4 Alasan Mengapa Menggunakan Aplikasi Gudang Penting, Jangan Salah Pilih!

Jika Anda sudah berkecimpung di dunia bisnis cukup lama, maka Anda paham benar betapa pentingnya memiliki pengelolaan gudang yang baik. Dengan memiliki hal ini, maka urusan penyimpanan dan produksi hingga distribusi akan terselesaikan sebagian. Tentu saja, dukungan aplikasi gudang di era modern ini jadi salah satu yang paling banyak dicari.

Tapi apakah pengelolaan gudang benar-benar memiliki peran yang besar? Atau lebih jauh, apakah penggunaan aplikasi gudang benar-benar diperlukan untuk memiliki pengelolaan yang baik pada fasilitas penyimpanan yang Anda miliki?

Pada artikel ini, akan dituliskan secara singkat mengapa urusan pergudangan perlu didukung dengan aplikasi yang baik, sekaligus rekomendasi aplikasi pergudangan terbaik yang bisa Anda dapatkan.

Pengelolaan Gudang

aplikasi gudang

Sumber: freepik.com

Pengelolaan gudang sama pentingnya dengan pengelolaan sumber daya lain yang dimiliki perusahaan. Sebagai basis penyimpanan bahan baku, produk setengah jadi, dan produk jadi, gudang harus dikelola dengan baik agar bisa menjalankan fungsinya dengan optimal.

Pencatatan barang yang ada di gudang, kategorisasi barang, penempatan barang, mutasi keluar-masuk barang, total jumlah dari waktu ke waktu, hingga mengetahui kapan waktu yang tepat membeli bahan baku kembali, adalah sedikit dari banyak hal lain yang menjadi fungsi dari pengelolaan gudang.

Tentu tanpa sistem informasi yang baik dan staf yang kompeten dan berdedikasi, berbagai urusan ini akan sulit dijalankan. Ini mengapa, kemudian dukungan dari aplikasi pergudangan sangat diperlukan agar pengelolaannya semakin efisien dan optimal.

Alasan Menggunakan Aplikasi Gudang di Era Kekinian

aplikasi gudang

Sumber: freepik.com

Alasan utama yang akan diungkapkan jelas agar perusahaan bisa tetap turut berkembang bersama jaman. Penggunaan aplikasi gudang dapat membantu mengoptimalkan semua proses, sehingga kesalahan yang merugikan perusahaan bisa diminimalisir.

1. Efisiensi Waktu dan Tenaga

Pencatatan barang dan melihat ketersediaan barang bisa dijalankan dengan mudah ketika Anda menggunakan aplikasi gudang yang handal. Anda tinggal membuka aplikasi yang digunakan, dan semua data bisa diakses dengan mudah dari sana.

Tentunya, aplikasi yang baik akan memberikan tingkat otorisasi tersendiri sehingga data-data sensitif hanya bisa didapatkan oleh staf yang sudah diberikan akses secara langsung.

Dengan aplikasi gudang, waktu akan banyak dihemat, dan tenaga yang diperlukan untuk melakukan pencatatan dan pengecekan silang bisa digunakan untuk keperluan lain.

2. Pencarian Data Terkait Produk dan Bahan Baku

Tidak jarang perusahaan memerlukan sederet data terkait produk dan bahan baku untuk berbagai keperluan. Tentu dengan kehadiran aplikasi seperti ini, Anda tinggal mengakses database yang dimiliki, dan mendapatkan semua informasi yang diperlukan.

Data spesifik yang diinginkan juga bisa didapatkan dengan mudah, dengan fungsi pencarian yang sudah dikategorisasi. Pengelompokan data akan lebih tersusun, sehingga mudah digunakan dan dimanfaatkan.

3. Menghindari Manipulasi Data

Salah satu poin yang menjadi titik kerugian perusahaan terletak pada manipulasi data gudang yang dilakukan pihak tidak bertanggung jawab. Dengan menggunakan aplikasi seperti ini, perusahaan Anda tak lagi perlu khawatir terkait resiko tersebut.

Setiap data yang dimasukkan akan mencantumkan nama staf yang melakukan input, sehingga terlacak dengan mudah input yang dilakukan. Ketika terjadi manipulasi, data yang mencolok akan terlihat. Ini membuat resiko manipulasi data semakin kecil, hingga kerugian perusahaan dari manipulasi ini bisa dikurangi.

4. Kinerja Karyawan Meningkat

Dengan semua efisiensi yang diberikan aplikasi seperti ini dalam pengelolaan gudang Anda, maka idealnya kinerja karyawan dapat ditingkatkan. Kemudahan mencari data, mengelola data, memonitor data terkait barang yang masuk dan keluar, serta memastikan semuanya disimpan sesuai prosedur, akan membuat urusan gudang jadi lebih mudah dan praktis.

Tentu saja, peran staf yang kompeten juga tetap diperlukan dalam mengoperasikan dan menjadi faktor besar dalam pengelolaan gudang. Jadi kombinasi aplikasi gudang yang baik dan staf yang kompeten akan menjadi rumus Anda untuk efisiennya urusan ini.

RUN System Hadir untuk Menjawab Kebutuhan Anda

aplikasi gudang

https://runsystem.id/id/perusahaan/tentang-kami/

Tentu saja, untuk urusan ini RUN System hadir menyediakan fitur Inventory and Material Management sebagai salah satu andalannya. Dengan fitur ini, pengelolaan tempat penyimpanan bisa didukung penuh dengan aplikasi gudang yang terbaik.

Mengapa demikian?

Karena setidaknya terdapat tiga fungsi utama yang bisa dioptimalkan operasionalnya.

  • Inventory management, termasuk receiving good, good mutation, good transfer, batch management, good returns, dan menghasilkan tingkat persediaan ideal.
  • Warehouse management system, mendukung banyak kudang yang berdasarkan pada kategori lokasi, pabrik, pemasok, pelanggan, atau vendor. Dapat menjalankan fungsi pengelolaan penyimpanan barang dengan kategori bukan berdasarkan nomor batch, pemasok, atau pelanggan, sehingga lebih fleksibel dalam penggunaan praktisnya.
  • Material management, dapat dikontrol dari departemen budgeting dan atau persetujuan multi-level. Hal ini, bisa membantu pengadaan barang yang sama dibuat berulang karena semua transaksi akan terlihat jelas untuk semua bagian.

Fitur Lengkap, RUN System Menjadi Partner ERP Terbaik Anda

Fitur lengkap RUN System ini tak hanya berpusat pada aplikasi gudang saja, namun juga keseluruhan pengelolaan perusahaan. Dikenal sebagai layanan ERP terbaik yang ada di Indonesia saat ini, RUN System siap menjadi solusi semua urusan integrasi data di perusahaan yang Anda miliki. Segera gunakan layanannya, dan memaksimalkan semua fitur yang disediakan RUN System.

Bagaimana kami dapat membantu Anda?

Beri tahu kami apa yang Anda butuhkan, kami siap memberikan solusi yang tepat untuk bisnis Anda