Gelar RUPST, RUN System Umumkan Peluncuran RAIN, Solusi AI

Yogyakarta, 26 Juni 2024 – PT Global Sukses Solusi Tbk (RUN System – RUNS), perusahaan penyedia solusi unggulan Enterprise Resource Planning (ERP) dan Software as a Service (SaaS), telah menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Yogyakarta. Dalam RUPST ini, RUNS melaporkan penggunaan dana hasil IPO yang sudah terrealisasi 98,5% dengan sisa 649 juta, dan memutuskan segenap Mata Acara yang termasuk persetujuan dan pengesahan Laporan Tahunan Perseroan Tahun 2023.

Kondisi Umum 2023 dan Kinerja Keuangan RUNS

Di tahun 2023, RUNS mencatatkan kinerja keuangan yang solid dengan Pendapatan Rp 27,7 Miliar, EBITDA Rp 6,2 Miliar, dan Net Income Rp -4,8 Miliar. Penguatan Direct Sales RUNS dan penurunan signifikan pada HPP (Harga Pokok Penjualan) menjadi faktor utama di balik kenaikan EBITDA.

Total Aset RUNS di tahun 2023 mencapai Rp 96,4 Miliar, naik dari Rp 87,1 Miliar di tahun sebelumnya. Debt To Equity Ratio RUNS sebesar 0,3 menunjukkan ruang gerak yang masih luas untuk ekspansi.

RUNS juga menonjol dengan Gross Profit Margin (GPM) #1 di antara 35 emiten teknologi. Hal ini dikarenakan RUNS sebagai principal vendor dengan produk yang dipasarkan tidak bergantung pada perusahaan lain.

Action Plan 2024: Menuju Pertumbuhan yang Lebih Kuat

Untuk mencapai target usaha di tahun 2024, RUNS mencanangkan 3 inisiatif strategis:

  • Lean Organization: Memperampingkan struktur organisasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas.
  • Cost Cutting: Melakukan penghematan biaya di berbagai lini untuk meningkatkan profitabilitas.
  • Gen-AI dan Tech Expansion: Memanfaatkan teknologi Generative AI (Gen-AI) dan memperluas portofolio teknologi untuk meningkatkan daya saing.

Ketiga inisiatif ini ditargetkan dapat mengurangi OPEX hingga 30%. Selain itu, RUN System juga mengumumkan serangkaian terobosan bisnis untuk ekspansi, antara lain:

  • Ekspansi produk dengan Meluncurkan solusi EPP (Enterprise Productivity Platform) berbasis Low Code yang terbukti meningkatkan produktivitas bisnis dan menurunkan biaya transformasi digital.
  • Membangun marketplace untuk penjualan aplikasi yang tercipta di atas Low Code Application Platform.
  • Memperluas pasar ke sektor Pemerintahan, termasuk Bank Tanah dan Otorita IKN (Ibu Kota Nusantara).
  • Meluncurkan RAIN, solusi AI yang membantu perusahaan dan organisasi memanfaatkan Gen-AI secara nyata.

RUN System optimis dengan prospek bisnisnya di tahun 2024 dan seterusnya. Dengan kombinasi strategi yang tepat, inovasi berkelanjutan, dan komitmen untuk memberikan solusi terbaik kepada pelanggan, RUN System yakin dapat mencapai pertumbuhan yang lebih kuat dan berkontribusi pada kemajuan bisnis dan bangsa.

Baca juga: https://runsystem.id/id/blog/run-system-google-searce-workshop-ai/

 

RUN System AI

RUN System

Bagaimana kami dapat membantu Anda?

Beri tahu kami apa yang Anda butuhkan, kami siap memberikan solusi yang tepat untuk bisnis Anda