir Tahun

promo akhir tahun

Sumber: freepik.com

Ada tujuh macam tentang promo akhir tahun yang sebaiknya bisa perusahaan Anda pilih dan terapkan untuk memperoleh peningkatan konsumen yaitu:

  • Promo Natal dan Tahun Baru

Ini bukanlah sesuatu yang baru dalam dunia bisnis. Hampir setiap akhir tahun, bisnis apa pun pasti akan melakukan promo natal dan tahun baru. Promo ini pasti ditunggu konsumen karena perusahaan biasanya memberikan harga khusus dan melepaskan stok-stok lama dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Promo ini akan memberikan kesan kepada konsumen bahwa perusahaan ingin berbagi kebahagiaan bersama konsumen.

  • Promo Bundling

Salah satu promo yang cukup efektif dan mampu menghadirkan keuntungan luar biasa adalah bundling. Sebagai contoh sebuah toko online memberikan harga khusus bagi konsumen yang ingin membeli paket komputer. Konsumen akan mendapatkan komputer satu set ditambah monitor dan papan ketik dengan harga terbaik. Promo ini bisa menjadi pedoman ketika menjelang akhir tahun. 

  • Promo Beli 1 Gratis 1

Tidak bisa dimungkiri bahwa promo yang satu ini cukup menghadirkan kesan menarik bagi konsumen. Kesan itu adalah konsumen cukup membayar satu produk namun akan mendapatkan tambahan produk lain. Perusahaan biasanya akan memberikan produk tambahan berupa produk sejenis atau produk dengan harga di bawah produk utama. 

  • Promo Flash Sale

Ingin menghadirkan produk saat tanggal cantik? Ikutilah promo flash sale. Saat ini, hampir seluruh marketplace menghadirkan promo flash sale untuk menarik minat konsumen. Produk yang akan ditawarkan bisa bermacam-macam. Namun, yang perlu Anda ketahui, promo flash sale biasanya hanya memberikan produk dengan jumlah terbatas sehingga terjadi kompetisi antar konsumen untuk mendapatkannya. 

  • Promo Potongan Harga

Ada promo yang memang menghadirkan potongan harga cukup menggiurkan. Sebagai contoh sebuah perusahaan memberikan potongan harga sebesar 35% untuk produk tertentu dengan minimum pembelian Rp350.000. Namun, bisa juga potongan harga seperti 30% + 20%. Potongan harga seperti inilah yang menghadirkan rasa penasaran bagi konsumen sehingga mereka tertarik untuk bertransaksi. 

  • Kolaborasi dengan Influencer

Salah satu contoh promosi kekinian adalah kolaborasi dengan influencer. Ini tergantung pada platform mana yang akan digunakan. Ada banyak platform khususnya media sosial yang menghadirkan ragam influencer mulai dari Twitter, Instagram, hingga TikTok. Jumlah follower dan engagement menjadi nilai penting sebelum perusahaan menjalin kolaborasi dengan mereka. 

  • Memberikan Contoh Gratis

Pernahkah Anda melihat iklan promo berupa “coba satu bulan pertama” atau free trial untuk pengguna baru? Promo tersebut ingin membuktikan kepada konsumen bahwa kehadiran perusahaan atau toko online itu benar-benar memberikan pelayanan terbaik. Konsep promo seperti ini sekarang jamak dilakukan karena mampu menarik konsumen dengan angka cukup baik. 

Tips Meningkatkan Penjualan

Setelah melakukan promo maka yang perlu Anda perhatikan adalah bagaimana caranya meningkatkan penjualan. Di bawah ini adalah tips yang mampu membantu perusahaan Anda untuk mendapatkan keuntungan lebih baik.

  1. Mengetahui kebutuhan konsumen dengan baik.
  2. Mengatur jadwal promo dengan teratur. 
  3. Mengatur syarat dan ketentuan promo secara akurat.
  4. Memiliki tujuan yang detail dan rinci terkait promo tersebut. 
  5. Memberikan informasi kepada konsumen terkait saluran untuk menyampaikan promo.

Promo akhir tahun menjadi penting karena ditunggu banyak konsumen. Maka dari itu, persiapkan segala persyaratan dengan baik sehingga konsumen mudah untuk melakukan transaksi. 

Itulah berbagai hal tentang promo akhir tahun yang sebaiknya perusahaan jalankan. Agar bisnis dapat berkembang, gunakan ERP software untuk pengelolaan keuangan yang lebih baik. 

Run System sebagai Penyedia Layanan ERP Software

Sebagai penyedia layanan ERP software di Indonesia, RUN System memberikan kemudahan bisnis bagi Anda. RUN System mampu memastikan bahwa proses produksi akan berlangsung lancar dan aman. Sehingga, mampu meningkatkan produktivitas dan biaya produksi dapat terkendali dengan baik. Daftar dan kelola sistem bisnis Anda dari sini.

Bagaimana kami dapat membantu Anda?

Beri tahu kami apa yang Anda butuhkan, kami siap memberikan solusi yang tepat untuk bisnis Anda