6 Tanggung Jawab dan Tugas Sales dalam Perusahaan, Simak di Sini!

Menjadi bagian dari sales representative merupakan tantangan besar bagi seseorang. Bukan hanya karena tanggung jawab dan tugasnya yang berat, namun betapa bagian ini krusial untuk perusahaan. Tugas sales secara langsung berhubungan dengan pendapatan perusahaan. Jadi tak heran, bagian ini wajib selalu dipastikan memiliki sumber daya manusia yang luar biasa piawai.

Ingat, terdapat perbedaan jelas antara sales dan marketing. Jika sales berfokus pada penjualan untuk memperoleh pendapatan, maka tugas bagian marketing adalah mempromosikan produk agar awareness publik meningkat, dan membuat publik tertarik untuk membeli produk tersebut.

Tentu, kedua bagian ini menjalankan koordinasi intens dalam melaksanakan tugasnya masing-masing. Bagaimanapun juga, dua bagian ini wajib memiliki kolaborasi yang sempurna.

Pada artikel kali ini, akan dibahas pengenalan pada bagian sales representative atau biasa disebut dengan sales ini. Mulai dari definisi, tugas, serta tanggung jawab bagian ini, bisa Anda lihat pada penjelasan di bawah ini.

Baca Juga: Bisnis Model Canvas: Pengertian, Elemen, dan 5 Tips Membuatnya

Memahami Apa Itu Bagian Sales

tugas sales

Sumber: freepik.com

Bagian sales merupakan bagian dalam perusahaan yang bertanggung jawab untuk melakukan penjualan pada produk yang dimiliki perusahaan. Di saat yang sama, sales juga bertugas membuka peluang bisnis untuk perusahaan, sehingga bisa memperluas pasar atau cakupan.

Bagian ini kemudian tersusun dari anggotanya yang disebut dengan sales representative. Secara umum, pada pembahasan pengelolaan perusahaan bagian sales ini dapat dipastikan selalu di bahas, karena berperan sebagai ujung tombak perusahaan dalam melakukan penjualan.

Semakin tinggi penjualan yang dilakukan oleh sales, maka semakin tinggi pula keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan. Begitu pula sebaliknya. Maka dari itu, memahami tugas dan tanggung jawab sales menjadi penting agar Anda bisa mengoptimalkan bagian ini hingga mencapai puncak performanya.

Lalu Apa Tanggung Jawab dan Tugas Sales?

tugas sales

Sumber : freepik.com

Dari definisi singkat di atas, Anda bisa melihat gambaran umum tanggung jawab dan tugas sales. Untuk memperjelasnya, akan diuraikan dalam beberapa penjelasan di bawah ini.

1. Menjual Produk

Tugas dan tanggung jawab dasar dari sales adalah menjual produk. Baik berupa barang atau jasa, bagian ini akan berupaya menjualnya pada pelanggan atau calon pelanggan. Tak berhenti sampai pada tugas penjualan saja, namun juga sampai pada memastikan kepuasan pelanggan setelah membeli dan menggunakan produk.

Tugas sales secara umum adalah mencapai target penjualan yang sudah ditetapkan sebelumnya secara cermat. Dengan upaya yang ideal dan terukur, target ini bisa dicapai sehingga tugas sales dapat dilaksanakan dengan baik.

2. Kebutuhan Administratif Pelanggan

Perlu dipahami bahwa sales tak hanya menjadi bagian yang menjual produk pada pelanggan atau konsumen akhir, namun juga memiliki tugas dan tanggung jawab menjual produk pada mitra atau vendor lain. Maka dari itu, tanggung jawab yang dimiliki selanjutnya adalah untuk menjamin kebutuhan administratif setiap jenis pelanggan selalu terpenuhi.

Pada pelanggan tingkat akhir kebutuhan ini berupa dokumen bukti pembelian dan sejenisnya. Namun untuk pelanggan yang berupa perusahaan lain atau vendor, maka kebutuhan administrasi bisa luas artinya. Mulai dari perkiraan anggaran, perjanjian pembayaran, kontrak dan laporan data, sampai pada pertanyaan purna jual.

3. Membuka Peluang Pasar yang Baru

Bekerja sama dengan bagian pemasaran atau marketing, bagian sales juga akan bertanggung jawab pada upaya pembukaan peluang pasar yang baru. Mengenalkan produk ke masyarakat luas, mencari celah dan ceruk yang sesuai dengan produk, hingga masyarakat mengenal produk dengan baik dan bisa tertarik untuk membelinya.

Berbagai cara bisa digunakan untuk upaya ini, terlebih di era yang serba canggih seperti sekarang. Bagian marketing dan sales bisa memanfaatkan metode klasik seperti door-to-door, atau metode yang lebih modern seperti memanfaatkan media sosial. Tentu, pemilihan metode ini juga wajib cermat dan terhitung, sehingga bisa memberikan output maksimal.

4. Mengikuti Dinamika Pasar

Bagian sales tak akan bisa bergerak efektif jika tidak bisa membaca tren dan mengikuti dinamika pasar. Ini mengapa, tugas sales selanjutnya adalah terus memonitor dan mengikuti dinamika pasar. Sederhana saja, agar sales tahu apa yang dilakukan kompetitor, dan bagaimana pasar bergerak di waktu terkini.

Dengan memahami dinamika pasar kemudian bisa dirumuskan gerakan-gerakan efektif yang dilakukan. Tujuannya agar target penjualan bisa tercapai dengan upaya paling efektif dan efisien, sehingga bisa memberikan keuntungan waktu dan sumber daya lebih besar pada perusahaan.

5. Layanan Purna Jual

Menjaga hubungan baik dengan pelanggan, calon pelanggan, dan bahkan masyarakat secara umum yang tidak membeli produk, menjadi tugas sales selanjutnya. Layanan purna jual wajib tetap diberikan, terkait pertanyaan, kemudian keluhan, masukan dan kritik, hingga urusan pengembalian barang ketika terjadi cacat produk atau kondisi yang sesuai syarat.

Layanan purna jual merupakan salah satu yang paling krusial, sebab di sini masyarakat secara langsung akan melihat bagaimana perusahaan dan brand memberi perlakuan pada mereka yang menjadi pelanggan atau belum menjadi pelanggan.

6. Masuk dalam Tugas Sales, Menjaga Reputasi Perusahaan

Sales representative adalah wajah perusahaan yang secara langsung akan hadir di pasar. Semua citra, reputasi, dan nama baik perusahaan harus selalu dijaga, dengan semua kualitas yang dimiliki bagian sales.

Sebagai ujung tombak perusahaan di pasar, maka bagian sales wajib menjaga hal-hal tersebut sehingga value perusahaan secara umum bisa tetap berada di titik yang diharapkan.

Baca Juga:  Industri 4.0: Pengertian dan 5 Strategi Merespons supaya Bisnis Lebih Adaptif

tugas sales

Tugas sales memang bukan tugas yang mudah dan sederhana, namun sangat mungkin diselesaikan dengan baik jika perencanaannya cermat. Berdasarkan data dan riset yang mendalam, tugas ini bisa diselesaikan sesuai target yang diharapkan.

RUN System dengan Sales & Distribution Management

Perencanaan dan pengelolaan urusan sales tentu wajib diperhatikan dengan baik. Dengan layanan ERP dari RUN System dan fitur Sales & Distribution Management-nya, tugas sales bisa dilaksanakan dengan lebih baik dan optimal. Berlandaskan pusat data terpadu dan terintegrasi, perusahaan bisa dengan mudah menyusun strategi efektif untuk mencapai target penjualan dengan partisipasi penuh dari bagian sales ini. Tak hanya urusannya dengan pelanggan tingkat akhir, namun relasi dengan vendor, pihak ketiga, atau perusahaan lain bisa di-manage dengan lebih baik. Gunakan RUN System sekarang juga, dan maksimalkan setiap fiturnya!

Bagaimana kami dapat membantu Anda?

Beri tahu kami apa yang Anda butuhkan, kami siap memberikan solusi yang tepat untuk bisnis Anda