Cara Kerja dan 4 Manfaat Software Akuntansi serta 6 Rekomendasinya

Mengelola keuangan perusahaan sesuai dengan ilmu akuntansi bukanlah pekerjaan ringan. Selain banyaknya jumlah uang yang dikelola, perusahaan juga akan berurusan dengan banyak pihak terkait hal ini. Mulai dari perusahaan lain sebagai pembeli dan penjual produk, hingga pihak internal seperti gaji tenaga kerja. Untuk itu, penggunaan software akuntansi adalah jawaban dari banyaknya tugas yang harus dikerjakan tim keuangan perusahaan. Namun sudahkah Anda mengetahui cara kerja dan manfaat dari software akuntansi? Jika Anda ingin memahami lebih dalam soal software akuntansi, simak pembahasan berikut ini beserta rekomendasinya.

Software Akuntansi dan Cara Kerjanya

Software akuntansi adalah rangkaian sistem yang dibuat berbasis modul dan akan membantu proses penyusunan laporan akuntansi. Dalam satu platform, software akuntansi memiliki beberapa modul yang memiliki fungsi khusus namun dapat dijalankan secara bersamaan. Beberapa contohnya adalah modul gaji, modul pembelian dan penjualan, modul produksi, dan sebagainya.

Beberapa software akuntansi ini dapat digunakan modulnya secara terpisah. Namun penyedia perangkat lunak ini juga dapat digunakan secara keseluruhan. Baik itu khusus untuk pengelolaan data akuntansi maupun data perusahaan lainnya.

Untuk cara kerjanya, Anda perlu melakukan input data terlebih dahulu. Data ini meliputi catatan kompilasi transaksi keuangan beserta kode yang akan digunakan. Setiap catatan nantinya harus masuk dalam klasifikasi yang sesuai dengan aturan pembukuan akuntansi. Sebagai contoh, transaksi pembelian bahan baku dengan kode 003 akan masuk sebagai pengurang pada laporan laba rugi.

Ketika perusahaan pengguna software telah selesai membuat formulasinya, data input berikutnya akan secara otomatis diperbarui nilainya. Semua data ini diolah dengan cepat untuk menjadi berbagai macam laporan keuangan. Mulai dari laporan neraca, laporan laba rugi, hingga laporan penjualan dapat dilihat tanpa harus menunggu tim keuangan membuatnya secara manual.

software akuntansi

Sumber: freepik

Manfaat yang Didapatkan Perusahaan

Dikatakan bahwa sistem ini mampu memudahkan perusahaan dalam menyusun laporan keuangan setiap bulan atau periode akuntansi tertentu. Namun lebih dari itu, perangkat lunak ini akan memberikan perusahaan manfaat jangka panjang lainnya.

1. Mengurangi kesalahan penghitungan

Dalam menghitung dan membuat laporan keuangan, kesalahan manusia (human error) menjadi salah satu hal yang harus dihindari. Untuk itu, penggunaan sistem ini akan mengurangi bahkan menghilangkan kesalahan penghitungan. Ketika terjadi kesalahan input pun proses perbaikan hanya akan fokus pada poin kesalahan. Sehingga pengguna tidak perlu menyusun dan mengubah data dari awal.

2. Meningkatkan akurasi data keuangan

Data yang dimasukkan akan langsung terolah secara real-time dan jauh lebih akurat karena semua dihitung dengan sistem. Anda tidak perlu melakukan pengecekan berkali-kali mengenai penghitungan yang ada.

3. Meningkatkan efektivitas dan efisiensi

Secara signifikan, semua kemampuan teknologi ini mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi. Tim keuangan dapat memiliki waktu lebih banyak untuk meningkatkan pengembangan kebijakan keuangan.

4. Membantu mengambil keputusan

Masih berkaitan dengan kebijakan keuangan di atas, perusahaan juga dapat manfaat dari penggunaan software ini. Manfaat jangka panjang ini adalah membantu perusahaan mengambil keputusan. Beberapa keputusan terkait laporan keuangan adalah pembelian bahan baku, kenaikan harga dan kualitas produk, kenaikan gaji dan bonus, dan masih banyak lagi lainnya.

software akuntansi

Sumber: freepik

Rekomendasi Software Akuntansi Terbaik

Run System

Software akuntansi yang direkomendasikan berikutnya adalah Run System yang menawarkan banyak kemudahan dalam satu modul, yaitu Financial and Cost Control Management. Anda juga dapat menggunakan modul lain yang mampu diintegrasikan, seperti modul manajemen karyawan, perencanaan, hingga manajemen hubungan dengan vendor. Selain dapat digunakan untuk kebutuhan laporan akuntansi dengan berbagai mata uang, perusahaan juga dapat menambah akun dan unit bisnis sebanyak-banyaknya. Sehingga cocok sekali untuk perusahaan yang mengelola rekening anak perusahaan dari berbagai lokasi yang ada.

Accurate

Accurate memiliki banyak fitur yang mudah digunakan oleh berbagai kalangan pelaku bisnis. Mulai dari pembelian, penjualan, buku besar, kas/bank, hingga menghitung persediaan. Bahkan perusahaan juga akan terbantu melakukan penghitungan pajak. Perusahaan juga dapat melakukan percobaan gratis untuk kemudian mendapat fitur tambahan lain setelah berlangganan.

Jurnal

Dengan sistem penyimpanan data akuntansi menggunakan cloud, Jurnal memungkinkan penggunanya mengakses data keuangan dimanapun. Selain itu, Jurnal juga terkenal di kalangan pelaku UMKM karena pencatatannya yang mudah. Disamping fungsi akuntansi untuk transaksi operasional, software ini juga menawarkan modul manajemen aset.

Zahir

Hampir sama dengan software lainnya, Zahir juga memiliki banyak fitur menarik. Diantaranya adalah manajemen persediaan, analisis bisnis, faktur pajak secara online, dan notifikasi pengingat. Softtware yang satu ini juga dapat diakses pada 3 negara, yaitu Malaysia, Australia, dan Indonesia.

Microsoft Dynamics AX

Untuk rekomendasi software akuntansi berikutnya adalah Microsoft Dynamics AX. Perangkat lunak ini dikatakan dapat mengintegrasi beberapa modul sekaligus. Sehingga berbagai tim dalam perusahaan dapat mengakses data yang ada lebih cepat. Microsoft Dynamisc AX cocok digunakan untuk perusahaan yang mengelola beberapa rumah produksi atau pabrik dari berbagai lokasi.

Xero

Terakhir adalah Xero, software akuntansi yang mampu terhubung dengan banyak aplikasi sekaligus. Sehingga perangkat ini cocok digunakan untuk perusahaan yang melakukan penjualan dari berbagai aplikasi atau marketplace.

Secara garis besar, software akuntansi adalah perkembangan teknologi yang mau tidak mau harus diikuti. Dalam jangka panjang, produktivitas perusahaan akan meningkat karena banyak tugas mampu dilakukan secara efektif dan efisien. Termasuk dalam membuat laporan akuntansi dan segala bentuk pencatatannya. Seperti yang sudah sempat disinggung di atas, jika Anda membutuhkan sistem operasi yang terintegrasi antara sistem produksi dan manajemen keuangan dalam satu platform, maka Run System adalah solusi tersebut. Anda tidak perlu lagi mencari software akuntansi lain untuk melengkapi fungsi dan tugas tim keuangan. Temukan lebih banyak manfaat Run System dengan mengikuti tautan ini.

Bagaimana kami dapat membantu Anda?

Beri tahu kami apa yang Anda butuhkan, kami siap memberikan solusi yang tepat untuk bisnis Anda