5 tips Memilih Software ERP Indonesia yang Terbaik

Software ERP telah menjadi kebutuhan perusahaan masa kini. Pelayanan yang cepat dan pengelolaan yang mudah menjadi dua alasan mengapa perusahaan memilih untuk menggunakan software ERP. Namun, adakah 5 tips memilih software ERP Indonesia yang terbaik?

Pertanyaan itu memang tidak bisa dijawab dengan mudah. Namun, bukan berarti tidak ada jawaban, ya. Hingga saat ini, ada beberapa software ERP yang telah menjadi acuan sekaligus panduan perusahaan. Namun, untuk lebih lengkapnya, perusahaan perlu mengetahui 5 tips memilih software ERP Indonesia yang terbaik. Selengkapnya hanya di RUN System. 

5 tips memilih software ERP Indonesia yang terbaik

Sumber: pinterest.com

Tips Memilih Software ERP Indonesia Terbaik

Memilih perangkat lunak Enterprise Resource Planning (ERP) adalah keputusan penting untuk bisnis Anda, karena ERP akan memengaruhi hampir setiap aspek operasional Anda. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda memilih software ERP yang tepat:

1. Tentukan Kebutuhan Bisnis Perusahaan

Hal pertama yang biasa Anda lakukan adalah analisis menyeluruh terhadap proses bisnis Anda. Identifikasi area mana yang perlu ditingkatkan atau dioptimalkan. Libatkan pemangku kepentingan dalam perusahaan Anda untuk memahami kebutuhan sebenarnya.

2. Buat Daftar Fitur yang Diperlukan

Buat daftar fitur dan fungsi yang harus ada dalam ERP Anda. Misalnya, manajemen persediaan, akuntansi, produksi, sumber daya manusia, dll.

3. Sesuaikan dengan Skala Bisnis Perusahaan

Pastikan ERP dapat disesuaikan dengan skala bisnis Anda saat ini dan masa depan. Pertimbangkan pertumbuhan yang mungkin terjadi.

4. Evaluasi Ketersediaan dan Keterlibatan Vendor

Tinjau rekam jejak dan reputasi vendor ERP yang Anda pertimbangkan. Pastikan vendor memiliki dukungan teknis yang baik dan pembaruan rutin.

5. Pertimbangkan Ketersediaan Integrasi

Pastikan ERP dapat diintegrasikan dengan perangkat lunak dan sistem yang Anda gunakan saat ini.

6. Pilih Solusi yang User-Friendly dan Antarmuka yang Ramah

Antarmuka pengguna yang ramah dan mudah digunakan akan membantu penggunaan yang lebih efektif.

7. Pertimbangkan Kemampuan Mobilitas

Periksa apakah ERP mendukung akses dari perangkat mobile. Ini dapat meningkatkan produktivitas staf yang bekerja secara mobile.

contoh aplikasi ERP

8. Pertimbangkan Keamanan

Keamanan data adalah prioritas. Pastikan ERP memiliki fitur keamanan yang kuat dan pemulihan data yang andal. Jangan sampai terjadi pencurian data sehingga membuat citra perusahaan runtuh.

9. Cari Referensi dan Tinjauan

Baca ulasan dan kisah sukses dari pengguna ERP lainnya. Ini dapat memberikan wawasan yang berharga.

10. Lakukan Uji Coba dan Evaluasi

Lakukan uji coba dengan versi demo atau uji coba gratis jika mungkin. Ini akan membantu Anda merasakan bagaimana ERP bekerja dalam lingkungan bisnis Anda.

11. Rencanakan Pelatihan

Pertimbangkan rencana pelatihan untuk karyawan Anda agar mereka dapat menguasai penggunaan ERP dengan baik.

12. Lakukan Analisis ROI

Hitung potensi pengembalian investasi (ROI) dari implementasi ERP untuk memastikan bahwa itu adalah keputusan yang bijak secara finansial.

Memilih software ERP adalah tugas yang rumit dan memerlukan waktu yang cukup. Pastikan untuk melibatkan tim yang kompeten dalam proses ini dan pertimbangkan dengan matang sebelum membuat keputusan akhir.

Rekomendasi Software ERP Terbaik di Indonesia

run system

Sebagai penyedia software terbaik di Indonesia, RUN System memiliki 10 modul yang membantu kebutuhan bisnis perusahaan yaitu:

  • Financial dan Cost Control Management
  • Human Resources Management
  • Procurement Management
  • Inventory Material Management
  • Sales and Distribution
  • Human Capital Management System
  • Production Planning Management
  • Project System
  • Plant Maintenance
  • Quality System
  • Human Resource Information System

Setiap produk dari RUN System mampu menghadirkan solusi komprehensif dan terbaik sehingga setiap bagian dari bisnis Anda menjadi stabil dan kuat. Oleh karena itu, ciptakan kesederhanaan dan integrasi setiap proses bisnis kepada RUN System. 

Bersama RUN System, proses bisnis akan berlangsung lebih mudah, cepat, dan hemat biaya.

Bagaimana kami dapat membantu Anda?

Beri tahu kami apa yang Anda butuhkan, kami siap memberikan solusi yang tepat untuk bisnis Anda