Dalam dunia bisnis era kekinian, integrasi data adalah hal wajib untuk dilakukan dalam rangka meningkatkan efisiensi kerja setiap departemen. Dengan melakukan integrasi data, perusahaan akan mendapatkan banyak benefit sehingga lebih mudah berkembang dari waktu ke waktu.
Isu mengenai integrasi data sendiri sebenarnya sudah muncul beberapa tahun yang lalu. Namun berkat kemajuan teknologi dan informasi saat ini, sistem yang solid benar-benar siap digunakan dalam pengintegrasian data dari perusahaan.
Sekilas mengenai pengertian serta manfaat integrasi data untuk perusahaan bisa Anda simak di sini, untuk kembali mengingat urgensi penerapannya dalam pengelolaan bisnis di era modern.
Baca Juga : Ketahui Manfaat Customer Journey Map bagi Bisnis dan Tips Membuatnya
Pengertian Integrasi Data adalah Sebagai Berikut
Integrasi data adalah sebuah proses untuk memadukan data dari beberapa sumber terpisah guna menyediakan satu platform bersama sehingga data dapat diakses dengan mudah. Pengumpulan data dilakukan secara terus menerus, sehingga semua jenis data yang dimiliki perusahaan bisa dikelola dengan satu sistem yang solid, terpadu, dan aman.
Dalam konteks perusahaan, integrasi data bisa diartikan sebagai upaya pengelolaan data di satu platform yang sama, yang dapat diakses oleh setiap bagian perusahaan secara aktual. Akses ini kemudian dapat dibagikan oleh pihak dengan kewenangan lebih tinggi, sehingga keamanan data bisa tetap terjamin.
Bisnis dengan data yang terintegrasi memiliki kemampuan konsolidasi yang lebih baik, mampu berkolaborasi dengan efektif, serta memiliki akurasi data yang lebih terjamin. Setiap jenis data di-update secara real-time, sehingga setiap perubahan bisa diketahui semua pihak yang membutuhkan data tersebut.
Kolaborasi Semua Departemen dalam Perusahaan
Tujuan integrasi data secara umum sebenarnya adalah untuk memudahkan kolaborasi dan kerjasama setiap departemen yang dimiliki perusahaan. Setiap pos kerja, seperti misalnya HR, pengelolaan gudang, inventaris, investasi, pemasaran dan penjualan, dan sebagainya, bisa memiliki data yang sama sebagai pijakan solid dalam mengambil semua keputusan.
Kolaborasi yang terjalin dengan baik ini yang akan menjadi modal perusahaan untuk berkembang lebih cepat. Sumber daya dan upaya yang dimiliki dapat difokuskan untuk pengembangan bisnis dan pencarian klien atau pelanggan baru, sementara urusan internal perusahaan dapat diselesaikan dengan lebih cepat menggunakan data yang sudah terintegrasi.
6 Manfaat Integrasi Data untuk Perusahaan secara Praktis
Dengan tujuan meningkatkan kemampuan kolaborasi setiap departemen dengan sumber data yang terpadu, manfaat dari integrasi data adalah sebagai berikut.
1. Basis Data yang Lebih Solid
Integrasi data memungkinkan pengelolaan data di satu platform yang terpadu, sehingga basis data yang digunakan setiap departemen benar-benar seragam. Kesalahan data pada proses transaksi, pertimbangan, atau pengambilan keputusan bisa ditekan, sehingga semua aktivitas yang berkaitan dengan data akan semakin optimal.
Dari sisi integritas data dan kualitasnya, data yang dimiliki perusahaan sebagai pijakan berbagai proses benar-benar bisa terjamin. Jelas, perusahaan idealnya dapat menampilkan kinerja lebih baik.
2. Kolaborasi Antar Departemen yang Lebih Baik
Dengan menggunakan basis data yang sama, kolaborasi yang dihasilkan oleh masing-masing departemen akan meningkat kualitasnya. Potensi kesalahan data pada pertimbangan atau pengambilan keputusan bisa dikurangi, sebab perubahan pada data yang terjadi akan terbarui secara terus menerus.
Transfer data yang cepat dari satu departemen ke departemen lain juga memungkinkan pekerjaan menjadi lebih cepat selesai. Artinya, produktivitas karyawan akan meningkat karena efisiensi penggunaan waktu akan menjadi optimal.
3. Ekstraksi Data Lebih Cepat
Pada proses pekerjaan di berbagai pos, keperluan akses data yang cepat jadi tuntutan. Hal ini menyangkut pada waktu penyelesaian pekerjaan, dan kualitas pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan.
Dengan akses yang mudah pada sumber data, setiap kebutuhan data bisa dipenuhi kapan saja dan di mana saja, tergantung derajat akses yang diberikan. Kemudahan akses data akan mengurangi waktu tunda yang mungkin muncul saat karyawan melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan data.
4. Efisiensi Kerja dan Meminimalisir Kesalahan
Integrasi data adalah langkah yang tepat untuk meningkatkan kinerja perusahaan, sekaligus meminimalisir terjadinya kesalahan data. Data yang digunakan akan serupa, dan merupakan data paling update yang dimiliki perusahaan.
Human error dalam input data akan dapat dieliminir, sehingga output yang diberikan bisa benar-benar maksimal sesuai dengan target yang dimiliki perusahaan.
5. Customer Experience yang Lebih Baik
Dengan proses efektif yang berjalan di perusahaan, maka output yang diberikan juga akan terus meningkat kualitasnya. Hasilnya, customer experience akan meningkat dan perusahaan Anda akan memperoleh citra yang baik.
Tidak hanya bekerja pada pelanggan Anda saja, namun pengalaman yang dimiliki partner bisnis juga akan meningkat. Kerjasama yang efektif dan menguntungkan kedua pihak, tanpa adanya masalah teknis dan data, akan memberikan pengalaman yang baik pada partner kerja dan menjadi dasar kerjasama jangka panjang.
6. Gambaran Jelas Perusahaan
Terakhir, adalah Anda sebagai pemilik atau pengelola perusahaan dapat memiliki gambaran jelas terkait kondisi perusahaan saat ini. Semua data yang masuk akan menjadi bahan analisa yang komprehensif, karena aktual, akurat, dan merupakan data paling baru.
Keputusan yang diambil memiliki dasar analisa yang jelas dan akurat, dan idealnya memberikan hasil yang baik pula.
Baca Juga : Mari Coba 5 Strategi Forecasting untuk Perusahaan B2B Berikut Ini
Integrasi data yang dilakukan di dalam perusahaan dapat memanfaatkan berbagai platform dan layanan. Namun jelas, untuk skala bisnis yang sudah solid, Anda memerlukan sistem yang matang dan siap membantu akselerasi bisnis. RUN System, adalah jawaban yang Anda butuhkan untuk proses integrasi data menyeluruh perusahaan yang Anda kelola.
RUN System dengan Semua Modul yang Dimilikinya
RUN System hadir sebagai enterprise resource planning yang dapat membantu perusahaan di setiap bagian bisnis. Setiap departemen dapat menggunakan layanan integrasi data yang disediakan, sekaligus memanfaatkan fitur dari modul yang tersedia.
Modul yang dimiliki sendiri antara lain Financial and Cost Control Management, Procurement Management, Inventory Material Management, Sales and Distribution, Human Capital Management System, Production Planning Management, Project System, Plant Maintenance, Quality System, dan Human Resource Information System. Integrasi data adalah dasar yang akan diberikan RUN System pada perusahaan Anda, sehingga semua modul ini dapat terintegrasi pula dengan data milik perusahaan. Segera hubungi layanan pelanggan kami sekarang, dan dapatkan jadwal uji coba secepatnya!