Surat Paklaring Kerja: Pengertian, Syarat, dan 4 Fungsinya

Berurusan dengan SDM perusahaan pasti juga akan berhadapan dengan proses keluar masuknya karyawan. Dalam suatu kerjasama ada masanya karyawan akan mengundurkan diriĀ  untuk mencari tantangan di tempat baru dan membutuhkan surat Paklaring kerja yang akan dikeluarkan oleh perusahaan.

Lantas apa itu surat paklaring kerja? Bagaimana fungsinya? Apa syarat mendapatkan surat paklaring? Cek penjelasannya di bawah ini.

Apa itu Paklaring?

paklaring kerja

Sumber: Pexels

Paklaring kerja adalah surat keterangan yang menyebutkan bahwa seseorang pernah bekerja di sebuah instansi dan menjabat pada posisi tertentu. Paklaring juga biasanya dilengkapi dengan masa kerja karyawan yang bersangkutan.

Beberapa perusahaan mensyaratkan paklaring untuk melamar pekerjaan baru bagi karyawan berpengalaman. Oleh sebab itu, paklaring merupakan dokumen profesional yang cukup krusial.

Pasalnya, paklaring juga menunjukkan kinerja karyawan dalam sebuah perusahaan. Di samping itu, paklaring juga masih menjadi syarat untuk mencairkan BPJS Ketenagakerjaan apabila karyawan memutuskan keluar dari tempat bekerja.

Melalui paklaring perusahaan baru biasanya akan menilai kinerja karyawan. Terutama soal loyalitas karena di sana dicantumkan masa kerja. Biasanya karyawan dianggap telah berkinerja baik jika memiliki masa kerja di atas satu tahun. Beberapa perusahaan juga memiliki kebijakan karyawan boleh mendapatkan paklaring jika sudah melewati masa kerja satu tahun tersebut. Jika tidak, karyawan dianggap kurang loyal.

Fungsi Surat Paklaring Kerja

1. Mencairkan Dana BPJS Ketenagakerjaan

Perlu diketahui bahwa surat paklaring bisa dimanfaatkan untuk mencairkan dana tunjangan JHT dari BPJS Ketenagakerjaan saat kamu memutuskan untuk resign.

Dengan surat paklaring, maka kamu bisa mencairkan seluruh atau sebagian dana BPJS Ketenagakerjaan milikmu. Kamu hanya cukup melampirkan surat ini bersamaan dengan sejumlah persyaratan pencairan BPJS Ketenagakerjaan.

2. Membantu Melamar Kerja Baru

Fungsi selanjutnya dari surat paklaring adalah untuk melamar kerja ditempat baru. Untuk beberapa perusahaan, mereka biasanya akan meminta surat ini sebagai bukti bahwa kamu memang pernah bekerja pada perusahaan tersebut.

Surat paklaring juga diperlukan untuk menempati posisi baru di suatu perusahaan. Karena, surat tersebut akan membuktikan bahwa kamu memiliki kemampuan untuk menempati posisi baru.

Untuk itu, surat paklaring memiliki peran yang sangat penting untuk keberlangsungan karir kamu di masa depan. Khususnya, bila kamu harus berhenti secara tiba-tiba atau harus meninggalkan pekerjaan karena satu dan lain hal.

3. Mengajukan Beasiswa dengan Jalur Profesional

Selain bisa digunakan untuk melamar pekerjaan baru, surat paklaring juga bisa kamu gunakan sebagai syarat masuk universitas di jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi, seperti Strata II atau Strata III.

Jadi, bila karyawan ingin mengejar gelar khusus, maka karyawan tersebut bisa memanfaatkan surat ini untuk bisa mengajukan program beasiswa dengan jalur profesional. Biasanya, beasiswa akan diberikan dari pihak pemerintah atau pihak swasta.

Nah, berbagai beasiswa tersebut akan diberikan kepada karyawan yang memang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

4. Mengajukan Pinjaman Bank dan Kartu Kredit

Surat paklaring ternyata bisa juga digunakan sebagai salah satu dokumen pendukung agar bisa mendapatkan pinjaman dana, KTA, KKB, ataupun KPR. Kenapa? karena agar bisa mengajukan pinjaman dari pihak bank, umumnya seseorang harus terlebih dahulu memiliki status sebagai karyawan.

Nah, lampiran surat paklaring bisa dijadikan sebagai buktinya. Surat ini juga akan membantu pihak bank agar bisa mengetahui bahwa pihak debitur mempunyai penghasilan yang tetap dengan jumlah nominal tertentu yang bisa dilihat dari posisi terakhir kerjanya.

Bila pihak bank sudah mendapatkan informasi calon debitur, maka pihak bisa menentukan jumlah cicilan pinjaman yang bisa dibayar oleh calon debitur tersebut. Jadi, surat ini akan dimanfaatkan oleh pihak bank untuk menilai kemampuan finansial seseorang.

Syarat Bisa Mendapat Surat Paklaring

paklaring adalah

Sumber: Freepik

1. Pegawai Resign dengan Cara yang baik

Syarat pertama untuk mendapatkan surat paklaring adalah karyawan harus mengajukan resign terlebih dahulu. Namun, kamu harus resign dengan meninggalkan nama baik dan tidak mempunyai berbagai masalah apapun sebelumnya.

Karena, surat paklaring ini berguna juga sebagai surat referensi ataupun surat rekomendasi dari perusahaan lama. Bila karyawan resign dengan cara yang buruk, maka surat tersebut bisa menjadi surat yang akan merugikan saat ingin melamar di perusahaan baru.

Namun jika karyawan resign dengan cara yang baik, maka informasi yang ada di dalamnya akan berisi berbagai kebaikan yang pernah dilakukan.

2. Minimal Kerja Satu Tahun

Syarat kedua dalam memperoleh hak surat paklaring adalah harus bekerja minimal satu tahun di dalam perusahaan tersebut. Jika karyawan baru bekerja tidak lebih dari satu tahun, maka jangan harap untuk bisa mendapatkan surat ini.

Biasanya HRD akan memberikan penjelasan bahwa surat paklaring baru bisa diterbitkan bila karyawan yang mengajukan resign sudah memenuhi masa kontrak kerjanya minimal selama satu tahun.

3. Segala Kewajiban Sebelum Resign Telah Terpenuhi

Syarat terakhir untuk memberikan surat paklaring kerja adalah dengan melihat telah terpenuhinya catatan kinerja kewajiban, seperti menyerahkan tugas ke karyawan baru, menyelesaikan tugas yang sudah dikerjakan, dll.

Jadi intinya, karyawan harus menyelesaikan seluruh tanggung jawab yang belum di selesaikan. Setelah itu, karyawan tersebut baru bisa mengurus surat pengunduran diri dengan memberikan surat resign dan meminta paklaring setelahnya.

Baca Juga: Perencanaan SDM: Pengertian, Faktor, dan Proses Pelaksanaan

paklaring kerja

Membuat Surat Paklaring Kerja dengan Mudah Bersama RUN System

Bagi perusahaan, mengeluarkan surat paklaring kerja akan lebih efisien jika mengetahui kinerja dan kewajiban dari pegawai yang telah tercatat dan terstandar dengan baik. Oleh karena itu, kehadiran modul yang mengelompokkan laporan kinerja dan arahan untuk karyawan seperti di RUN System akan sangat dibutuhkan.

Dengan kehadiran fitur Human Capital Management System dari RUN System, perusahaan akan dapat menangani SDM mereka dari awal perekrutan,sampai pelaksanaan kerja. Memonitor kinerja karyawan juga dapat dilakukan lebih mudah sehingga bisa mengeluarkan surat paklaring kerja sesuai dengan data tersebut.

Cari tahu lebih dekat tentang RUN System sekarang juga, dan temukan kemudahan memanajemen seluruh sistem manajemen dalam satu platform digital saja.

Bagaimana kami dapat membantu Anda?

Beri tahu kami apa yang Anda butuhkan, kami siap memberikan solusi yang tepat untuk bisnis Anda