4 Tips Meningkatkan Inventory Turnover Ratio Perusahaan

Mengelola persediaan barang yang dimiliki dengan optimal menjadi salah satu pendukung besar dalam kegiatan bisnis. Inventory turnover ratio penting untuk diketahui dan diperhitungkan dengan cermat, sehingga dapat diketahui rasio riil yang dimiliki perusahaan Anda saat ini.

Secara sederhana, inventory turnover ratio sendiri merupakan konsep untuk menghitung rasio perputaran persediaan, yang mengacu pada cepat atau tidaknya persediaan produk dapat dijual, tersedia kembali, dan dijual kembali dalam satu periode waktu.

Jelas, hal ini akan membawa banyak manfaat untuk perusahaan Anda, karena banyak hal dapat diketahui dari perhitungan ini.

Baca Juga: Pentingnya Inventory Management dalam Proses Produksi Perusahaan

Manfaat Menghitung Inventory Turnover Ratio untuk Bisnis

inventory turnover ratio

Sumber: freepik.com

Sebelum masuk pada cara menghitungnya, Anda wajib memahami benar apa manfaat dari perhitungan ini. Mulai dari mengetahui posisi keuangan hingga  efisiensi anggaran dan pengeluaran, berikut selengkapnya.

1. Mengetahui Posisi Keuangan Perusahaan

Penghitungan pada rasio ini dapat membantu Anda untuk melihat bagaimana posisi keuangan dari perusahaan yang Anda kelola. Rasio ini akan memberikan gambaran jelas mengenai sejauh mana capaian perusahaan pada KPI yang ditetapkan pada awal perencanaan.

Jika KPI telah tercapai sesuai timeline, atau bahkan lebih tinggi, maka dapat dikatakan rasio perputaran persediaan dalam kondisi baik. Ini menandakan kondisi keuangan perusahaan yang sehat, sehingga kegiatan bisnis berjalan lancar.

2. Menjadi Data Pendukung Pengajuan Pinjaman

Hampir setiap jenis bisnis yang dikelola akan melakukan pinjaman ke satu atau lain pihak, guna mendapatkan tambahan modal dalam rangka kegiatan dan ekspansi. Data perhitungan rasio perputaran persediaan ini akan jadi data pendukung untuk melihat kondisi perusahaan.

Seperti yang disampaikan pada poin pertama, jika rasio yang dihasilkan baik akan menandakan kondisi keuangan perusahaan baik. Perusahaan memiliki likuiditas yang bernilai tinggi, sehingga pinjaman modal atau investor dapat mempercayakan dana pada perusahaan.

3. Pengambilan Keputusan Bisnis Strategis

Berbagai pengambilan keputusan strategis tidak akan dapat dilakukan dengan baik tanpa pertimbangan data keuangan yang riil. Maka dari itu, penghitungan inventory turnover ratio dapat membantu pula dalam hal ini.

Terkait dengan besaran pinjaman yang mungkin dapat dilakukan, produksi barang dalam periode tertentu, waktu yang tepat membeli bahan baku dan pemesanan, teknik marketing yang lebih efektif, hingga bahkan pada pricing untuk penjualan barang, semua dapat ditunjang dengan data ini.

4. Efisiensi Pengeluaran Bisnis

Jika Anda telah berkecimpung di dunia bisnis cukup lama, Anda tentu paham benar bahwa biaya pergudangan bukanlah biaya yang kecil. Terlebih ketika terdapat banyak barang atau produk yang tersimpan di gudang dalam waktu lama, tentu akan membuat pembengkakan pengeluaran.

Penghitungan rasio ini dapat membantu perusahaan menganalisa apa yang harus dilakukan, sehingga persediaan yang ada di gudang tidak tersimpan terlalu lama dan membuat biayanya tidak terkontrol. Setidaknya ketika hal ini terjadi, langkah strategis dan cepat bisa diambil untuk menyikapinya.

Rumus Menghitung Rasio Perputaran Persediaan

inventory turnover ratio

Sumber: freepik.com

Setelah memahami definisi dan manfaatnya untuk bisnis, simak penjelasan lengkap mengenai rumus menghitung inventory turnover ratio berikut ini.

  • Lakukan perhitungan dengan Harga Pokok Penjualan yang dibagi dengan Rata-Rata Persediaan yang Ada. Rumusnya adalah = HPP / Rata-Rata Barang Persediaan
  • Untuk mencari nilai Rata-Rata Barang Persediaan, caranya adalah dengan membagi dua persediaan pada awal periode ditambah perubahan persediaan di akhir periode. Rumusnya adalah = (Persediaan Barang di Awal Periode + Persediaan di Akhir Periode) / 2.
  • Setelah nilai rasio perputaran persediaan diketahui, Anda juga harus mengetahui rata-rata waktu yang diperlukan perusahaan untuk mengubah persediaan atau disebut juga dengan Days Sales of Inventory (DSI). rumusnya adalah = 365 hari / Inventory Turnover.

4 Tips Meningkatkan Rasio Perputaran Persediaan

inventory turnover ratio

Sumber: freepik.com

Secara ideal, sebenarnya banyak acuan yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui apakah inventory turnover ratio milik perusahaan Anda baik. Beberapa sumber menyebutkan bahwa angka paling ideal adalah 5 hingga 10, dan sumber lain menyebutkan 4 hingga 7.

Lalu bagaimana jika angka yang dihasilkan di bawah indikator tersebut? Berikut tips untuk meningkatkan nilai inventory turnover ratio perusahaan Anda.

1. Penyesuaian Strategi Bisnis

Strategi penjualan dan pemasaran akan sangat berpengaruh pada tingkat penjualan barang, yang secara langsung akan membawa dampak pula pada rasio yang dihasilkan. Jika penjualan barang cenderung rendah, maka lakukan penyesuaian strategi bisnis yang Anda miliki.

2. Optimasi dengan Teknologi

Optimasi sistem kerja dengan teknologi bisa menjadi tips berikutnya yang disarankan. Mulai dari pengelolaan gudang, integrasi dengan sistem yang dimiliki perusahaan, hingga penggunaan berbagai produk atau modul ERP, akan menjadi tambahan yang baik untuk meningkatkan efisiensi kerja.

3. Jangan Ragu Menggunakan Jasa Profesional

Jasa profesional di bidang pemasaran atau keuangan akan sangat membantu Anda dalam menganalisis keadaan perusahaan saat ini. Dengan analisis yang komprehensif, Anda akan mendapatkan gambaran jelas mengenai kondisi perusahaan, dan langkah yang harus diambil untuk mengembalikannya ke performa optimal.

4. Memperbaiki Sistem Manajemen Persediaan Barang

Tips selanjutnya adalah memperbaiki dan mengoptimalkan sistem manajemen persediaan barang. Tidak hanya di bagian gudang tempat menyimpan barang saja, namun juga perencanaan pemesanan bahan baku, penggunaannya dalam proses produksi, hingga distribusinya ke retail atau pelanggan yang Anda miliki.

Baca Juga: Inventory Control adalah Kebutuhan Penting dalam Bisnis, Ini Metodenya! 

Inventory turnover ratio

Pengelolaan persediaan yang dimiliki perusahaan dapat dioptimalkan dengan penggunaan produk ERP berkualitas dari RUN System. RUN System hadir sebagai solusi atas peningkatan efisiensi kerja di semua lini perusahaan, sehingga performanya terus naik dalam mencapai target yang ditetapkan.

RUN System dengan Inventory & Material Management

Dengan modul Inventory & Material Management yang dimilikinya, RUN System menawarkan efisiensi dalam pengelolaan persediaan. Mulai dari Inventory Management, Warehouse Management System, hingga Material Management, semua  dapat digunakan untuk optimasi perusahaan Anda di sektor persediaan. Jelas, hal ini juga akan membantu mendapatkan inventory turnover ratio yang lebih baik dari waktu ke waktu. Jadi gunakan RUN System sekarang di perusahaan Anda, dan dapatkan semua manfaat dan kemudahannya!

Bagaimana kami dapat membantu Anda?

Beri tahu kami apa yang Anda butuhkan, kami siap memberikan solusi yang tepat untuk bisnis Anda