5 Contoh Strategi Promosi yang Tepat dan Efektif di Bisnis

Sebuah bisnis tidak akan berjalan tanpa memiliki konsep yang matang. Mulai dari perencanaan produksi, biaya produksi, hingga strategi promosi. Jika konsep matang, akan mudah bagi perusahaan untuk memberikan informasi kepada calon pelanggan. Untuk promosi pasti membutuhkan strategi yang tepat dan efektif. 

Lalu, bagaimana cara merancang strategi promosi yang tepat dan efektif? Artikel di bawah ini akan menjelaskan kebutuhan strategi promosi yang Anda perlukan. 

Strategi Promosi Itu Penting

Strategi promosi sangat penting dilakukan dalam bisnis. Sebab, tanpa promosi, produk bisnis, baik barang maupun jasa, tidak akan tersampaikan ke konsumen. Oleh karena itu, strategi tersebut harus dilakukan demi menaikkan keuntungan bagi perusahaan. 

Dalam menjalankan bisnis, mencanangkan dan merumuskan strategi bukanlah sesuatu yang mudah. Strategi harus diukur agar pesannya benar-benar masuk ke konsumen. Strategi tersebut bukanlah hanya mencari keuntungan berupa materi melainkan juga menaikkan brand image dan brand engagement.

Selain itu, bisnis yang baik bukan hanya omzet tetapi juga konsumen mampu mengingat brand bisnis Anda. Hal ini penting demi kelangsungan bisnis yang lebih baik. Bahkan, yang baik adalah bisnis bisa berpindah dari satu generasi ke generasi yang lain. 

5 Strategi Promosi yang Tepat dan Efektif

strategi promosi

Ada beberapa strategi promosi yang perlu Anda ketahui di antaranya adalah:

     1. Tahu Target Pasar

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengetahui target pasar. Siapa yang menjadi sasaran produk Anda. Sebab, ini panduan untuk merumuskan strategi promosi ke depannya. 

Untuk melakukan pengenalan target pasar dapat melalui riset terlebih dahulu. Riset dapat berdasarkan keinginan atau kebutuhan target pasar. Jika sudah mengetahuinya, mudah bagi Anda untuk membuat produk. 

Anda pun bisa menganalisa apa saja kelebihan dan kekurangan produk. Target pasar bisa diberikan contoh lalu menilai sehingga menjadi dasar evaluasi bagi produk bisnis. Akhirnya Anda bisa benar-benar paham apa yang semestinya dibutuhkan konsumen. Mulai dari harga, spesifikasi produk hingga sistem pembayaran. 

     2. Satukan Tujuan

Langkah ini idealnya dilakukan sebelum merancang strategi promosi. Sebab, Anda perlu memahami tujuan dari promosi yang semestinya dilakukan. Ada banyak tujuan yang bisa Anda lakukan dan di antaranya seperti:

  • Menciptakan tanggapan yang baik dari konsumen
  • Meningkatkan kualitas produk 
  • Meningkatkan persaingan produk dengan kompetitor
  • Menghasilkan keuntungan yang maksimal

Jika mampu memahami tujuan dari bisnis, akan sangat mudah bagi Anda untuk melaksanakan strategi promosi. 

     3. Gunakan Media Sosial

Tidak bisa dimungkiri bahwa salah satu strategi promosi yang bisa dilakukan oleh Anda adalah pemanfaatan media sosial. Ada banyak media sosial yang tersebar pada masa kini. Mulai dari Instagram, Facebook, Twitter hingga TikTok. 

Akan tetapi, untuk menggunakannya dengan maksimal, Anda perlu tahu tips bagaimana memanfaatkan media sosial sehingga menjadi strategi promosi. 

  • Waktu Unggahan

Satu hal yang perlu Anda ketahui adalah waktu mengunggah konten. Pastikan unggahan Anda saat prime time. Seperti saat hendak kerja, jam makan siang, pulang kerja, menjelang istirahat malam. 

Jika bisnis menggunakan media sosial Instagram, dan hendak live streaming, perhatikan pula waktunya. Pastikan waktu yang sekiranya masyarakat memakai media sosial. Dengan begitu mudah bagi Anda melakukan promosi.

  • Konten yang Menarik

Jika Anda sudah menentukan kapan waktu yang tepat untuk mengunggah konten, yang Anda perlukan selanjutnya adalah penanganan konten. Apa konten yang sebaiknya ditampilkan di media sosial, misal, Instagram. 

Ada beberapa contoh konten yang bisa Anda gunakan seperti foto, photostory, video, reels, atau memaksimalkan caption. Setiap konten juga bergantung dengan produk yang hendak dipasarkan. 

  • Fungsikan Caption

Seperti yang telah dijelaskan di atas, caption sangat baik untuk menarik engagement. Bahkan, bisa digunakan untuk promosi penjualan. Maka dari itu, tidak heran apabila ada jasa yang menawarkan pembuatan caption di Instagram

     4. Kerja sama dengan Influencer

Ada banyak strategi promosi yang bisa Anda lakukan demi menarik perhatian konsumen. Salah satunya dengan memaksimalkan pemanfaatan influencer

Tidak bisa dimungkiri bahwa influencer mampu mendongkrak penjualan. Namun, perlu diingat bahwa Anda harus benar-benar jeli dalam memilih influencer. Cari influencer yang sesuai dengan kebutuhan bisnis. 

     5. Beri Potongan Harga

Satu contoh strategi promosi yang mampu menarik perhatian konsumen adalah potongan harga. Siapa yang tidak tergiur bila melihat produk dengan potongan harga 50%?

Maka sudah pasti, konsumen akan berbondong-bondong menyerbu produk bisnis Anda. Ini bekal baik bagi bisnis Anda dan bisa diterapkan setiap peluncuran produk baru.

Dari penjelasan di atas, Anda mendapatkan pengetahuan mengenai pengertian, pentingnya strategi promosi, dan lima contohnya. Jika memahami semuanya, Anda siap untuk berbisnis dan fungsikan erp software untuk mengelola bisnis. 

Run System sebagai Penyedia Layanan ERP Software

Sebagai penyedia layanan ERP software terbaik di Indonesia, RUN System menyediakan kemudahan bagi Anda. RUN System mampu memastikan bahwa proses produksi akan berlangsung lancar dan aman. Sehingga, mampu meningkatkan produktivitas dan biaya produksi dapat terkendali dengan baik. Daftar dan kelola sistem bisnis Anda dari sini

Bagaimana kami dapat membantu Anda?

Beri tahu kami apa yang Anda butuhkan, kami siap memberikan solusi yang tepat untuk bisnis Anda