Pada berbagai jenis bisnis kekinian, optimasi teknologi dan sistem digital menjadi sebuah hal yang mutlak. Tidak hanya demi mengikuti perkembangan jaman, tapi untuk menjaga relevansi dan mengoptimalkan bisnis yang dijalankan. Sederet rekomendasi modul ERP untuk bisnis ritel dan grosir dapat Anda cermati di sini, sebagai bayangan umum untuk Anda cermati.
Tentu modul yang tercantum dalam artikel ini sendiri merupakan rekomendasi modul mendasar, yang dapat dengan mudah ditambahkan berdasarkan kebutuhan yang Anda miliki. Namun setidaknya dengan modul-modul fundamental berikut bisnis ritel dan grosir dapat dioptimalkan, dan bersaing dengan kompetitor lainnya.
Baca Juga: Mari Mencermati Detail Alur Pengadaan Barang dan Jasa
Rekomendasi Modul ERP untuk Bisnis Ritel dan Grosir
Untuk dapat mengoptimalkan setiap pos krusial yang ada di bisnis ritel dan grosir, setidaknya terdapat enam modul ERP yang wajib digunakan. Keenam modul tersebut adalah modul sales, kemudian point of sales, modul pengelolaan gudang, modul akuntansi, modul customer relationship management, dan modul purchasing.
1. Modul Sales
Modul ini akan membantu Anda mengelola dan mengklasifikasikan pesanan yang masuk dengan jelas, sehingga pemenuhan pesanan dapat dilakukan lebih baik sehingga tidak ada pesanan yang terlewat.
Modul ini akan mencakup banyak sektor pekerjaan, seperti pengelolaan data pelanggan, pemantauan siklus penjualan, penjadwalan pengiriman, membuat offering penjualan, pembuatan faktur, hingga merekap semua laporan penjualan pada satu periode waktu tertentu.
2. Modul Point of Sales
Kedua adalah modul POS. Modul ERP untuk bisnis ritel dan grosir ini dapat membantu mencatat data penjualan dan persediaan, karena terhubung dengan modul pengelolaan persediaan yang Anda miliki di gudang.
Modul ini juga membantu kelancaran transaksi di toko atau outlet Anda dengan menyediakan proses pembayaran yang cepat dan akurat.
3. Modul Manajemen Inventaris
Modul ketiga adalah modul manajemen inventaris atau pengelolaan persediaan. Dapat dikatakan modul ERP ini menjadi tulang punggung dari bisnis retail dan grosir, karena akan berperan besar pada pengelolaan tingkat persediaan yang dimiliki.
Meski bukan berarti modul utama, namun keberadaannya krusial dalam memproses distribusi barang secara internal. Integrasinya dengan modul pembelian, modul pengelolaan gudang, dan modul penjualan membuat modul manajemen inventaris menjadi signifikan dalam optimasi proses bisnis.
4. Modul Akuntansi
Proses pembukuan dan akuntansi perlu dilakukan dengan akurat dan cermat sepanjang waktu, selama bisnis ritel atau grosir Anda berjalan. Keberadaan modul ini akan mempermudah proses tersebut, terlebih ketika terintegrasi dengan berbagai modul lainnya.
Modul ini akan membantu Anda dalam mencatat dan membuat laporan keuangan, sehingga dapat diketahui dengan mudah bagaimana performa bisnis dalam periode waktu tertentu. Di waktu yang sama, Anda juga dapat memanfaatkan data yang ada untuk memastikan tidak ada proses atau pencatatan yang salah.
5. Modul Customer Relationship Management
Customer relationship management penting untuk dilakukan karena dapat membantu Anda mempertahankan pelanggan loyal yang dimiliki. Dengan modul yang tepat, upaya ini dapat dijalankan jauh lebih efektif sehingga memberikan output optimal.
Modul CRM yang ideal dapat membantu Anda mengelola data pelanggan, interaksi pembelian, segmentasi pelanggan, perilaku belanja pelanggan, keluhan atau feedback yang datang, serta data terkait lain.
6. Modul Purchasing
Modul terakhir yang idealnya digunakan dalam bisnis ritel atau grosir adalah modul purchasing. Modul ini dapat membantu perusahaan mengajukan penawaran ke beberapa pemasok, sehingga diperoleh harga terbaik yang dapat dimanfaatkan.
Dengan modul ini, banyak informasi yang dapat dioptimalkan untuk berbagai tujuan. Informasi detail mengenai supplier, konfirmasi dan status pengiriman, serta tagihan yang datang dari pemasok untuk dilunasi, semua dapat dicermati lengkap dan real-time dari modul tersebut.
Lalu Adakah Sistem ERP yang Ideal untuk Urusan Ini?
Sebenarnya jika dilihat cukup banyak sistem ERP yang menawarkan modul-modul tersebut. Namun demikian setiap sistem ini memiliki tantangan yang tersaji bersama dengan benefit yang ditawarkannya.
Meski bukan tanpa tantangan, namun RUN System menyediakan berbagai modul ERP yang efektif dan efisien, yang dapat membantu Anda mengoptimalkan setiap proses bisnis yang diperlukan dalam bisnis ritel dan grosir.
Tidak hanya menawarkan modul yang lengkap dan terintegrasi, RUN System juga hadir dengan ragam benefit untuk bisnis yang Anda miliki.
- 10 modul terintegrasi yang dapat mendukung setiap kebutuhan bisnis, untuk setiap divisi yang Anda miliki
- Proses onboarding yang cepat dan dapat digunakan secara optimal dalam waktu singkat
- User interface yang mudah dipahami sehingga karyawan akan cepat beradaptasi dengan sistem yang tersedia
- Cakupan industri yang beragam, tidak terbatas pada ritel dan grosir
- Dukungan layanan pelanggan yang maksimal untuk setiap feedback yang diberikan
- Harga yang bersaing dengan sistem ERP lain, dengan fitur yang lengkap solid
- Jaminan keamanan karena sistem proteksi yang diterapkan sudah teruji
- Telah digunakan oleh lebih dari dua juta pelanggan
- Sistem yang telah terbukti dengan berbagai penghargaan yang diterima hingga saat ini
Baca Juga: 5 Manfaat Perusahaan Melakukan Procurement and Logistics
Memaksimalkan fitur modul ERP untuk bisnis ritel dan grosir tidak pernah semudah bekerja bersama dengan RUN System. Dengan modul-modul yang handal dan dapat memenuhi setiap kebutuhan Anda, RUN System juga dapat diintegrasikan dengan RUN Market untuk kebutuhan pengadaan. Lengkap, solid, dan berkualitas, mari kembangkan bisnis bersama RUN System dan maksimalkan output setiap prosesnya sekarang juga!