Salah satu hal cukup penting dalam dunia bisnis adalah melakukan promosi penjualan. Untuk melakukannya dengan tepat, perusahaan perlu menerapkan strategi dengan baik agar sesuai tepat sasaran. Perusahaan biasanya butuh pertemuan hanya khusus membahas strategi promosi penjualan.
Dalam penentuan strategi tersebut patut dilihat beberapa hal yang di antaranya siapa target pasarnya? Apakah mengalami perubahan atau tidak? Apa yang menjadi daya tarik produk sehingga konsumen tidak perlu ragu untuk membeli produk perusahaan?
Jawaban-jawaban tersebut akan dirumuskan sehingga tidak terjadi kesalahan dalam melakukan promosi penjualan. Sebab, sering kali ketergesa-gesaan dalam mengenalkan produk berbuah blunder dan itu berdampak negatif pada perusahaan.
Untuk mengetahui apa saja kesalahan yang terjadi dalam promosi penjualan, artikel di bawah ini akan mengupas hingga tuntas. Harapannya, pebisnis tidak akan keliru dalam menentukan strategi promosi penjualan.
Kesalahan dalam Melakukan Strategi Promosi Penjualan
Sumber: freepik.com
Ada beberapa hal yang pebisnis atau perusahaan ketahui tentang kesalahan dalam promosi penjualan yaitu:
-
Tidak Menetapkan Tujuan dan Target
Kesalahan pertama yang perlu diketahui oleh perusahaan adalah tidak menetapkan tujuan dan target. Padahal untuk menetapkannya, perusahaan bisa menerapkan key performance index (KPI) sehingga ada indikator yang tepat di dalam tujuan dan target. Indikator tersebut dapat dicapai dalam tiga fase yaitu sebelum promosi, saat promosi, dan setelah promosi berakhir. Apabila promosi tidak berhasil maka perlu analisa dan evaluasi agar kejadian tersebut tidak terulang lagi.
-
Tidak Menggunakan Data dengan Baik
Data adalah segalanya. Kalimat tersebut berlaku untuk bisnis apa pun. Siapa saja yang mampu memanfaatkan data dengan baik maka akan menuai hasil positif. Dalam promosi penjualan sudah semestinya perusahaan mampu mencari dan memperoleh data secara rinci dan detail. Sebagai contoh, perusahaan membutuhkan data berupa demografi konsumen sehingga memahami apa yang menjadi kebutuhan mereka.
Selain itu, data juga dapat melihat kapan promosi penjualan yang tepat sasaran. Apakah terjadi pada hari tertentu atau dalam rentang waktu tertentu. Terapkan data dengan baik, manfaatkan dengan teliti sehingga perusahaan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.
-
Terlalu Banyak Promosi
Kesalahan ketiga yang sering kali dilakukan perusahaan namun tidak disadari adalah terlalu banyak melakukan promosi. Konsumen biasanya akan bingung terhadap berbagai promosi yang dilakukan perusahaan sehingga menjadi ragu. Jika sudah memasuki fase ragu, brand awareness dari perusahaan bisa menjadi buruk.
Alangkah lebih baik apabila perusahaan fokus terhadap satu strategi promosi. Hal tersebut menandakan bahwa keseriusan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Jika ada konsumen yang tertarik pada promosi perusahaan, mudahkanlah prosesnya. Apabila proses tersebut berlangsung rumit, dampak negatif berupa kepercayaan konsumen akan brand bisa turun. Ini semestinya dihindari dan menjadi pelajaran bagi perusahaan.
-
Buat Promosi Penjualan yang Tidak Realistis
Berbohong adalah hal yang harus dihindari dalam bisnis. Jika perusahaan melakukan kebohongan publik, citra mereka akan turun. Kepercayaan konsumen akan menurun dan bahkan hilang. Salah satu kebohongan yang bisa terjadi dalam perusahaan adalah strategi promosi. Apabila sejak awal mencantumkan ketentuan bahwa bagi konsumen yang beruntung akan mendapat hadiah maka berikanlah.
Jangan sampai perusahaan menjanjikan hadiah namun yang terjadi hadiah tak kunjung diberikan kepada konsumen. Ingatlah bahwa tujuan dari menerapkan strategi promosi adalah menarik minat konsumen dan membuatnya melakukan transaksi. Bukan yang terjadi sebaliknya. Menurunkan minat sehingga mereka justru berpaling kepada kompetitor.
-
Abai terhadap Customer Experience
Jika perusahaan mampu membangun hubungan kepada konsumen dengan baik, citra perusahaan akan meningkat. Jalin relasi dengan cara memberikan komunikasi yang baik khususnya pada konsumen yang sering melakukan repeat order. Hal tersebut bisa menjadi customer experience yang berharga. Satu hal yang perlu dipahami perusahaan adalah customer experience yang baik membantu konsumen baru untuk menentukan pilihan.
Bahkan, mereka biasanya akan memberikan rekomendasi kepada konsumen baru sehingga tertarik untuk bertransaksi.
Kesalahan demi kesalahan yang telah diuraikan di atas semestinya menjadi kritik bagi perusahaan untuk membuat strategi promosi yang bijak. Strategi promosi tidak sekadar memberikan potongan harga melainkan mampu mengambil segmen tertentu. Ada target pasar yang jelas sehingga keuntungan dapat diperoleh perusahaan.
Itulah berbagai kesalahan dalam melakukan strategi promosi penjualan yang sebaiknya Anda hindari. Agar bisnis dapat berkembang, gunakan ERP software untuk pengelolaan keuangan yang lebih baik.
Run System sebagai Penyedia Layanan ERP Software
Sebagai penyedia layanan ERP software di Indonesia, RUN System memberikan kemudahan bisnis bagi Anda. RUN System mampu memastikan bahwa proses produksi akan berlangsung lancar dan aman. Sehingga, mampu meningkatkan produktivitas dan biaya produksi dapat terkendali dengan baik. Daftar dan kelola sistem bisnis Anda dari sini.