Cara Kerja B2B Procurement Platform dan Keuntungannya 

Pemenuhan kebutuhan tidak hanya diperlukan pada segmen konsumen saja, namun juga di segmen pengusaha. Tak heran, upaya pemenuhan kebutuhan ini kemudian memunculkan satu urgensi baru terhadap hadirnya B2B procurement platform.

Tapi apa itu B2B procurement platform? Apakah kemudian berarti marketplace yang menyediakan berbagai opsi barang dan jasa yang umum dijadikan objek procurement?

Untuk memahami penjelasan lebih lanjut mengenai pengertian, manfaat, dan cara kerja dari platform bisnis ini, Anda dapat menyimaknya pada setiap poin berikut.

Baca Juga: B2B Marketing Adalah Transaksi Khusus Pebisnis, Ini 6 Strateginya

Mengenal B2B Procurement Platform

b2b procurement platform

Sumber: freepik.com

B2B procurement platform dapat dipahami sebagai sebuah platform, ekosistem, atau ruang, yang tersedia untuk perusahaan dan penyedia barang dan jasa guna saling memenuhi kebutuhan yang dimilikinya.

Secara konsisten, perusahaan akan selalu memerlukan pengadaan barang dan jasa dalam rangka memenuhi kebutuhan operasional harian serta proses produksi. Suplai bahan baku dan barang atau jasa pendukung ini wajib dipastikan, sehingga kegiatan operasional perusahaan dapat berjalan dengan baik.

Di sisi lain, penyedia senantiasa memiliki sederet opsi barang dan jasa yang dapat menjadi komoditas yang memenuhi kebutuhan perusahaan. Jelas, penyedia harus ‘menjajakan’ produknya di lokasi yang tepat sehingga dapat dijangkau dengan mudah oleh perusahaan.

Melihat hal inilah kemudian muncul platform pengadaan barang yang secara khusus mengakomodir kepentingan keduanya di ranah digital. Secara sederhana, B2B procurement platform adalah marketplace yang dapat digunakan pengusaha dan penyedia untuk saling berinteraksi, dan melakukan transaksi di ruang yang produktif.

Tapi Apa Manfaatnya untuk Perusahaan dan Penyedia?

b2b procurement platform

Sumber: freepik.com

Jika ingin melihat manfaatnya, hal tersebut dapat disimak dari dua perspektif berbeda, sebab pengusaha dan penyedia sama-sama memperoleh manfaat dari kehadiran platform ini.

Dari Sisi Pengusaha

  • Efisiensi proses pengadaan barang dan jasa
  • Mempersingkat waktu yang diperlukan untuk procurement
  • Menghemat banyak biaya dalam prosesnya
  • Opsi yang tersedia lebih luas untuk memenuhi kebutuhan yang dimiliki
  • Harga yang ditawarkan akan bersaing, sehingga dapat dipilih yang sesuai dengan anggaran perusahaan
  • Urusan pemberkasan akan jauh lebih mudah karena tersedia banyak template dokumen yang diperlukan
  • Transaksi yang dilakukan akan memiliki jaminan keamanan, yang muncul dari komitmen pada aturan main penggunaan platform ini
  • Pelacakan pesanan dan progres pada procurement semakin mudah
  • Adanya dokumentasi transaksi yang jelas dan dapat digunakan untuk membantu proses pembukuan
  • Memudahkan proses pengelolaan inventaris
  • Kemudahan proses sourcing

Dari Sisi Penyedia

  • Membuka kesempatan transaksi yang lebih besar
  • Memperluas cakupan pasar yang dimiliki oleh penyedia
  • Memberikan banyak keuntungan dari segi proses dan pemberkasan
  • Kemudahan pengelolaan klien dengan berbagai fitur yang ditawarkan
  • Kemudahan memperlihatkan riwayat transaksi sebagai bukti kapabilitas perusahaan dalam urusan penyediaan
  • Pengajuan invoice yang lebih jelas dan terdokumentasi dengan baik
  • Kemudahan proses negosiasi antara penyedia dan perusahaan
  • Fleksibilitas transaksi yang ditawarkan benar-benar luas
  • Kerjasama antar vendor dan penyedia semakin mudah dilakukan
  • Kemudahan pengelolaan inventaris barang dan jasa, sebab datanya senantiasa akan muncul pada bagian depan
  • Otomasi pada banyak proses sehingga mengurangi risiko kesalahan yang muncul dari faktoor manusia
  • Dapat menyebutkan deskripsi produk dengan jelas dan rinci, tanpa batasan ruang
  • Kategorisasi produk yang jelas sehingga akan memberikan pengelompokan yang jelas pula

Cermati Cara Kerjanya di Sini!

b2b procurement platform

Sumber: freepik.com

Pada dasarnya, cara kerja B2B procurement platform sendiri tidak akan berbeda jauh dengan marketplace yang biasa digunakan. Hanya saja, dalam prosesnya akan melibatkan berbagai dokumen yang digunakan dan menjadi aturan legal dari proses pengadaan.

  • Penyedia pertama harus mendaftarkan dirinya sebagai salah satu penjual dalam platform tersebut, dengan memenuhi semua syarat yang diberikan. Setelah lolos verifikasi, penyedia dapat memajang barang atau jasa yang dapat disediakannya, yang menjadi produknya, pada display yang diberikan lengkap dengan deskripsi dan foto atau contoh produknya. Kategorisasi juga diberikan untuk memudahkan platform tersebut dalam mengelompokkan produk yang dimiliki oleh penyedia.
  • Perusahaan, juga wajib melakukan pendaftaran sebagai pengguna. Prosesnya tidak akan berbeda jauh dengan pendaftaran penyedia, hanya saja syarat yang diberikan mungkin saja berbeda. Setelah semua syarat dipenuhi dan proses verifikasi selesai, maka perusahaan dapat mulai mencari kebutuhannya. Dengan memasukkan kata kunci yang diinginkan, akan muncul sederet opsi produk yang dicari, yang ditawarkan oleh vendor atau penyedia.
  • Pemilihan penyedia dapat dilakukan, kemudian dilanjutkan dengan komunikasi antara perusahaan ini. Setelah mencapai kata sepakat, kemudian pesanan bisa mulai dimasukkan dengan dokumen yang jelas, dan detail yang disetujui semua pihak lengkap dengan harganya.
  • Proses berlanjut pada pengadaan oleh penyedia, dan melakukan pengiriman barang atau jasa ke fasilitas yang telah ditunjuk oleh klien. Setiap tahapan akan di-update pada lembar kerjasama yang tersedia untuk perusahaan ini, sehingga terdapat kejelasan status pesanan yang dilakukan.
  • Setelah barang sampai pada fasilitas, maka akan dilakukan proses seperti biasa, seperti pengecekan, konfirmasi, dan pengiriman berkas keterangan barang sudah diterima. Dilanjutkan dengan pengiriman invoice, dan invoice diproses oleh perusahaan.
  • Status pengadaan akan menjadi selesai ketika invoice disetujui atau telah dibayarkan, tergantung dengan kesepakatan kedua pihak.

Baca Juga: Mari Coba 5 Strategi Forecasting untuk Perusahaan B2B Berikut Ini 

B2B procurement platform yang tepat kemudian perlu digunakan oleh perusahaan, dengan dukungan modul ERP yang tepat pula. RUN System, kemudian hadir dengan Procurement Management untuk membantu Anda melancarkan semua urusan pengadaan yang dimiliki perusahaan Anda.

Untuk optimasi proses pengadaan, Anda juga dapat menggunakan B2B procurement platform dari RUN Market, yang dapat dengan mudah diintegrasikan dengan sistem yang tersedia di RUN System. Dengan sinergi dua produk RUN ini, semua kebutuhan perusahaan Anda dapat dipenuhi dengan cepat, akurat, dan menguntungkan!

Bagaimana kami dapat membantu Anda?

Beri tahu kami apa yang Anda butuhkan, kami siap memberikan solusi yang tepat untuk bisnis Anda