Harus Tahu! Inilah 5 Variabel dan Pentingnya Menjaga Kualitas Produk

Menjadi lini terdepan dalam bersinggungan dengan pelanggan Anda, produk yang diluncurkan wajib memiliki standar kualitas yang jelas. Tinggi atau rendah tentu akan menjadi relatif, namun kualitas produk wajib diorientasikan pada kepuasan yang akan didapatkan pelanggan.

Lagipula, pelanggan selalu ingin menyelesaikan masalahnya dengan menggunakan produk yang Anda buat bukan?

Idealnya, semakin baik kualitas produk dan semakin dekat dengan ekspektasi pelanggan, maka pelanggan juga akan semakin puas. Ini mengapa, memahami konsep kualitas produk menjadi penting sehingga produk yang dibuat bisa benar-benar menjadi solusi untuk pelanggan.

Akan dibahas pula alasan-alasan mengapa menjaga kualitas produk adalah hal penting untuk bisnis atau usaha yang Anda milik. Jadi langsung saja kita masuk ke bagian pertama, terkait pengertian kualitas produk.

Pengertian Kualitas Produk, Variabelnya Cukup Banyak

kualitas produk

Sumber: freepik.com

Secara sederhana, kualitas produk bisa dipahami sebagai kemampuan suatu produk untuk melaksanakan fungsi yang dimilikinya sehingga bisa membawa manfaat pada pelanggan. Fungsi disini mencakup durabilitas produk, reliabilitas, kemudahan pengoperasian, urusan perbaikan produk, serta atribut lain atau value tambahan yang disematkan pada produk.

Cukup luas bukan cakupan kualitas produk secara umum? Nah, tugas perusahaan atau bisnis yang kemudian memastikan kualitas produk yang dibuat bisa sampai ke tangan pelanggan dengan kondisi prima, sehingga bisa menjadi solusi atas permasalahan tertentu yang dimilikinya.

Apa saja variabel atau cakupan yang dimaksud? Mari kita bahas dalam beberapa poin singkat di bawah ini.

1. Durabilitas Produk

Durabilitas diartikan sebagai ketahanan yang dimiliki oleh produk ketika produk tersebut digunakan. Semakin lama masa pakai produk, maka bisa jadi tanda bahwa produk tersebut berkualitas baik. Tentu, selama masa pakai juga wajib bisa menjalankan fungsinya dengan baik pula.

Meski demikian, durabilitas ini juga wajib mempertimbangkan fungsi utama produk. Apakah produk memiliki fungsi sekali pakai? Atau justru memang produk yang bisa digunakan dalam jangka waktu lama? Pastikan kesesuaian fungsi dan durabilitas produk.

2. Reliabilitas

Ketika membeli lemari es, maka pelanggan mengharapkan bisa menyimpan makanan dalam jangka waktu yang lama karena suhu dingin dan kondisi tertutup di dalamnya. Ketika produk lemari es tak bisa menjalankan dua fungsi tersebut, maka produk bisa dikatakan tidak berkualitas.

Keandalan atau reliabilitas jadi penting karena ketika pelanggan membeli produk, ia perlu menyelesaikan suatu masalah, bukan menambah masalah lain. Jadi wajib dipastikan setiap produk yang dilepas ke pasar bisa menjalankan fungsinya dengan baik, sehingga bisa diandalkan.

3. Kemudahan Pengoperasian

Pernahkah Anda membeli barang dan menemukan buku petunjuk penggunaan produk? Buku ini atau berkas sejenis ditujukan agar pelanggan bisa lebih mudah memahami dan mengoperasikan produk yang dibelinya. Di sana akan tercantum jelas semua arahan, petunjuk, dan cara menggunakan produk.

Menjadi solusi adalah hal yang harus Anda utamakan. Jadi pastikan juga, selain memiliki durabilitas dan reliabilitas yang baik, produk juga mudah digunakan oleh pelanggan. Setidaknya jika diperlukan manual book, pastikan semua catatannya jelas, disertai gambar, dan mudah dipahami.

4. Urusan Perbaikan Produk

Bukan berarti kualitas produk yang Anda buat kurang baik sehingga harus mempersiapkan diri untuk perbaikan produk, tapi justru sebaliknya. Setiap produk berkualitas memiliki layanan servis resmi yang bisa diandalkan, sehingga pelanggan bisa mendapatkan manfaat bahkan jauh setelah tanggal pembelian.

Mulai dari masa garansi, ketersediaan servis resmi, dan sejenisnya, sebagai bisnis yang berorientasi pada kepuasan pelanggan, Anda sangat direkomendasikan memiliki hal seperti ini.

5. Atribut Lain

Atribut lain ini bisa diartikan secara luas, seperti citra produk, asosiasi produk, personalisasi produk, kemasan, nilai-nilai lain yang bisa ditambahkan, dan sebagainya.

Lalu Mengapa Penting untuk Sebuah Bisnis Menjaga Kualitas Produknya?

kualitas produk

Sumber: freepik.com

Secara praktis, sangat penting sebuah bisnis atau perusahaan menjaga kualitas produk yang dimilikinya. Pada akhirnya, produk yang akan dapat mengartikulasikan dedikasi bisnis pada pelanggan, serta komitmen yang dimiliki bisnis untuk menjadi solusi atas persoalan yang dimiliki pelanggan.

Reputasi Bisnis

Ketika pelanggan mendapatkan pengalaman yang baik saat menggunakan produk, maka citra baik bisa terbangun di benak pelanggan terkait brand atau bisnis Anda. Ini, dalam jangka panjang, adalah investasi besar untuk bisnis agar terus eksis di dunia industri.

Pengurangan Biaya Produksi

Bagaimana bisa? Bukankah produksi barang yang berkualitas membutuhkan biaya yang tidak sedikit?

Benar, namun ketika sudah memiliki produk berkualitas tinggi, idealnya Anda akan mendapatkan pelanggan loyal yang membeli produk Anda. Ketetapan produksi ini bisa mengurangi resiko barang cacat atau refund, sehingga secara umum biaya produksinya dapat lebih efektif dan efisien.

Pelanggan Loyal Berdasarkan Kualitas Produk

Bukan jadi satu-satunya faktor, tapi kualitas produk jadi hal besar jika Anda ingin memiliki pelanggan loyal. Ketika pelanggan puas atas produk yang diterimanya, kesempatan besar untuk melakukan pembelian ulang terbuka lebar. Di sini akan muncul loyalitas, dan membuat pelanggan mengandalkan produk dan memiliki tingkat kepercayaan tinggi.

Pada akhirnya, mengontrol kualitas produk tetap dalam titik optimal jadi penting untuk keseluruhan bisnis. Tak hanya memuaskan pelanggan, berbekal produk berkualitas yang didukung strategi pemasaran jitu Anda bisa terus mengembangkan bisnis dan usaha.

RUN System dengan Quality Management System-nya

Quality Management System jadi salah satu fitur andalan RUN System dalam memberikan solusi kontrol kualitas produk. Anda bisa memberikan standar yang jelas pada kualitas material yang masuk, proses produksi yang berstandar jelas, hingga barang sampai ke tangan pelanggan, semua bisa dipastikan terkontrol. Jadi segera gunakan RUNĀ  System, dan integrasikan dengan bisnis Anda sekarang juga!

Bagaimana kami dapat membantu Anda?

Beri tahu kami apa yang Anda butuhkan, kami siap memberikan solusi yang tepat untuk bisnis Anda