Dampak Penting Garansi dan Manfaatnya bagi Perusahaan

Dalam proses memberikan pelayanan pelanggan yang maksimal, perusahaan sering mewujudkannya dalam komunikasi yang baik. Lebih dari itu semua, strategi pemasaran juga bisa menjadi bentuk pelayanan yang memiliki pengaruh besar. Garansi adalah salah satu bentuk pelayanan pelanggan yang diberikan setelah proses jual beli selesai dilakukan. Sehingga manfaatnya tak perlu diragukan lagi bagi pelanggan. Namun pentingkah hal ini bagi perusahaan selain untuk manfaat pelayanan? Serta apa kaitannya dengan sales return yang dialami perusahaan? Perhatikan skema garansi dan manfaatnya bagi perusahaan berikut ini.

Baca Juga: 5 Strategi Membangun Customer Experience yang Lebih Efektif

Garansi dan Cara Kerjanya

Garansi adalah bentuk tanggung jawab perusahaan untuk memperbaiki produk yang cacat dan/atau tidak berfungsi selama periode waktu dan syarat tertentu. Tanggung jawab ini dibuktikan dengan adanya surat keterangan garansi resmi yang diberikan kepada pembeli atau pelanggan. Periode waktu dan syarat yang dimaksud sebelumnya dibuat sepenuhnya oleh perusahaan atau penjual.

Dokumen garansi akan diberikan perusahaan ketika pelanggan telah melakukan pembelian terhadap suatu produk. Nantinya, penjual dan pembeli akan mengisikan beberapa informasi terkait waktu transaksi dilakukan. Selanjutnya dokumen tersebut akan dikirimkan pada perusahaan produsen untuk diinput dalam sistem sehingga diketahui tanggal pasti mulainya periode garansi. Ketika pembeli atau konsumen terakhir mendapatkan kerusakan pada produk sebelum periode garansi habis, maka proses perbaikan akan dilayani secara gratis.

Salah satu ketentuan yang biasanya ditentukan perusahaan produsen dan/atau pembeli adalah kerusakan yang tidak disebabkan oleh kesalahan atau kecerobohan penggunanya. Pelayanan garansi pun dapat beragam, mulai dari perbaikan produk sebagian atau seluruhnya hingga penukaran dengan produk yang baru.

garansi adalah

Sumber: Freepik

Jenis Penerapan Garansi

1. Garansi Resmi

Garansi resmi ini dikeluarkan langsung oleh perusahaan produsen dari suatu produk dan biasanya akan menunjuk salah satu atau beberapa distributor resmi sebagai pusat pelayanan. Terutama bagi perusahaan produsen yang membuka cabang di luar negeri atau masuk ke Indonesia melalui distributor resmi. Selain penempatannya yang resmi, masa garansi yang diberikan juga relatif panjang, yaitu satu tahun atau lebih.

2. Garansi Distributor

Kebalikan dari jenis sebelumnya, garansi distributor dikeluarkan oleh distributor, bukan perusahaan produsen. Sehingga jenis garansi ini sering disebut sebagai garansi tidak resmi. Sehingga ketika pelanggan ingin mengakses layanan garansi, distributor-lah yang akan memberikannya. Meskipun begitu, produk dengan garansi ini tidak berarti palsu, tiruan, dan/atau rekondisi. Nantinya, konsumen juga hanya bisa melakukan klaim garansi pada distributor terkait.

3. Garansi Global

Sebagai salah satu bentuk garansi resmi, garansi global berarti dokumen garansi yang didapatkan pelanggan dapat digunakan di negara lain selain negara tempat produksinya. Tentu saja negara lain yang dimaksud bergantung pada cakupan wilayah perusahaan produsen tersebut. Selain skalanya yang lebih luas, biasanya masa garansinya juga sama dengan garansi resmi.

4. Garansi Toko

Garansi toko biasanya diberikan oleh toko yang menjual produk tersebut sebagai tambahan dari garansi resmi. Sehingga masa garansi yang diberikan relatif singkat, misalnya beberapa hari atau minggu saja. Pelanggan yang mendapatkan garansi jenis ini dan mengalami kendala dalam menggunakan produk, maka pelanggan bisa mendapatkan unit baru sebagai pengganti. Tentu saja syarat dan ketentuan setiap toko akan sangat berbeda sehingga ada baiknya untuk mengedukasi pelanggan terkait hal ini.

garansi adalah

Sumber: Unsplash

Manfaat Garansi

1. Dari Sisi Pelanggan

Sudah banyak dijelaskan di atas bahwa garansi memang akan sangat bermanfaat bagi konsumen. Selain memerankan fungsi pelayanan pelanggan, garansi juga bisa menjadi bentuk perlindungan hak pelanggan. Kelalaian penjual yang membuat pelanggan tidak mendapatkan produk yang sesuai perlu diatasi segera dan garansi adalah salah satu solusinya. Ada atau tidaknya garansi suatu produk juga bisa menjadi salah satu indikator bagi konsumen untuk memutuskan pembelian. Mulai dari peningkatan kepuasan, membangun hubungan yang baik, hingga keinginan pelanggan untuk merekomendasikan produk Anda kepada calon pembeli lainnya bisa didapatkan dalam jangka panjang.

2. Dari Sisi Perusahaan Sebagai Pelaku Bisnis

Sedangkan bagi perusahaan, garansi memiliki manfaat yang jauh lebih besar. Pertama, hal ini berkaitan erat dengan menurunnya angka sales return atau retur penjualan yang dilakukan pelanggan karena produk rusak atau cacat. Melalui skema garansi, pelaku bisnis akan berusaha menjual produk dengan kualitas terbaik agar tidak ada lagi sales return.

Kedua, pelaku bisnis juga bisa menjadikan garansi sebagai indikator kontrol pada kualitas produk dan evaluasi terhadap proses produksi. Dampaknya lanjutannya bisa muncul secara beragam. Mulai dari penyampaian laporan garansi kepada pemasok untuk memperbaiki kualitas bahan baku. Hingga meningkatkan kemampuan tenaga kerja selama proses produksi, dan keputusan bisnis lainnya.

garansi adalah

Baca Juga: Memahami Quality Assurance, Tugas, dan Skill yang Dibutuhkan

Pada akhirnya, garansi adalah bentuk perhatian perusahaan kepada pelanggan selama menggunakan produk yang telah dibeli. Bagaimanapun skema yang dijalankan, garansi tetap akan bermuara pada kepuasan pelanggan. Bicara soal kepuasan pelanggan, sudahkah Anda memiliki teknologi atau sistem yang mampu membantu peningkatannya? Salah satu indikator yang paling penting untuk dimonitoring secara rutin adalah kualitas produk itu sendiri. Run System melalui fitur Quality Management System yang dimilikinya memungkinkan Anda melakukan pengelolaan kualitas produk. Diantaranya adalah mengelola perbaikan berkelanjutan pada setiap unit yang ada. Termasuk membuat parameter kualitas produk mulai dari penentuan skoring hingga melakukan inspeksi langsung pada berbagai tahap produksi. Temukan fitur manajemen perusahaan lainnya dari Run System dengan mengunjungi tautan ini.

Bagaimana kami dapat membantu Anda?

Beri tahu kami apa yang Anda butuhkan, kami siap memberikan solusi yang tepat untuk bisnis Anda